Rumus Skala dan Cara Menghitung Jarak Sebenarnya

Sumber: anadolu.agency

OMTELOLET – Rumus untuk menghitung skala ini sangat diperlukan untuk menghitung skala peta. Materi menghitung rumus skala pada pet aini sangat sering kita jumpai. Pasalnya, hal ini dipelajari dalam ilmu matematika. Bagaimana cara menghitung skala pada peta? Berikut rumusnya.

Apa Itu Skala Pada Peta?

Ketika kita melihat suatu peta atau globe misalnya, maka kita akan menemukan tulisan seperti 1:25.000 atau yang lainnya. Hal itu menunjukkan adanya perhitungan skala pada peta dibandingkan dengan jarak sebenarnya.

Nah, untuk mengetahui perhitungan skala pada pet aini, kamu harus menggunakan rumus skala. Bagaimana rumus skala? Sebelumnya perhatikan jenis-jenis skala pada peta berikut.

Baca juga:  Penjelasan Singkat Tentang Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Pengembang

Jenis-Jenis Skala Pada Peta

Sebelum mengetahui rumus skala, baiknya kamu mengetahui pula jenis-jenisnya. Berikut adalah jenis-jenis skala pada peta.

  1. Skala Angka

Skala jenis ini adalah skala peta yang paling umum digunakan dalam sebuah peta. Biasanya, skala pada peta dituliskan dengan menggunakan perbandingan angka, seperyi 1:50.000, 1:100.000, dan sebagainya.

  1. Skala Garis

Selain skala angka, skala garis juga biasa digunakan dalam sebuah peta. Skala garis adalah jenis skala peta yang berbentuk garis lurus yang terbagi ke dalam beberapa titik dengan jarak yang sama. Selain itu, juga merupakan perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya.

  1. Skala Verbal

Skala verbal adalah jenis skala peta yang digunakan untuk menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya melalui kalimat langsung.

Baca juga:  Mengenal Angklung dan Mengetahui Bagaimana Cara Memainkan Angklung

Rumus Skala Peta

Misalnya, terdapat sebuah peta dengan perbandingan 1:500.000, maka artinya, 1 cm pada peta mewakil 500.000cm pada jarak sebenarnya.

RUMUS:

Jp (Jarak Peta) = Skala x Jarak Sebenarnya

Js (Jarak sebenarnya) = Jarak peta : Skala

RUMUS SKALA PETA:

Skala = Jarak Peta : Jarak sebenarnya

Untuk lebih memahaminya, sebaiknya perhatikan contoh soal beserta pembahasannya berikut.

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal 1. Jarak antara kota A dan B pada suatu peta adalah 6 cm, sedangkan jarak sebenarnya antara kota A dan B tersebut adalah 180 km. Berapakah skala peta tersebut?

Jawab:

Skala = Ukuran pada peta : Ukuran sebenarnya

Skala 6 cm : 120 km = 6 : 18.000.000 = 1 : 2.000.000

Jadi, skala pada peta tersebut adalah 1 : 3.000.000

Baca juga:  Intip 11 Chef Super Keren yang Terkenal di Indonesia, Ternyata Ada yang Jurusan Tata Boga di Luar Negeri

Soal 2. Jarak antara kota C dan D pada peta adalah 6 cm. Jika skala pada peta yang digunakan adalah 1:400.000, bagaimana cara mencari jarak sebenarnya dari kedua kota tersebut?

Jawab:

Jarak sebenarnya = Ukuran pada peta : Skala

Jarak sebenarnya 6 : (1:500.000) = 6 x 500.000 = 3.000.000 cm

Jadi, jarak sebenarnya antara kota A dan B adalah 3.000.000 cm atau 30 km.

Demikian uraian mengenai rumus skala pada peta dan cara menghitung jarak sebenarnya. Semoga bermanfaat!