Ternyata Seperti Ini Sejarah Piala Oscar, Kalian Harus Tau!

Sumber : kincir.com

Para penikmat film Hollywood pasti sudah tidak asing lagi dengan ajang penghargaan yang satu ini. Academy Award atau yang lebih dikenal dengan Oscar adalah penghargaan tertinggi yang diperuntukkan bagi industri perfilman Hollywood. Berbagai kategori pemenang diberikan penghargaan berupa sebuah salinan patung oleh Academy Award of Merit, yang lebih dikenal dengan julukan Oscar. Penghargaan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1929 di Hotel Hollywood Roosevelt, dan diawasi oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Pada awalnya, AMPAS membagikan daftar pemenang kepada media lebih dulu, dengan catatan tidak mempublikasikannya sebelum malam puncak. Namun pada tahun 1939 Los Angeles Times melanggar perjanjian tersebut sehingga memunculkan permasalahan besar di industri film. Sejak saat itu, AMPAS akhirnya merahasiakan nama pemenang sampai diumumkan. 

Sumber : hot.detik.com

Dalam sejarahnya penghargaan ini diberikan tiga bulan setelah tahun baru, untuk menghormati prestasi dan karya dalam industri film pada tahun sebelumnya. Piala Oscar adalah upacara penghargaan paling tua; di samping itu ada juga Emmy Award untuk penghargaan acara televisi, Tony Award untuk penghargaan teater, dan Grammy Award untuk penghargaan dalam industri musik, yang diselenggarakan setelah adanya Academy Awards

Baca juga:  ARMY Wajib Tahu! Konser BTS 2022: Cek Jadwal dan Daftar Lagu di BTS PTD Seoul Concert

Lahirnya Piala Oscar dimulai saat kepala studio dari Metro Goldwyn Mayer (M-G-M), Louis B. Mayer beserta tamu-tamunya berdiskusi mengenai pembuatan sebuah kelompok yang terorganisir untuk memberi manfaat bagi industri film pada tahun 1927. Seminggu setelah pertemuan tersebut, seluruh cabang kreatif industri film melakukan pertemuan dan menyampaikan usulan untuk mendirikan Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Douglas Fairbanks terpilih sebagai presiden pertama dari akademi tersebut.Academy Awards merupakan tontonan yang awalnya hanya disaksikan oleh masyarakat Amerika sejak tahun 1953. Namun, acara ini akhirnya disiarkan secara internasional sejak tahun 1969 dan menjadi sebuah ajang penghargaan tahunan yang ditonton jutaan orang di seluruh dunia.

Baca juga:  Heboh Judi Online Marak di RI, Bikin Kecanduan Hingga Jual Mobil

Pemberian nama Oscar pada ajang penghargaan film tersebut ternyata memiliki cerita yang terbagi ke dalam tiga versi. Aktris Bette Davis menyebutkan bahwa nama tersebut berasal darinya karena bagian belakang patung terlihat seperti suaminya yang bernama Harmon Oscar Nelson. Kolumnis Sidney Skolsky menyatakan bahwa ia memberikan nama lain untuk penghargaan tersebut agar tidak ada pretensi. Teori lain juga menyebutkan bahwa nama Oscar merupakan penghargaan untuk pustakawan Academy bernama Margaret Herrick yang menyebut patung tersebut mirip pamannya, Paman Oscar. Hingga saat ini, belum ada yang mengetahui dengan pasti dari mana asal muasal nama Oscar itu berasal. Desain pertama piala pemenang Academy Award berupa seorang ksatria yang berdiri di atas gulungan film dan memegang pedang. Desain itu merupakan karya art director dari Metro Goldwyn Mayer (MGM), Cedric Gibbons. Seorang pemahat bernama George Stanley kemudian ditugaskan membuat patung tersebut berdasarkan desain dari Gibbons. Selama bertahun-tahun, piala tersebut terbuat dari perunggu dengan lapisan emas 24 karat. Pasca Perang Dunia II, bahan perunggu diganti menjadi gips karena keterbatasan logam. Saat ini, piala tersebut terbuat dari bahan britannium dengan lapisan emas dengan ukuran piala sebesar 34,4 cm dan berat 3,8 kg.  

Baca juga:  Pengabdi Setan 2 Trending Topik, Joko Anwar Sebut Sejumlah Ruang Lantai 7 di Lokasi Syuting Pantang Dimasuki

Demikian penjelasan tentang sejarah piala oscar yang menjadi salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia. Dengan adanya piala ini menunjukkan bahwa banyak seniman seniman hebat baik itu dari industri film, musik, teater hingga acara tv , sehingga perlu adanya penghargaan untuk mengapresiasi usaha mereka dalam membuat suatu karya. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian yaa. 

Sumber : 

  1. https://www.kompas.com/hype/read/2021/04/25/213038966/serba-serbi-piala-oscar-dari-sejarah-hingga-asal-nama?page=all