Sebelum Magang, Coba Lakukan Ini Agar Lebih Siap

sebelum magang, coba lakukan ini agar lebih siap
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Menjadi seorang Mahasiswa yang aktif memanglah suatu keharusan, namun tidak hanya dengan aktif dalam kegiatan Berorganisasi. Kamu juga bisa mencoba untuk Magang, Sebelum Magang, Coba Lakukan Ini Agar Lebih Siap.

Magang merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan sembari berlatih secara langsung di tempat kerja yang sesuai. Hal itu, tidak hanya akan mengasah keterampilan seorang Mahasiswa, namun juga bisa menambah jam terbang pengalamannya.

Pelaksanaan Magang pada umumnya memang ditujukan agar mematangkan mental dan skill dari seorang Mahasiswa sebelum terjun memasuki dunia kerja. Sehingga, bila setelah lulus nantinya sudah siap untuk terjun langsung kedalam dunia kerja sesuai bidang keterampilan yang sudah dikuasainya.

Sebelum Magang, Coba Lakukan Ini Agar Lebih Siap

Program Magang sebenarnya tidak hanya berlaku untuk Mahasiswa dari jurusan tertentu saja, tapi juga berlaku untuk anak SMK. Baik magang di suatu perusahaan maupun juga suatu instansi yang memang menerima dan membuka program Magang.

Namun, tentu tidak semudah dan sesederhana itu ketika seseorang hendak mengikuti program magang dan semua akan lancar. Sebab, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar lebih siap saat mengikuti dan menjalani program Magang.

Baca juga:  Pentingnya Memahami Apa Itu Investasi? Pengertian, Jenis dan Contohnya
sebelum magang, coba lakukan ini agar lebih siap
sumber gambar : unsplash.com

Sebelum Magang, Cari Informasi dengan Lengkap

Hal ini berkaitan dengan persiapan awal ketika kamu telah berencana untuk mengikuti suatu progam Magang. Yakni, mencari informasi yang mendetail dan lengkap terkait perusahaan ataupun instansi yang sedang membuka program Magang.

Pastikan informasi penting seperti persyaratan yang dibutuhkan, bagaimana peraturan yang berlaku dan juga kuota magang yang tersedia. Awalan ini sangatlah menentukan langkahmu dalam upaya untuk mengikuti program Magang nantinya.

Sebelum Magang, Cari Informasi Posisi Pekerjaanmu

Hal berikutnya yang juga wajib menjadi perhatian utamamu adalah, informasi mengenai posisi yang akan kamu isi saat Magang. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai hal itu, agar nantinya kamu benar-benar siap dan memahami tugas dan pekerjaanmu.

Baca juga:  Masih Aktif Bintangi Film Aksi, Intip Tips Rahasia Awet Muda Tom Cruise di Usia 59 Tahun

Membuat Proposal dan Laporan Magang

Pastikan juga agar kamu mempersiapkan proposal sekaligus laporan magang sebagai bukti bahwa kegiatan magangmu sudah seizin pihak kampus. Selain sebagai dokumen persyaratan adminsitrasi, proposal dan laporan magang juga menjadi instrumen penilaian bagi pihak kampus.

Menyiapkan Modal untuk Kebutuhan Magang

Sebelum magang, persiapkan juga modal untuk kebutuhanmu selama Magang, sebagaimana kamu memenuhi kebutuhan harianmu saat ke kampus. Terlebih, bila lokasi Magangmu berada diluar kota, maka butuh banyak modal untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian dan akomodasimu.