Rumus Luas Belah Ketupat dan Cara Menghitungnya

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Belah ketupat merupakan salah satu jenis bangun datar yang dipelajari dalam ilmu Matematika. Oleh karena itu, kamu mungkin sudah tidak asing dengan bangun belah ketupat ini. Lantas, apakah kamu sudah mengetahui rumus luas belah ketupat? Artikel ini akan menguraikan hal tersebut.

Apa Itu Belah Ketupat?

Belah ketupat adalah parallelogram yang special. Pasalnya, bangun datar ini memiliki empat sisi yang sama besar. Dengan begitu, belah ketupat memiliki dua buah diagonal. Kedua diagonal tersebut dapat memiliki nilai yang berbeda, akan tetapi sisi dari belah ketupat tersebut sama besar.

Jika kamu ingat, rambu-rambu lalu lintas biasanya berbentuk belah ketupat. Nah, seperti bangun datar yang lainnya, belah ketupat juga memiliki keliling dan juga luas. Lantas, bagaimana cara menghitung luas belah ketupat tersebut?

Baca juga:  15 Kata-Kata Motivasi untuk Diri Sendiri

Rumus Luas Belah Ketupat

Sebenarnya, rumus luas belah ketupat hampir sama dengan rumus luas persegi panjang, akan tetapu panjang dan lebarnya diganti menjadi dua garis diagonal. Oleh karena itu, rumus tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.

Rumus: L = ½ D1 x D2

Keterangan:

L = luas belah ketupat (m2)

D1= diagonal 1 (m)

D2= diagonal 2 (m)

Agar lebih memahaminya, coba perhatikan contoh soal dan pembahasannya berikut.

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal 1: Tentukan luas ketupat yang memiliki panjang diagonal 3√5 cm dan 2√5 adalah … Jawaban: Luas belah ketupat = ½ x D1 x D2

= ½ x 3√5 x 2√5

= ½ x 6 x 5

= ½ x 30

= 15 cm²

Soal 2. Luas belah ketupat yang memiliki sisi 25 cm dan panjang salah satu diagonalnya 48 cm adalah…

Baca juga:  12 Delicious Things You Can Make With Bread

Jawaban: Ingatlah bahwa keempat sisi belah ketupat adalah sama yaitu 25 cm. Untuk menghitung luas dari belah ketupat tersebut, kita harus menghitung panjang diagonal keduanya terlebih dahulu:

Maka di dapatkan bahwa diagonal 2 adalah 2 x 7 yaitu 14 cm. Sehingga kita bisa menghitung luas belah ketupat tersebut sebagai berikut:

L = ½ x D1 x D2

= ½ x 48 x 14

= ½ x 672

= 336 cm²

Demikian penjelasan megenai rumus luas belah ketupat yang Anda ketahui. Selanjutnya, banyaklah berlatih soal agar kamu lebih menguasainya. Semoga uraian ini bermanfaat dan selamat belajar!