Rumus Momen Inersia dan Cara Penerapannya

Sumber: VOI.id

OMTELOLET – Momen inersia merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam ilmu Fisika. Dalam kehidupan sehari-hari, momen inersia sering kali kita temui. Misalnya, hal yang paling dekat dengan kita adalah saat mengaduk air dalam gelas. Hal tersebut dapat dihitung dengan rumus momen inersia.

Ketika kita telah berhenti mengaduk, air di dalam gelas biasanya masih akan bergerak atau berputar. Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari momen inersia atau kelembaman gerak. Lantas, apa itu momen inersia?

Pengertian Momen Inersia

Momen inersia merupakan salah satu pengukuran yang ditentukan untuk benda tegak yang berputar di sekitar sumbu tetap. Sumbu sendiri dapat dibedakan menajdi sumbu eksternal dan internal serta dibedakan oleh dapat atau tidaknya diperbaiki.

Baca juga:  Belajar Penjumlahan Pecahan Penyebut Sama

Jadi, momen inersia selalu dijelaskan dalam kaitannya dengan sumbu tersebut. Momen inersia tergantung pada distribusi massa di sekitar sumbu rotasinya itu. Oleh karena itu, nama lain dari momen inersia adalah massa sudut atau inersia rotasi. Momen inersia biasanya dinyatakan dengan satuan kg m^2

Jadi, apa yang kemudian kita pelajari dari momen inersia pada dasarnya adalah massa. Dengan begitu, momen inersia adalah sifat benda yang menahan percepatan sudut, yang merupakan jumlah massa setiap partikel dalam benda dengan kuadrat jaraknya dari sumbu rotasi.

Rumus Momen Inersia

Untuk dapat menghitung besaran momen inersia kita membutuhkan rumus tertentu. Rumus tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Kompleks?

I = Σ miri2

Keterangan:

m = jumlah produk massa

r = jarak dari sumbu rotasi

Sementara itu, bentuk integral dari MOI adalah sebagai berikut.

I = ∫ d I = ∫0M r2 dm

Keterangan:

dm = Massa komponen tubuh yang sangat kecil

r = (tegak lurus) jarak antara massa titik dan sumbu rotasi

Agar lebih memahaminya, kamu sebaiknya memperhatikan contoh dan pembahasannya berikut.

Contoh Soal dan Pembahasan Momen Indersia

Setelah mengetahui rumus momen inersia di atas, selanjutnya kamu harus lebih banyak berlatih soal agar lebih menguasainya. Berikut contoh soal beserta pembahasannya.

Soal 1. Tongkat penyambung tak bermassa sepanjang 4 m menghubungkan dua bola. Momen gaya inersia sistem jika diputar terhadap sumbu P yang berjarak 1 m di kanan bola A adalah…

Baca juga:  Rumus Gradien Pada Garis Lurus, Begini Cara Hitungnya

Pembahasan:

Diketahui
Panjang tongkat = AB = 4 m
AP = ra = 1 m
PB = rb = 4 m – 1 m = 3 m
massa benda A (ma) = 2 kg
massa benda B (mb) = 1 kg
Ditanya momen inersia jika diputar di sumbu P = I = … ?

Jawab:
Bola dianggap partikel maka: I = m.r²
I = Ia + Ib
I = ma.ra² + mb.rb²
I = 2 x 1² + 1 x 3² = 2 x1 + 1 x 9
I = 2 + 9 = 11 kg.m²

Jadi, jawaban contoh soal momen inersia jika diputar di sumbu P adalah 11 kg.m²

Demikian penjelasan mengenai rumus momen inersia yang dapat kamu pelajari. Selanjutnya lebih banyaklah berlatih soal agar kamu lebih menguasainya.