Rumus Kecepatan Rata-Rata, Jarak, dan Waktu, Mudah Dipelajari!

Sumber: bola Kompas

OMTELOLET – Seperti diketahui, kecepatan merupakan salah satu besaran vector yang kaitannya dengan perpindahan benda. Jika kita ingin mengetahui besaran waktu terhadap perpindahan suatu objek atau benda, maka kita dapat memperolehnya dengan menggunakan rumus kecepatan rata-rata, jarak, dan waktu.

Menghitung Kecepatan

Sederhananya, kecepatan adalah menghitung jarak perpindahan suatu objek dari satu lokasi ke lokasi akhir dalam kurun waktu tertentu. Hal itu berarti, dengan rumus kecepatan, kita dapat menemukan besaran jarak yang ditempuh suatu benda dalam satuan waktu.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa kecepatan merupakan gerak lurus beraturan (GLB), yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatan tetap. Oleh karena itu, besarannya pun ditentukan dari perpindahan dan waktu yang digunakan untuk berpindah.

Baca juga:  Review Fitur Brain Academy Ruangguru, Ini fitur Menariknya

Rumus Kecepatan

Kecepatan terbagi menjadi dua, yakni kecepatan konstan dan kecepatan rata-rata. Satuan kecepatan bisa ditulis dengan satuan km/jam, m/detik, m/menit, dan lainnya. Agar kamu dapat menyelesaikan soal terkait kecepatan, perhatikan rumus berikut.

Rumus: v = s/t

Keterangan:

v = kecepatan

s = jarrah

t = waktu

Selain itu, dari rumus tersebut, kita juga dapat mencari nilai jarak dan waktu. Rumus jarak dan waktu  bisa dituliskan sebagai berikut.

Rumus Jarak: s = v x t

Keterangan (kecepatan dikali waktu)

Rumus waktu: t = s/v

Keterangan (jarak dibagi kecepatan)

Nah, kita sudah mengetahui cara mencari kecepatan, jarak, dan waktu. Meski begitu, perlu dipahami bahwa ketika kita mencari kecepatan, maka perlu diingat untuk mencari nilai kecepatan, kita perlu memperhatikan tanda positif (+) dan tanda negative (-) dari arah perpindahan.

Baca juga:  6 Hal yang Membuatmu Takut Menghadapi UTBK-SNBT

Rumus Kecepatan Rata-Rata

Sebanarnya, tidak jauh berbeda dengan mencari nilai kecepatan, menghitung kecepatan rata-rata adalah membandingkan antara jarak tempuh suatu benda dengan waktu yang diperlukan tanpa melihat jenis gerakannya.

Jadi, besarnya kecepatan rata-rata bergantung pada nilai dan arah perpindahan, serta selang waktu yang dibutuhkan.

Rumus kecepatan rata-rata adalah v = Δs / Δt

Keterangan:

Δs = Perpindahan jarak akhir – jarak awal (m)

Δt = Perubahan waktu akhir – waktu awal (s)

V = kecepatan rata-rata (km/jam)

Contoh Soal Rumus Kecepatan Rata-Rata dan Penyelesaian

Atlet pelari itu dapat menempuh jarak 40 meter dengan gerak lurus beraturan dalam waktu 8 sekon. Maka berapa kecepatan rata-rata atlet tersebut?

Jawab:
Δs = 40 m
Δt = 8 s

Baca juga:  Jurusan di IPB Apa Saja? Cek Daftar Prodi dan Daya Tampungnya Tahun 2022

Dengan rumus kecepatan rata-rata, maka kecepatan rata-rata atlet tersebut saat berlari adalah v = 40/8 = 5 m/s

Itulah penjelasan mengenai rumus kecepatan rata-rata beserta contoh dan cara penyelesaiannya. Semoga bermanfaat!