7 Rekomendasi Novel Terbaik Tere Liye 2021

blog.wilda.us

Tere Liye merupakan penulis yang dikenal memiliki produktifitas menulis yang stabil. Ia telah menciptakan banyak karya terbaik yang diminatin oleh pembaca dari segala kalangan. Sebab karyanya adalah tipikal karya yang dapat dibaca oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Penulis dengan nama asli Darwis ini lahir di Lahat pada tanggal 21 Mei 1979. Ia mengaku menulis hanyalah sekadar hobi baginya. Pekerjaan sesungguhnya ialah sebagai seorang akuntan di sebuah perusahaan. Meskipun menulis hanya sekadar hobi baginya, ia mampu menciptakan karya yang disukai banyak orang. Bahkan beberapa karyanya telah diangkat ke layar lebar, seperti Hafalan Shalat Delisa dan Rembulan Tenggelam di Wajahmu.

Nah buat kamu yang penasaran dengan karya-karya Tere Liye, berikut rekomendasi novel terbaik dari Tere Liye:

Tentang Kamu (2016)

Tentang Kamu merupakan novel yang berkisah tentang perjalanan seorang laki-laki bernama Zaman Zulkarnaen. Ia merupakan lulusan Hukum dari universitas ternama dan telah bekerja di suatu firma hukum di Inggris.

Perjalanan lama yang ditempuh Zaman berawal dari misi untuk menemukan pemilik warisan yang dicantumkan dalam buku harian milik Sri Ningsih. Zaman menempuh perjalanan dengan segala tantangan dan kejutan-kejutan yang ia temukan.

Baca juga:  Berikut Negara-Negara dengan Masa Jabatan Presiden 3 Periode

Novel yang terbit pada tahun 2016 ini dapat membuatmu berpikir optimis dalam menghadapi rintangan yang menghadang. Buku ini cocok dibaca oleh kamu yang suka ragu dalam mengambil keputusan.

Negeri di Ujung Tanduk (2013)

Novel bergenre politik ini berkisah tentang seorang konsultan politik yang sangat cerdas dan pandai berstrategi. Tokoh bernama Thomas tersebut mendapatkan tugas untuk membantu calon gubernur memenangkan pemilihan umum yang akan datang. Dalam menjalankan tugasnya ini, Thomas mendapat banyak tantangan yang bahkan dapat mengancam dia dan keluarganya.

Membaca novel dapat menambah wawasan tentang dunia politik. Sebab novel ini banyak menyinggung persoalan politik tanah air seperti korupsi dan suap.

Si Anak Kuat (2018)

aisaidluv.wordpress.com

Buku ini berkisah tentang seorang anak bungsu dalam sebuah keluarga yang bernama Amelia. Ia adalah sosok yang memiliki mimpi-mimpi yang tinggi. Oleh karena itu, ia memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Akan tetapi, keadaannya sebagai anak bungsu membuatnya kesulitan untuk meninggalkan rumah.

Meskipun Amelia adalah anak bungsu, ia bukankan sosok anak yang manja. Justru ia tumbuh menjadi sosok yang tegar dan kuat. Buku yang mengangkat cerita seputar keluarga ini cocok dibaca oleh semua kalangan. Baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Baca juga:  5 Drama Korea Tentang Bisnis, Dijamin Bikin Semangat Merintis Usaha

Bumi (2014)

Buku bergenre fantasi ini merupakan buku pertama dari seri Dunia Pararel. Berkisah tentang seorang remaja berusia 15 tahun bernama Raib. Ia memiliki kemampuan khusus yang dimilikinya sejak usia 2 tahun, yaitu dapat menghilang. Dengan kemampuannya ini, Raib melakukan petualangan bersama dua sahabatnnya ke dunia pararel.

Buku ini akan mengajak pembacanya merasakan petualangan ke dunia lain. Melalui buku ini, Tere Liye membangun dunia baru yang mudah dimasuki pembacanya. Sebab cara Tere Liye menggambarkan dunia lain sangat detail dan terkesan nyata.

Pulang (2015)

Buku ini berkisah tentang seorang laki-laki bernama Bujang. Ia mendapat julukan sebagai Babi Hutan karena kemampuan bertarungnya yang sangat hebat. Suatu saat datang seseorang dari kota mengajaknya pergi merantau untuk memperbaiki hidup. Berawal dari sini ia mulai memasuki kehidupan keras yang bahkan membuatnya tidak sempat berkunjung kepada orang tuanya.

Akan tetapi suatu saat, Bujang mendapat kabar yang kurang baik dari kampung halaman. Hal ini mengguncang perasaan Bujang secara perlahan. Akankah Bujang dapat bertahan hingga akhir?

Buku ini sangat cocok dibaca oleh kaum rantau. Melalui buku ini pembaca akan diajak memahami problematika seorang anak rantau.

Rembulan Tenggelam di Wajahmu (2009)

sragenupdate.com

Rehan Raujan adalah seorang anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan. Rehan tumbuh menjadi anak laki-laki yang pemberontak. Hingga suatu saat ia memutuskan untuk kabur dari panti asuhan dan mengganti namanya menjadi Rey. Ia terjun ke kehidupan jalanan yang keras.

Baca juga:  8 Tips Menyiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Meskipun ia tumbuh sebagai anak yang senang memberontak, sebenarnya Rey adalah anak yang pintar. Ia memiliki lima pertanyaan besar yang belum bisa ia dapatkan jawabannya. Setiap kali merasa sedih Rey akan memandang bulan. Menurutnya bulan dapat merasakan apa yang tengah ia rasakan.

Tere Liye menceritakan kisah perjalanan Rey dengan gaya flashback. Sehingga membaca buku ini akan membuat pembacanya terus penasaran dan membacanya hingga selesai.

Negeri Para Bedebah (2012)

Buku ini merupakan serial pertama dari buku Negeri di Ujung Tanduk. Tokoh Utama dalam buku ini juga sama, yaitu Thomas. Kali ini, Thomas memiliki misi untuk menyelamatkan Bank Semesta yang merupakan bank milik pamannya. Karena suatu kasus, bank itu terancam ditutup dan akan mengakibatkan uang nasabah hangus.

Apakah Thomas dapat menyelamatkan bank tersebut dengan kepandainannya? Bukan Tere Liye namanya kalau tidak bermain plot twist. Dalam novel kamu akan dikejutkan dengan plot twist  yang menarik.

Itu dia 7 rekomendasi karya terbaik Tere Liye. Selamat membaca!

 

Sumber:

2021. “10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)”. https://my-best.id/136941.

Hiyahiya. 2018. “Review Novel Tere Liye “Bumi” | Buku Fiksi Fantasi”. https://blog-ruangguru.blogspot.com/2018/05/review-novel-tere-liye-bumi-buku-fiksi.html.