Review Drakor Jirisan, Ranger Gunung Jiri yang Mengungkap Misteri

otakukart.com

Jirisan merupakan salah satu drama Korea yang ditunggu-tunggu pada tahun 2021. Drama ini disutradrai oleh Lee Eung Bok, yang sebelumnya telah sukses menyutradarai Sweet Home (2020), Mr. Sunshine (2018), Goblin (2016), dan Descendant of the Sun (2016). Sedangkan penulis naskah drama ini yaitu Kim Eun Hee, penulis Kingdom Season 1 dan 2, Signal (2016), dan 3 Dayas (2014).

Jirisan merupakan drama dengan genre thriller mistery yang dibintangi oleh sederet aktor Korea papan atas. Di antaranya ialah Jun Ji Hyun, Joo Ji Hoon, Sung Dong Il, Oh Jung Se, Go Min Si dll.

Sinopsis

Drama ini berkisah tentang perjuangan tim ranger dalam menjaga gunung Jiri. Mereka bertugas untuk melindungi pengunjung sekaligus membantu menemukan pengunjung yang hilang. Kang Hyun Jo (Joo Ji Hoon) yang baru saja bergabung dengan tim ini langsung mendapat tugas di hari pertamanya. Bersama dengan seniornya yang bernama Seo Yi Kang (Jun Ji Hyun), Hyun Jo harus menemukan seorang anak yang hilang di gunung Jiri.

Baca juga:  Cek Harga Tiket dan Syarat Masuk Kebun Binatang Ragunan

Seo Yi Kang sendiri merupakan anggota yang sudah lama bergabung dengan tim ini. Ia sudah mengetahui seluk beluk gunung Jiri dengan baik. Tanpa diketahui Yi Kang, ternyata Hyun Jo merupakan anak indigo yang dapat melihat orang-orang yang tersesat atau meninggal di gunung itu. Hal itu memudahkan mereka dalam melakukan pencarian orang atau pun jasad yang sedang dicari.

Daftar Pemain Drama Korea Jirisan Lengkap dengan Biodata, Ada Jun Ji Hyun dan Ju Ji Hoon - Trenggalekpedia
trenggalekpedia.pikiran-rakyat.com

Akan tetapi, suatu insiden terjadi yang membuat Yi Kang lumpuh dan Hyun Jo harus terbaring koma di rumah sakit. Setelah sembuh, Yi Kang kembali bergabung dengan tim ranger dan menemukan sebuah misteri yang berkaitan dengan Hyun Jo. Ia bertemu dengan makhluk yang membuat tanda sama seperti yang dibuat Hyun Jo. Yi Kang pun tergerak untuk mengungkap misteri tersebut.

Sebenarnya dalam drama tersebut sudah banyak hints alias petunjuk-petunjuk tentang siapa pembunuhnya. Namun, karena kecerdasan sang penulis, yaitu Kim Eun Hee, penonton sempat terkecoh dan membuat asumsi versi mereka sendiri.

Berikut adalah misteri-misteri dalam drama Jirisan yang sudah terungkap.

Kim Sol merupakan Villain Utama

Ternyata banyak kematian yang terjadi di gunung Jiri bukan karena kecelakaan, melainkan karena ulah seorang pembunuh berantai, yaitu Kim Sol (Lee Ga Sub). Ia memanipulasi pembunuhannya seolah seperti kecelakaan biasa. Ia pun mengakui perbuatannya secara terang-terangan di depan roh Kang Hyun Jo, dan pada akhirnya Kim Sol berhasil ditangkap.

Baca juga:  Simak 7 Rekomendasi Film dan Series yang Wajib Ditonton sebelum Doctor Strange 2

Selain membunuh pengunjung Gunung Jiri, ternyata Kim Sol juga yang menyebabkan nenek Seo Yi meninggal dunia. Neneknya dan orang-orang yang terlibat proyek kereta gantung Gunung Jiri merupakan korban Kim Sol. Ia sengaja mengarahkan bus yang mereka tumpaki ke jembatan yang rapuh sehingga bus tersebut pun terperosok.

