Rumus Median Mudah Dipelajari

Sumber: liputan6

OMTELOLET – Median merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam mata pelajaran Matematika atau Statistika. Kamu pasti tidak asing, ketika membicarakan median maka akan muncul mean dan modus. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai rumus median dan cara menghitungnya.

Apa Itu Median?

Median merupakan nilai tengah dari sekumpulan data yang sudah diurutkan dari nilai terkecil hingga terbesar. Sementara itu, mean merupakan nilai rata-rata dari sekumpulan data (dua atau lebih). Kemudian, modus memiliki arti nilai yang paling sering muncul dari sauatu kelompok data.

Materi ini sering kali digunakan dalam pengolahan data. Untuk itu, penting untuk memahami dan mengetahui materi ini.

Baca juga:  Bagaimana Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Median

Median adalah nilai tengah yang terdapat dari sebuah data. Biasanya median disebut juga kuartil. Sementara itu, median biasanya ditulis dengan symbol ‘Me’. Adanya median ini sebenarnya berfungsi untuk memusatkan data.

Akmu dapat menemukan nialai tengan atau median itu sendiri setelah mengurutkan data. Sementara, median menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), median adalah nilai tengah dari deret nilai yang disusun dengan tata urut dari kecil sampai besar.

Misalnya, dalam deret 3,4,7 medianya adalah 4. Jadi, median adalah nilai tangah setelah data yang telah diurutkan. Median kadang-kadanag digunakan sebagai kebalikan dari mean ketika ada pencilan dalam urutan yang mungkin mendistorsi rata-rata nilai.

Baca juga:  Aplikasi Quora adalah Apa dan Bagaimana Sejarahnya?

Median juga dapat digunakan untuk menentukan perkiraan rata-rata, tetapi tidak disamakan dengan mean. Agar kamu dapat menghitung median, maka perhatikan uraian berikut.

 Cara Menentukan Median

Sebenarnya, cara menghitung median bisa dibilang cukup mudah. Sebelumnya, kamu dapat mengurutkannya dari data terkecil hingga terbesar. Jika kamu memiliki data dengan jumlah ganjil, maka kamu akan lebih mudah untuk menentukan  median.

Akan tetapi, bagaimana jika data yang kamu miliki genap? Begini Rumus untuk mencari median yang bisa kamu ikuti.

Misalkan, banyaknya data sama dengan ‘n’, jika median ganjil dapat dituliskan dengan rumus berikut.

Med = xn/2

Rumus Median Data Kelompok

Median data kelompok dapat ditentukan jika telah mengethaui mediannya.

Baca juga:  Contoh Cerita Berkumpul Bersama Keluarga

Carilah kelas data yang memuat data nilai tengah. Median data kelompok dapat ditentukan dengan

Med = tb + ((n/2) – Fkum)/fi) k

Keterangan:

Med : median

tb : tepi bawah kelas median

n : banyaknya data

Fkum : frekuensi kumulatif sebelum kelas median

fi : frekuensi kelas median

K : panjang kelas

Demikian rumus median yang bisa kamu ikuti. Selanjutnya, sebaiknya kamu mempelajari contoh-contoh soalnya. Demikian uraian ini, semoga bermanfaat!