Sejarah Komputer dan Perkembangannya, Wajib Tahu!

Sumber: tekno.kompascom

OMTELOLET – Kini, semua orang sudah tidak asing lagi dengan sebuah teknologi yang bernama komputer. Bahkan, kini semua orang hampir pernah menggunakannya. Kehadiran komputer ini memiliki banyak manfaat untuk manusia. LAntas, sudah tahukan kamu sejarah komputer?

Sejarah Komputer Ditemukan

Pertama kali komputer diciptakan adalah pada tahun 1822. Pada saat itu, sebenarnya ada sebuah alat yang diciptakan oleh seorang ahli Matematika yang bernama Charles Babbage. Saat itu, ia menciptakan sebuah alat yang dapat menghitung sebuah tabel Matematika.

Alhasil, pada tahun 1833, Charles mulai mengembangkan mesin yang diciptakannya tersebut dengan fitur yang lebih canggih. Meskin tersebut kemudian dinamakan Analytical Machine. Alat itu juga dapat digunakan untuk menghitung berbagai hal.

Baca juga:  Cara Mudah Mempelajari Persamaan Matriks

Sejak saat itu, alat tersebut dikenal dengan sebutan Digital Purpose Computer. Berkat alat ciptaan Charles tersebut, banyak orang terbantu, terutama dalam aktivias menghitung. Oleh sebab itulah, Charles Babbage dikenal sebagai bapak komputer.

Perkembangan Komputer

Seiring berjalannya waktu, Prof. Howard Alkem dari Harvard University mencoba untuk mmberikan masukan agar komputer dapat bekerja secara mekanik. Terkait hal itu, perusahaan IBM kemudian membuat perangkat komputer dapat dibuat secara elektronik.

Usai hal tersebut, kemudian komputer itu dinamai Harrad Tandai I Kalkulator pengontrol berurutan otomatis atau bisa juga disebut ASCC sekitar tahun 1944.

Itulah sejarah singkat komputer. Untuk lebih jelasnya, komputer dibedakan ke dalam beberapa generasi hingga mencapai komputer seperti yang kita lihat saat ini.

Baca juga:  6 Contoh Kalimat Pembuka Ceramah Yang Menarik!

Komputer Pertama

Pada tahun 1943 Inggris menyelesaikan kompouter pemecah kode rahasia yang diberi nama Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Akan tetapi Colossus tidak didesain untuk sebagai komputer serba guna sehingga akhirnya komputer ini tidak digunakan lagi setelah perang dunia kedua selesai.

Generasi Komputer Kedua

Pada komputer generasi kedua, sudah mulai muncul Bahasa pemrograman yang muncul adalah Common Business-oriented Language atau disingat (COBOL) dan juga Formula Translator (FORTRAN).Bahasa pemrograman ini memungkinkan seseorang dapat memprogram komputer.

Komputer Generasi Ketiga

Setelah terciptanya IC, penemu juga berhasil memasukan berbagai macam komponen lagi ke dalam chip yang nantinya disebut semikonduktor. Hasil yang didapat adalah komputer menjadi lebih kecil sebab komponen dipadatkan ke dalam chip. Komputer generasi ketiga mulai menggunakan sistem operasi sebagai mesin untuk melakukan berbagai program.

Baca juga:  Apa itu Kalimat Retoris? Baca Jawabannya Disini

Generasi Keempat

Di generasi keempat inilah komputer tidak hanya digunakan untuk keperluan kantor saja, namun juga dapat digunakan oleh masyarakat umum. Pada tahun 1980-an, konsol video game mulai didistribusikan oleh Atari yakni Atari 2600.

Hal tersebut sekaligus mempromosikan penggunaan komputer yang ramah untuk kalangan umum.
Komputer Generasi Kelima. Pada generasi kelima ini perkembangan komputer terus mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Pada generasi ini mulai dikembangkan teknologi layar sentuh, Teknologi komputer yang lebih mini lagi pada sebuah smartphone, bahkan jam tangan pun juga sudah bermunculan yang menggunakan teknologi komputer.

Demikian penjelasan sejarah komputer ini, semoga bermanfaat, ya!