Motif Utama Kim Sol untuk Balas Dendam

Dibalik tindakan Kim Sol yang menjadi pembunuh berantai, ternyata ia memiliki dendam terhadap mantan penduduk desa Lembah Jembatan Hitam. Beberapa penduduk desa menjadi penyebab kematian ibunya dan alasan mengapa ayahnya mengalami gangguan jiwa hingga bunuh diri.

Karena merasa putus asa, Kim Sol pun memutuskan untuk bergabung di tim ranger yang bertugas di Departemen Konservasi Sumber Daya Taman Nasional Jirisan. Sehingga ia dengan mudah melacak seluk beluk ranger dan bisa naik turun gunung untuk melancarkan aksinya.

Kim Hyeon Su merupakan Korban Pertama Kim Sol di Gunung Jiri

Misteri KDrama Jirisan yang Akhirnya Terpecahkan
www.idntimes.com

Kim Sol mengaku kepada roh Kang Hyun Jo bahwa korban pertamanya ialah Hyeon Su. Pembunuhan pertama sebenarnya terjadi tanpa direncakan. Saat itu Kim Sol yang sedang putus asa hendak bunuh diri dengan meminum yogurt beracun. Kemudian Kim Sol bertemu dengan Hyeon Su, salah satu mantan penduduk desa Lembah Jembatan Hitam yang tersesat.

Baca juga:  HP Gaming Sejutaan Jadi Trending Topik Twitter, Simak 6 HP Sejutaan Terbaik Tahun 2022

Awalnya semua berjalan baik-baik saja, hingga Hyeon Su menanyakan kabar ayah Hyun Jo. Pertanyaan tersebut memancing amarah Hyun Jo sehingga ia memberikan yogurt beracun itu kepada Hyun Jo. Hyeon Su pun mati dan dianggap sebagai kecelakaan. Semenjak saat itu lah Hyun Jo mulai merencanakan misi balas dendam dengan melakukan pembunuhan yang disamarkan dengan kecelakaan.

Lee Se Wook Bekerja Sama dengan Kim Sol Juga untuk Balas Dendam

Untuk melancarkan askinya, Kim Sol mengajak Lee Se Wook (Yoon Ji On) bekerja sama. Se Wook juga merupakan mantan penduduk Lembah Jembatan Hitam. Seperti halnya Kim Sol, ayah Se Wook juga sudah meninggal. Se Wook membantu aksi Kim Sol dalam rangka balas dendam atas kematian ayahnya.

Akan tetapi Se Wook tewas terlebih dahulu di Gunung Jiri. Diduga ia dibunuh oleh Kim Sol sendiri, akan tetapi hal ini tidak diungkapkan di akhir episode.

Roh Kang Hyun Jo Kembali ke Raganya

Roh Kang Hyun Jo yang ada di Gunung Jiri menghilang, yang kemudian membuat ia pulih dari koma. Hal itu terjadi sesaat setelah alat medis yang ia kenakan dilepaskan karena pihak keluarga memutuskan untuk mengiklaskan Hyun Jo.

 

Sumber:

Lestari, Desi Puji. 2021. “Sinopsis dan Review Jirisan, Perjuangan Ranger di Gunung Jiri”. https://bacaterus.com/review-drama-jirisan/.

Suryaningtyas, Fasrinsyah. 2021. “5 Misteri KDrama Jirisan yang Akhirnya Terpecahkan, Spoiler Alert!”. https://www.idntimes.com/korea/kdrama/fasrinisyah-suryaningtyas/misteri-drama-korea-jirisan-yang-akhirnya-terpecahkan-1/5.

Nurdin, Padli. 2021. “Review Kdrama Jirisan (2021): Seru, Menegangkan, dan Bertabur Bintang”.  https://mariviu.com/review-kdrama-jirisan-2021-iqiyi-tvn/.