Rumus Daya dalam Fisika beserta Contoh Pengerjaan Soal

Sumber: rumushitung

OMTELOLET – Beberapa ilmu dalam ilmu fisika menyangkut komponen, di antaranya yaitu daya (P), laju usaha (W) dan waktu (t). Semenatara itu, apa yang dimaksud dengan daya dan bagaimana penggunaan rumus daya dalam menemukan jawaban dalam soal?

Dalam pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai rumus daya beserta cara menghitungnya.

Apa Itu Daya?

Daya adalah laju usaha yang dilakukan atau perbandingan besaran usaha dengan waktu. Sederhanya, daya merupakan kecepatan yang dimiliki saat melakukan suatu usaha dalam waktu tertentu.

Sebagai salah satu komponen dalam pengukuran fsika, daya memiliki satuan dengan standart satuan internasional (SI). Satuan daya adlaah Joule/sekon atau Watt. Perlu diketahui, penggunaan satuan Watt ini menjadi penghormatan pada ilmuan penemu mesin uap, James Watt.

Baca juga:  Rumus Mean, Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Satuan daya lain yang juga digunakan secara global dikenal dengan Daya Kuda atau Horse Power (hp). Daya 1 hp sama dengan 746 Watt (W).

Rumus Daya

Perlu diketahui, satu Watt sama dengan satu Joule usaha per detik. Karena itulah persamaan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.

P = F. s/t atau P = F.v

Keterangan:

P adalah daya (J/s) atau Watt

W adalah usaha (J)

t adalah waktu (s)

F adalah Gaya (N)

s adalah jarak (m)

v adalah kecepatan (m/s

Selain itu kamu juga bisa menggunakan rumus daya listrik berikut ini

P = V.I

Keterangan:
V adalah tegangan (volt)
I adalah arus listrik (ampere)

Contoh Soal dengan Rumus Daya

Sebuah traktor sedang digunakan untuk mengangkat benda berat 1,2 x 104 N, traktor tersebut memiliki tinggi 9 m dan mengangkut dalam waktu 15 s. Berapakah daya pada traktor itu?

Baca juga:  Baca Disini, Panduan Doa Menyembelih Hewan Kurban untuk Orang Lain

Jawab:

F = 1,2 x 104 N
s = 9 m
t = 15 s

Berapakah P ?

P = W/t
= F.s / t
= 1,2 x 104 . 9 m / 15 s
= 7,2 x 103 W
= 7,2 kW

Kini, kamu sudah mengetahui rumus daya beserta penggunaannya dalam sebuah soal. Bagaimana, mudah, bukan? Daya paling sering terlihat pada perangkat listrik yang dapat menyimbolkan besaran laju energi yang dipindahkan (usaha) atau digunakan per detik.

Itulah penjelasan mengenai rumus daya yang bisa kamu ketahui. Selanjutnya, lebih banyaklah berlatih dengan soal-soal daya. Selamat belajar!