Segera Tayang pada Februari 2022, Inilah Review Film KKN Desa Penari

Pernahkah kamu mendengar mengenai kisah KKN di desa Penari? Barangkali kisah ini muncul di beranda Twitter, Instagram, dan sosial media yang lain. Kisah mistis yang sempat viral ini akan diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama.

Awalnya, film KKN di Desa Penari ini direncanakan akan tayang pada 19 Maret 2020. Akan tetapi, penayangan tersebut ditunda karena adanya situasi pandemic Covid-19. Lalu, film yang diadaptasi dari kisah nyata ini pun akan resmi tayang pada 24 Februari 2022 di seluruh bioskop Indonesia.

Sebelum nonton filmnya, sebaiknya kamu baca dulu review mengenai film ini. Kamu akan mengetahui sudut pandang kisah yang akan dituangkan di dalam film. Yuk, simak ulasannya sampai tuntas ya.

Tentang Film KKN di Desa Penari

Film ini disutradarai oleh Awi Suryadi. Kemudian, berbagai aktor dan aktris Indonesia yang membintangi film ini seperti Tissa Biani, Adinda Thomas, Aghniny Haque, Achmad Megantara, dan lainnya.

KKN di Desa Penari merupakan film yang bercerita tentang kisah nyata mahasiswa yang terjebak di sebuah desa misterius tempat mereka melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Baca juga:  Produk dan Jasa yang Ditawarkan Andalin sebagai Freight Forwarder

Cerita mistis ini muncul pertama kali ditulis dan disebarkan oleh akun @SimpleM81378523 alias SimpleMan melalui Twitter, serta mengklaim bahwa cerita horror tersebut adalah kisah nyata.

Oleh karena itu, kisah yang dituangkan di media sosial tersebut menjadi viral. Hal ini memberikan daya tarik untuk diadaptasikan menjadi sebuah film.

Sumber: google foto

Sinopsis KKN di Desa Penari

Berawal dari kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa, mahasiswa mengalami berbagai kejadian horror  pada tahun 2009. Lokasi desa tersebut disamarkan dengan menggunakan nama ‘’Desa Penari’’.

Mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN tersebut berjumlah 6 orang. Mereka berasal dari sebuah perguruan tinggi di Kota S. Penempatan KKN tersebut berada pada kawasan terpencil di daerah timur Provinsi Jawa Timur tepatnya akhir tahun 2009. Mahasiswa angkatan 2005/2006 ini terdiri dari Widya, Nur, Ayu, Bima, Wahyu, dan Anton.

Baca juga:  Simak 10 Rekomendasi Film Penuh Kisah Inspiratif yang Cocok untuk Temani Ngabuburit

Desa terpencil tersebut rupanya bukanlah desa biasa. Berbagai kejanggalan yang berbau mistis sudah dirasakan sebelum sampai ke Desa Penari. Mereka harus melewati hutan yang terkenal angker di Jawa Timur dan suara gamelan terdengar di sepanjang hutan itu.

Di hutan itu terdapat sebuah larangan untuk dilintasi setelah jam 4 sore. Jika mereka melaluinya, maka mustahil akan bertemu penduduk. Sebab, warga setempat tidak berani karena takut mendengar suara gamelan.

Sumber: google foto

Berbagai hal keramat dijumpai di desa itu, seperti tidak ada kamar mandi di rumah-rumah sehingga mereka harus mandi di Sinden. Selain itu, kepala desa yang bernama Pak Prabu memperingatkan mereka untuk tidak melewati batas gapura terlarang.

Tempat misterius tersebut memiliki keterkaitan dengan sosok penari cantik gaib yang menganggu Nur. Banyaknya hal mistis yang ada di desa tersebut justru berujung tragedi setelah dua di antara mahasiswa tersebut melakukan hubungan seksual, yakni Bima dan Ayu hingga berujung meninggal dunia karena jiwanya diduga tidak bisa kembali.

Baca juga:  Simak Sinopsis Ms. Marvel: Kisahkan Superhero Muslim Pertama di MCU

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi?

Hal Misterius tentang Kisah KKN di Desa Penari

Penulis tidak menyebutkan lokasi dimana kejadian tersebut meskipun diambil dari kisah nyata. Nama-nama mahasiswa KKN tersebut juga disamarkannya. Hal ini timbul kesan misterius akan keberadaan kisah tersebut.

Akan tetapi, kampus mereka kuliah diduga adalah Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Sebab, kampus itu dikabarkan menghentikan kegiatan KKNnya selama 2 tahun berturut-turut.

Mahasiswanya juga disebut-sebut tidak boleh lagi KKN di daerah wetan (ujung timur Jawa Timur). Penulis mengatakan bahwa wetan adalah pusat segala kekuatan gaib berkumpul.

Akan tetapi, hal misterius di atas hanya sebuah spekulasi yang dihubungkan karena penulis menggunakan berbagai inisial untuk menyebutkan lokasi kota, desa, dan hutan.

Nah, apakah kamu penasaran dengan kisahnya? Bagaimana kisah enam mahasiswa dalam menghadapi terror mengerikan di Desa Penari? Nantikan saja di film KKN di Desa Penari yang akan segera tayang di bioskop.

 

Sumber:

https://jateng.tribunnews.com/2022/01/06/sinopsis-kkn-desa-penari-kisah-nyata-menyeramkan-tayang-24-februari-2022

https://www.kompas.com/hype/read/2021/10/18/193643166/sinopsis-kkn-di-desa-penari-segera-tayang-pada-2022