Review Squid Game: Teori Tersembunyi dalam Drama Ini

About Netflix

Squid Game merupakan drama keluaran tahun 2021 yang disutradarai oleh Hwang Dong Hyuk. Selain sebagai sutradara, ia juga berperan sebagai penulis naskah. Dalam video yang diunggah Netflix Indonesia di Youtube ia mengaku bahwa Squid Game terinspirasi dari kisahnya sendiri yang pernah kesusahan karena dililit hutang. Ia pun melakukan proses penciptaan Squid Game selama 10 tahun.

Drama ini sendiri berkisah tentang sebuah permainan anak dengan hadiah senilai 45,6 Miliar Won. Meskipun ini hanyalah permainan anak-anak, akan tetapi peserta yang mengikuti permainan ini harus mengorbankan nyawanya jika kalah dalam permainan.

Peserta dalam game ini kebanyakan adalah mereka yang tengah dilanda kesulitan ekonomi. Seperti pemeran utama Ki Hoon  (Lee Jung Jae)  yang mengalami PHK, sehingga hidupnya rumit. Serta teman semasa kecilnya yakni Sang Woo (Park Hae Soo) yang mengalami kebangkrutan dalam bisnisnya akibat penyelewengan dana.

Seluruh peserta harus mengikuti permainan sampai akhir hingga tersisa satu pemenang. Peserta bermain dengan persaingan sengit agar menjadi pemenang permainan ini.

Sebagai drama yang sangat menengangkan, Squid Game memiliki beberapa teori yang dapat disimpulkan setelah menontonnya. Dilansir dari repotasee.com, berikut teori-teori tersembunyi dalam drama ini.

Kartu Ddakji Penentu Game

Kartu Ddakji yang dibawa Gong Yoo pada episode pertama diasumsikan sebagai penentu game. Diketahui bahwa Gong Yoo mengajak Ki Hoon bermain Ddakji saat pertama bertemu. Kemudian, sebelum permainan dimulai ia menawarkan kartu Ddakji berwarna merah dan biru. Ki Hoon pun memilih warna biru yang disinyalir menjadikannya sebagai peserta Squid Game. Sedangkan kartu warna merah sebenarnya pilihan yang akan menjadikannya pasukan bersenjata yang berseragam merah muda. Hal itu diasumsikan karena seragam peserta juga berwarna biru.

Baca juga:  Inilah Sinopsis dan Review Jinxed at First: Drakor Seohyun- Na In Woo yang Adegan Romantis

Ki Hoon Sebagai Front Man

Spoiler) 5 Fakta Karakter Squid Game, Ki Hoon, Pria Penolong Baik Dengan Hidup Sial - Sragen Update
Sragen Update

Pada episode terakhir Ki Hoon mengecat rambutnya menjadi merah dan kembali ke Squid Game. Itu berarti dia akan menjadi tim bersenjata di season selanjutnya. Tindakan Ki Hoon ini ia  lakukan karena merasa hampa setelah kehilangan orang-orang terdekatnya.

Selain itu, bisa jadi Ki Hoon akan berperan sebagai Front Man seperti hal pemenang tahun lalu. Jika demikian, ia akan berperan sebagai antagonis. Namun bisa juga ia menjadi Front Man dengan tujuan mengetahui kebenaran di balik misteri permainan kejam ini. Hal itu berarti bahwa ia tetapi menjadi tokoh protagonis.

Detektif Joon Ho Belum Mati

Kemungkinan dari masih hidupnya detektif Joon Ho dapat dilihat dari kejadian ketika ia ditembak. Diketahui bahwa Joon Ho tidak berhasil menjalankan misi salah satu permainan sehingga ia harus ditembak oleh Front Man yang tak lain adalah kakak kandungnya sendiri.

Baca juga:  Trending! Pemutaran Perdana Film Doctor Strange in The Multiverse of Madness, Shell Ajak Kolaborasi Disney

Kejanggalan dirasakan sebab dalam scene penembakan tidak jelas apakah tembakan tersebut mengenai Joon Ho atau tidak. Selain itu terceburnya ia ke laut juga membuat spekulasi bahwa bisa saja ia sengaja menceburkan diri ke laut untuk menyelamatkan diri.

Kakek Oh Il Nam Ayah dari Ki Hoon

Terdapat beberapa hal yang menjadikan spekulasi kakek Oh Il Nam dan Ki Hoo ternyata seorang anak dan ayah. Salah satunya pada episode 3 yang menayangkan adegan dimana Ki Hoon meminta susu kepada petugas namun tidak terpenuhi. Kakek pun berkata bahwa ayah Ki Hoon pasti sering memukulinya waktu kecil. Ia pun tertawa seolah memahami betul keadaan seperti itu. Dan itu dibenarkan dengan perkatannya yang menyebutkan bahwa anaknya sama seperti Ki Hoon.

Selain itu, pada episode 6 mereka sama-sama terlihat senang ketika melihat ruangan game yang tampak seperti komplek perumahan. Keduanya pun berkata bahwa mereka pernah tinggal di tempat yang seperti itu dulunya.

Hal itu menimbulkan spekulasi bahwa keduanyanya adalah anak dan ayah yang tepisah kemudian bertemu kembali di Squid Game.

Baca juga:  Cek 8 Rekomendasi Film dan Drama Korea Hyun Bin yang Dijamin Bikin Baper, Ada Crash Landing on You

Kakek Oh Il Nam Bukan Dalang atau Pencipta Utama Squid Game

Kakek 001 Pemain Drama Squid Game, Berikut Biodata Lengkapnya - Media Blora
Media Blora

Kakek Oh bukanlah dalang utama permainan Squid Game ini. Dapat dilihat di episode terakhir bahwa ia hanyalah salah satu oknum yang mengiyakan permainan ini dibentuk. Alasannya menjadi peserta dalam game karena ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan seru.

Namun terdapat beberapa spekulasi lain mengapa kakek Oh sepakat menjadi peserta. Diantaranya adalah untuk menikmati sisa hidupnya dengan seru, hingga menjadi pemantik peserta lain karena kelihaiannya dalam bermain.

Lalu siapa sebenarnya dalang besar dari permainan ini?

Menculik Seorang Dokter Bedah

Kedatangan dokter bedah di tengah-tengah drama dinilai cukup aneh. Sebab tiba-tiba saja dokter tersebut muncul, alias tidak bersama peserta lainnya sejak awal. Alasan lainnya ialah rasa ingin tahu dokter bedah ini tentang tema yang akan ia mainkan dan kelompok siapa yang paling kuat menandakan ia ingin lepas dari game.

Angka di Baju Peserta

Angka di baju peserta sebenarnya mengandung spoiler. Misalnya angka pada baju kakek Oh Il Nam yaitu 001, yang berarti ia adalah peserta pertama dalam game ini. Kemudian angka pada baju Ki Hoon yaitu 456. Hal itu karena ia adalah peserta terakhir sekaligus menjadi bocoran kalau ia adalah pemenang permainan ini. Sebab peserta yang dapat memenangkan permainan ini akan mendapat hadiah sejumlah 45,6 Miliar Won.

 

Sumber:

Fenty. 2021. “Review Drama Korea Squid Game, Menegangkan!”. https://reportasee.com/review-drama-korea-squid-game/.

Lendyagassi. 2021. “Squid Game (2021): Permainan Hidup dan Mati Demi Uang”. https://lendyagassi.com/review-dan-sinopsis-ending-drama-korea-squid-game-netflix/.