Sambutan Pembukaan Acara Singkat

Sumber : kabarfajar.com

Pasti kita semua pernah mendengar kata-kata sambutan yang disampaikan kepada audience pada suatu acara. Menyampaikan kata sambutan juga memerlukan teknik khusus yang perlu dipelajari, terlebih acara yang diikuti adalah acara yang besar dan terdapat beberapa orang penting didalamnya. Sebab sambutan pembukaan acara yang baik dan benar sangat berpengaruh kepada proses-proses selanjutnya. Apabila sambutan dilakukan secara kurang baik maka akan mengurangi antusias peserta dalam mendengarkan apa yang disampaikan dalam acara, namun sebaliknya jika sambutan dilaksanakan secara baik dan terstruktur maka akan menarik perhatian dan minat peserta dalam mengikuti acara. walaupun sambutan hanya terdiri dari beberapa kalimat saja, namun memiliki efek yang paling vital. Kemudian dalam menyampaikan sambutan juga harus memperhatikan acara yang sedang diikuti, apakah bersifat formal maupun non formal. Sebab ketika acara formal maka perlu disampaikan secara terstruktur, serius, dan baku. Sedangkan ketika acara non formal maka menggunakan bahasa yang santai namun sopan dengan sedikit humor. Berikut adalah beberapa contoh sambutan pembukaan berbagai acara.

1. Sambutan Pembukaan Acara Rapat

“Segala puji bagi Tuhan yang telah memberikan nikmat dan juga kesehatan sehingga kita dapat berkumpul bersama pada kesempatan kali ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada yang terhormat, rektor Universitas………, Bapak ………… . Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada yang terhormat bapak wakil rektor 1, Bapak ……….dan  Bapak ……….. selaku wakil rektor 2.

Baca juga:  Daftar Rekomendasi Buku Ilmu Komunikasi untuk Mahasiswa

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada rekan-rekan seperjuangan, yang telah meluangkan waktu di tengah kesibukan hari ini untuk hadir di tempat ini.

Serta tamu undangan yang telah menyempatkan diri untuk hadir pada acara seminar sehari kita pada hari ini.

Sumber : portalinvestigasi.co

2. Sambutan Pembukaan Acara Seminar Proposal

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

 Yth Ibu………… selaku dosen pembahas I

Yth Ibu …………selaku dosen pembahas II

dan

Yth Bapak ………..selaku   dosen pembimbing I

Yth Bapak ………..selaku dosen pembimbing II

serta teman-teman peserta seminar proposal skripsi yang sudah hadir dalam acara yang berbahagia ini. Puji syukur kehadirat Tuhan YME kita dapat bertemu di pagi hari ini dalam keadaan sehat walafiat. Hari ini Selasa tanggal 3 Agustus 2021, kita berkumpul dalam acara seminar proposal skripsi saudara ………. Program Studi ……….. dengan judul proposal skripsi “…………………………………………….”

Baca juga:  Membahas Bagaimana Cara Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara

Saya …………. sebagai moderator yang akan memandu acara seminar proposal skripsi pada pagi hari ini dan rekan saya ……… sebagai notulen.Adapun susunan acara seminar proposal skripsi pada hari ini adalah sebagai berikut.

1.Pembukaan (marilah kita awali acara ini dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Berdoa dipersilahkan. Selesai) selanjutnya,

2.Penyampaian proposal skripsi (oleh saudara……... kepada penyaji disilakan) 

3. Sambutan Pembukaan Acara Pengajian 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Innalhamdalillah washolatu wasalamu ala rosulillah sayyidina Muhammad ibni abdillah wa ala alihi wasohbihi waman walah (amma ba’du).

Segala puji hanya milik Allahhu Rabbi.

Segala zat yang Maha Ghafur, zat yang Maha Syukur yang telah memberikan beribu-ribu nikmat yang tidak terukur.

Nikmat iman, nikmat islam, sampai nikmat sehat wal afiat sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang insyaallah diberkahi Allah SWT. Sholawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi akhirul jaman, seorang Nabi yang lahirnya saja membuat goncang alam semesta, membuat heboh para malaikat Allah SWT, yang kalau bukan karenanya tidak akan Allah ciptakan alam semesta ini. Siapakah dia, tidak lain dan tidak bukan yaitu Nabi Muhammad SAW.

Baca juga:  Inilah 8 Peninggalan Kerajaan Demak, Nomor 3 Bikin Merinding

Semoga keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya yang mengikuti sunnah-sunnahnya semoga mendapatkan syafaatnya.

Saudara dan hadirin yang saya hormati. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada yang terhormat bapak Kyai …….. yang sudah berkenan hadir di ….….., dan kami juga berharap nanti beliau berkenan untuk memberikan pembelajaran kepada kita semua.

Tidak lupa, kami juga menyampaikan terima kasih kepada bapak …….. yang telah menyediakan tempat demi terlaksananya kegiatan rutin kita ini malam ini, mudah-mudahan amal baik beliau mendapatkan balasan dari Allah swt. Aamiin.

Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua anggota yang telah menghadiri kegiatan rutin ini, semoga kebersamaan kita dapat terus dibina dan ditingkatkan. Majlis ta’lim ini sangat penting kiranya, sebagai media kita untuk menyegarkan semangat keagamaan dan menyuburkan keimanan, agar senantiasa diberikan jalan benar dan diridhoi Allah SWT.

Demikian ulasan tentang sambutan pembukaan acara yang bisa kalian gunakan ketika menjadi pembawa acara yang memberikan sambutan, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian ya.

Sumber :

https://hot.liputan6.com/read/4271958/contoh-kata-sambutan-yang-baik-dan-benar-dalam-berbagai-acara