Rusia Hancurkan Proyek Pesawat Terbesar di Dunia, Simak Sejarah Hebat Antonov-225 Milik Ukraina

Tidak hanya menghancurkan bangunan, serangan udara Rusia pada Minggu (27/2) waktu setempat juga menyebabkan hancurnya pesawat Antonov-225 milik Ukraina.

Pesawat terbesar di dunia itu punya sejarah besar, salah satunya mengangkut pesawat ulang alik ke luar angkasa.

Di era Uni Soviet belum bubar, Antonov-225 dirancang untuk dapat membawa pesawat lebih kecil di atasnya. Pesawat ini dibuat oleh perusahaan Antonov yang berbasis di Kiev.

Tujuannya sebagai pengangkut yang nantinya setelah di ketinggian tertentu, ‘tumpangan’ tersebut akan melepaskan diri untuk mencapai antariksa. Roket Energia dan pesawat ulang alik Buran merupakan penumpang Antonov-225.

Bahkan, dalam penerbangan perdananya pada 1988, burung besi ini langsung mencetak 106 rekor dunia dalam sekali penerbangannya. Alhasil, pesawat yang diberi nama Mriya ini jadi perhatian dunia dirgantara saat itu.

Baca juga:  Bikin Geger, Ibu Nagita Slavina Gugat Cerai Suaminya

Spesifikasi Antonov-225

Antonov-225 yang tingginya 18,1 meter ini punya bodi badan sepanjang 84 meter dengan rentang sayap mencapai 88,4 meter.

Meski hanya dapat memuat enam kru, tetapi pesawat yang disokong dengan enam mesin turbofan ini mampu mengangkut beban hingga 250 ton kargo. Antonov-225 mampu melesat di udara dengan kecepatan 850 km per jam.

Dikutip dari Space, Selasa (1/3/2022) dari dua pesawat tipe AN-225, hanya satu yang selesai. Konstruksi pesawat kedua tidak selesai seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada 1991. Antonov-225 pun terdampak yang kemudian disimpan di hanggar pangkalan udara Ukraina.

Perusahaan Antonov dan Air Foyle yang merupakan perusahaan asal Inggris, kemudian membangkitkan Antonov-225 sebagai pesawat angkut komersial.

Baca juga:  Heboh BUMN Tak Jadi Sponsori Formula E

Peran Antonov-225

Antonov-225 berperan besar dalam mengirimkan pasokan dalam jumlah banyak satu penerbangan, seperti pasokan darurat ke daerah bencana dan terakhir pasokan medis di masa pandemi COVID-19.

Namun, pesawat terbesar di dunia yang sedang terparkir di Bandara Hostomel, dekat dari Kiev, jadi sasaran Rusia yang sedang menginvasi Ukraina sejak 24 Februari.

“Pesawat terbesar di dunia, Mriya dihancurkan oleh Rusia di sebuah lapangan terbang dekat Kiev,” cuit akun Twitter resmi negara Ukraina akhir pekan lalu.

 

Sumber:

https://inet.detik.com/science/d-5964450/sejarah-hebat-pesawat-terbesar-antonov-225-yang-dihancurkan-rusia