Sejarah Bola Voli yang Harus Kamu Tahu

Sumber: detik.net

OMTELOLET – Selain sepak bola, olahraga bola voli juga banyak diminati dan populer di dunia, tak terkecuali Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang menggandrungi olahraga ini. Apakah kamu termasuk salah satu penggemar voli? Sudah tahukah kamu sejarah bola voli?

Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh seseorang yang bernama William G. Morgan di Amerika Serikat pada tahun 1985. William G. Morgan sendiri merupakan seorang instruktur olahraga kelahiran Lockport, New York pada tahun 1870.

Ia menjadi instruktur olahraga di Young Men’s Christian Association (YMCA) di Holyoke, Massachusetts. Ia memutuskan menggabungkan beberapa unsur permainan seperti bola basket, tenis, dan bola tangan untuk menciptakan olahraga ini.

Hal tersebut ia lakukan pada tahun 1985. Permainan baru dari penggabungan unsur-unsur tersebut itu akhirnya ia sebut sebagai Mintonette atau volleyball atau bola voli. Bagi Morgan, permainan tersebut tidak hanya cocok jika dimainkan di dalam ruangan, melainkan juga di luar ruangan.

Baca juga:  Bagaimana Proses Sidang Resmi yang Dilakukan BPUPKI

Nama William G Morgan pada akhirnya menjadi bagian dari sejaran bola voli dunia. Untuk lebih memahaminya, baiknya kamu juga mengetahui bentuk permainan bola yang digagas oleh Morgan ini.

Bentuk Permainan Bola Voli

Permainan yang diciptakan oleh Morgan tersebut berbentuk sejumlah pemain yang menjaga bola agar tetap bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain. Sisi-sisi tersebut dipisahkan oleh jaring net setinggi 6 inci di atas permukaan lantai.

Permainan tersebut dimulai oleh sebuah gerakan yang disebut servis. Hal tersebut dilakukan oleh satu orang anggota saja. Gerakan servis bertujuan untuk mengantarkan bola agar melewati net dan menuju lapangan lawan.

Kemudian dilanjutkan oleh lawan agar bola tidak menyentuh lantai atau lapangan. Hal itu dilakukan hingga lawan berhasil mengembalikan bola ke sisi yang lain hingga salah satu tim gagal mempertahankan bola agar tidak menyentuh lantai.

Baca juga:  Apakah Jurusan Akuntansi Harus Pintar Matematika?

Gerakan permainan tersebut yang kemudian membuat sesorang berkomentar bahwa para pemain memukul atau melayangkan bola di udara (voli) ke depan dan ke belakang melewati net.

Itulah yang membuat seseorang tersebut mengusulkan agar nama Mintonette diubah menjadi Volleyball. Demikian bentuk awal volleyball dalam sejarah bola voli.

Pengertian Permainan Bola Voli

Setelah mengetahui sejarah bola voli, kamu kini bisa mengetahui pengertian bola voli modern. Bola voli merupakan jenis permainan bola besar yang dimainkan secara beregu. Permainan tersebut dimainkan oleh dua tim secara berlawanan.

Jumlah anggota setiap tim dalam bola voli sendiri berjumlah 6 orang yang berada dalam satu sisi lapangan. Tujuan dari permainan bola voli adalah mengusahakan bola melewati jaring net agar jatuh di lapangan lawan untuk menghasilkan poin.

Baca juga:  Simak Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa LPDP

Dalam bola voli terdapat teknik-teknik dasar yang harus dipelajari. Di antaranya adalah servis, passing atau mengumpan, smash, dan bendungan atau blocking.

Itulah penjelasan mengenai sejarah bola voli yang dapat kamu pahami. Lebih lanjut belajarlah teknik-teknik dasar bola voli tersebut. Dengan begitu, kamu dapat melakukan permainan bola voli dengan baik.