Sejarah Bulu Tangkis yang Harus Kamu Tahu

Sumber: Inews.id

OMTELOLET – Selain sepak bola, cabang olahraga bulu tangkis juga menjadi salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Apakah kamu termasuk salah satu penggemar olahraga ini? Namun, apakah kamu sudah mengetahui sejarah bulu tangkis?

Sejarah Bulu Tangkis

Permainan yang menggunakan raket dan kok ini berasal dari India. Sebenarnya, olahraga ini sudah ada sejak zaman kuno, akan tetapi mampu berkembang hingga saat ini.

Pada zaman dahulu, terdapat olahraga yang mirip dengan bulu tangkis dimainkan oleh masyarakat Yunani dan Mesir. Permainan tersebut dikenal sebagai battledore (dayung) dan shuttlecock.

Sementara itu, bulu tangkis sendiri sudah ada sejak peradaban kuno di Eropa dan Asia selama kurang lebih dua ribu tahun lalu. Pada tahun 1600-an, masyarakat Inggris dan negara Eropa lainnya menghabiskan waktu untuk bermain battledore dan shuttlecock.

Baca juga:  Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa? Cari Tahu Jawabannya Disini

Di mana dua orang saling memukul shuttlecock dengan pemukul sederhana ke arah belakang dan depan. Permainan tersebut dilakukan agar shuttlecock tidak menyentuh tanah.

Pada pertengahan abad ke-19, bulu tangkis modern diperkenalkan di India oleh perwira militer Inggris. Mereka menambahkan jaring ke permainan bulu tangkis tradisional. Kemudian, olahraga tersebut dimodifikasi dan terkenal di salah satu kota di Inggris, yaitu Poona.

Lalu, olahraga ini perkenalkan kepada para tamu Duke of Beaufort sebagai “Badminton” di Gloucestershire. Bermula dari sana, nama badminton mulai populer.

Turnamen bulu tangkis terbuka pertama diadakan di Guildford, Inggris. Kejuaraan All England juga diadakan pada tahun berikutnya, yakni 4 April 1899.

Baca juga:  Rumus Pythagoras Segitiga dan Contoh Soalnya

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

Permainan bulu tangkis ini cukup berkembang pada saat itu, hingga menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sejarah mencatat, sekitar 1930-an, bulu tangkis dimainkan di Indonesia.

Pada 1933, berdirilah organisasi bulu tangkis Indonesia di Jakarta. Nama induk organisasi bulu tangkis Indonesia adalah Bataviase Badminton Bond dan Bataviase Badminton League.

Keduanya pun bergabung dan membentuk organisasi bulu tangkis di Indonesia. Pada 1934, sejumlah kejuaraan bulu tangkis diadakan di Pulau Jawa, kemudian sebagian besar terpusat di Kota Bandung.

Perkembangan bulu tangkis di Indonesia berkembang cukup pesat. Sehingga, dibentuklah organisasi yang menaungi olahraga ini pada 1951, yakni PBSI. PBSI terbentuk dalam suatu pertemuan pada 5 Mei 1951 di Bandung.

Baca juga:  Bagaimana Cara Melestarikan Hewan agar Tidak Punah

Pertemuan tersebut kemudian dicatat sebagai kongres pertama PBSI dengan Ketua Umum pada saat itu adalah A.Rochdi Partaatmadja. Dengan adanya kepengurusan tingkat pusat tersebut, maka bulu tangkis di tingkat daerah atau provinsi otomatis menjadi cabang.

Setelah PBSI berdiri, olahraga ini berkembang pesat di Indonesia. Banyak turnamen tingkat internasional yang diikuti. Para atletnya pun sering membawa gelar juara.

Bahkan, Indonesia menjadi negara yang cukup sering menjuarai kompetisi bergengsi, salah satunya adalah All England. Saat ini, Indonesia masih disegani dalam olahraga bulu tangkis internasional.

Demikian sejarah bulu tangkis di dunia dan Indonesia. Selanjutnya, kamu dapat mempelajari teknik-teknik bulu tangkis agar lebih mahir memainkannya.