Rumus Volume Prisma Segitiga dan Cara Menghitungnya

Sumber: fotokita.grid.id

OMTELOLET – Seperti yang kita ketahui, bangun ruang menjadi salah satu materi yang dipelajari dalam mata pelajaran Matematika. Salah satu jenis bangun ruang adalah prisma segitiga. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara menghitung volume segitiga. Sudah tahukan kamu rumus volume prisma segitiga?

Apa Itu Prisma?

Prisma merupakan bangun ruang tiga dimensi. Bangun ini memiliki alas, atap, dan selimut. Prisma pun dapat dibedakan berdasarkan alas dan atapnya. Di antaranya adalah prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima, dan prisma segienam. Pada uraian berikut akan dibahas mengenai prisma segitiga.

Baca juga:  Review Program Dasher English Academy

Sifat-Sifat Prisma Segitiga

Prisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki atas dan tuup yang kongruen berbentuk segitiga. Bagian sisi-sisinya terselimuti oleh garis tegak berbentuk persegi panjang. Disebut prisma segitiga karena memiliki alas berbentik segitiga. Berikut adalah sifat-sifatnya prisma segitiga.

  • Memiliki 6 titik sudut
  • Prisma segitiga memiliki 5 bidang sisi
  • Memiliki 9 rusuk
  • Sisi samping prisma segitiga berbentuk persegi panjang
  • Alasnya berbentuk segitiga
  • Sisi alas dan sisi tutup memiliki bangun kongruen, yakni segitiga

Untuk lebih memahaminya, perhatikan gambar berikut.

3. Rumus luas volume prisma segitiga

Dengan begitu, kamu bisa membedakan antara prisma segitiga dengan prisma lainnya.  Lantas, bagaimana rumus volume prisma segitiga?

Rumus Volume Prisma Segitiga

Seperti bangun ruang pada umumnya, prisma segitiga juga dapat dihitung luas dan volumenya. Untuk menghitungnya, tentu kamu membutuhkan rumus tertentu. Rumus prisma segitiga dapat dituliskan sebagai berikut.

Baca juga:  Bagaimana Proses Penyusunan Teks Proklamasi?

RUMUS:

V = ((alas x tinggi) : 2) x tinggi prisma.

Untuk lebih jelasnya, lebih baik kamu perhatikan contoh soal beserta pembahasannya berikut.

Contoh Soal dan Pembahasan Volume Prisma Segitiga

Soal 1. Sebuah prisma segitiga memiliki alas dengan panjang sisi 2 cm dan tingginya 4 cm. Tinggi dari prisma tersebut adalah 10 cm. Berapakah volume dari prisma segitiga ini?

Jawaban:
V = (½ x a x t)× T
V = (½ x 2 x 4)× 10
V = 4 x 10
V = 40 cm³

Jadi volume prisma segitiga adalah 40 cm³.
Soal 2. Sebuah prisma segitiga memiliki alas dengan ukuran panjang sisi nya 6 cm dan tingginya 9 cm. Tinggi dari prisma tersebut adalah 12 cm. Berapakah volume dari prisma segitiga ini?

Solusi:
V = (½ x a x t)× T
V = (½ x 6 x 9)× 12
V = 27 x 12
V = 324 cm³

Baca juga:  Wajib Ngerti Apa itu HAM? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Jadi volume prisma segitiga adalah 324 cm³.
Itulah pembahasan mengenai rumus volume prisma segitiga. Selanjutnya lebih banyaklah berlatih soal agar lebih menguasainya.