10 Rekomendasi Buku Yang Bisa Menambah Wawasan

Gambar oleh PourquoiPas dari Pixabay

Membaca buku adalah kewajiban bagi mereka yang selalu merasa haus akan wawasan. Karena nyatanya, buku memang sanggup menampung lebih banyak informasi dari pada media lain. Secara detail, berbagai tema dapat dikemas dalam bentuk buku dengan berbagai gaya penyampaian. Pembaca hanya perlu memilih tulisan yang menarik untuknya. Tersedia berbagai macam buku yang tentunya akan memberikan pengetahuan yang beragam.

Dari berbagai macam jenis buku, kamu harus memasukkan list bacaan berikut dalam daftar bacaanmu. Sebab, rekomendasi di bawah ini adalah buku-buku yang bisa menambah wawasanmu agar kamu dapat berpikir mind blowing.

Grow Beyond Your Limits (E. Widijo Hari Murdoko)

Dalam buku ini, E. Widjio Hari Maurdoko menyampaikan dengan sederhana pemahaman tentang menggali potensi diri. Ia mencoba menekankan kepada pembaca bahwa setiap manusia memiliki potensi yang berbeda-beda. Yang perlu kita lakukan adalah mencari tahu cara menemukan kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Kemudian barulah kita berangkat untuk mengembangkan potensi yang kita punya.

Baca juga:  Pelatihan Bootcamp Skill Academy Pro: Review Fitur, Layanan, Keunggulan & Harga

Gimana sih cara menemukan potensi diri yang ditawarkan oleh penulis? Penasaran, kan? Coba deh baca buku ini. Karena setelah kita dapat menemuka potensi diri, itu akan mengantarkan kita ke jalan yang lebih mudah untuk membuka wawasan selebar-lebarnya.

Good Bye, Things (Fumio Sasaki)

Good Bye Things adalah buku yang mengajak kita untuk hidup bahagia tanpa memiliki banyak barang, alias hidup sederhana. Penulis percaya bahwa kita akan lebih mensyukuri hidup jika mengurangi hal-hal yang berlebihan. Konsep hidup yang ditawarkan penulis memang menjawab persoalan manusia saat ini. Hidup dalam era yang mana informasi datang begitu banyak tanpa filter, membuat orang-orang jaman sekarang selalu merasa kurang dalam dirinya.

The Alchemist (Paulo Coelho)

Book review: 'The Alchemist' by Paulo Coelho - GulfToday
https://www.gulftoday.ae

The Alchemist merupakan buku fiksi yang berkisah tentang perjalanan Santiago dalam menemukan harta karun. Melalui petualangan penggembala domba ini, penulis menyisipkan berbagai pesan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah pesan untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan tetap fokus menggapai tujuan hidup.

The 7 Habits of Highly Effective People (Steven Covey)

Buku pengembangan diri ini ditulis untuk membantu pembacanya menghilangkan kebiasan buruk. Penulis menawarkan cara dengan membangun kebiasaan baik terlebih dahulu. Dalam buku ini, penulis akan menyampaikan tujuh cara efektif untuk mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Penasaran kan, apa saja sih tujuh cara teresbut? Yuk, buruan baca!

Baca juga:  Kang Tae Moo Trending Topik di Twitter Lantaran 'Business Proposal', Simak 4 Fakta Menariknya

The Greatest Salesman in the World (Og Mandino)

Ingin memiliki kepercayaan diri yang tinggi seperti salesman terhebat di dunia? Kamu wajib baca buku ini. Pasalnya dengan membaca buku ini akan mengajarkan pembacanya untuk mengetahui seluk beluk dunia marketing. Selain itu, penulis juga menekan hidup untuk saling menolong dalam buku ini.

Parenting 4.0: Mendidik Anak di Era Digital (R.D. Asti)

Buku menjadi pilihan tepat bagi orang tua yang kewalahan mengdapi anak-anaknya. Sebab, dalam buku ini akan diberikan tips untuk menghadapi generasi yang gila teknologi. Apalagi bagi kaum orang tua yang lahir jauh dari generasi ini, pasti membutuhkan buku ini banget, deh.

Homo Deus (Yuval Noah Harari)

Melihat Masa Depan Umat Manusia dalam Buku Homo Deus Karya Yuval Noval Harari
www.hipwee.com

Homo Deus merupakan seri kedua dari buku sebelumnya yang berjudul Sapiens. Dalam buku sebelumnya, penulis membahas tentang perjalanan manusia dari awal mula hingga sekarang. Kemudian, dalam buku ini, penulis membahas kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. Penulis menuangkan keresahan-keresahannya yang diakui oleh banyak orang kebenarannya.

Baca juga:  Video TikTok Muncul di FYP, Simak Tips Membuat Video Berikut

Madilog (Tan Malaka)

Madilog merupakan singkatan dari Materialisme-Dialektika-Logika. Dalam buku ini, Tan Malaka menuangkan cita-cita luhurnya, yaitu menjadi orang yang selalu berpikir menggunakan logika saat menghadapi masalah. Di dalam buku ini, Tan Malaka berpesan bahwa untuk dapat menjadi bangsa yang maju, kamu sebagai orang Indonesia harus berlogika, menggunakan pola pikir yang rasional, terstruktur, dan selalu melihat bukti yang ada, sebelum mencapai kesimpulan. Jika kamu memiliki pola pikir seperti itu, maka Indonesia pasti mampu bergerak ke masa depan yang lebih baik.

The Power of Habbit (Charles Duhigg)

Buat kamu yang sedang atau akan menghadapi fase baru dalam kehidupan, coba deh baca buku ini. Sebab, untuk menjalani fase kehidupan baru, kamu perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dan meninggalkan jauh-jauh kebiasaan buruk. Dalam buku ini, kamu akan diajak memulai kebiasaan baik agar dapat dengan mudah menggali potensimu. Buku ini akan menyadarkanmu bahwa kebiasaan-kebiasaan baik, walapun bentuknya kecil sekalipun akan sangat berpengaruh dalam hidupmu.

Handmaid’s Tale (Margaret Atwood)

Buku ini merupakan karya fiksi bergenre dystopia futuristik yang memiliki latar di New England, Amerika Serikat. Berkisah tentang kehidupan perempuan yang menjadi korban objektivikasi. Dengan membaca buku ini, kamu dapat mengetahui dampak fatal dari peristiwa seperti itu.

Itu dia beberapa buku yang wajib kamu baca untuk menambah wawasanmu. Selamat membaca!

Sumber:

2021.“18 Buku Yang Wajib Dibaca Mahasiswa Untuk Menambah Pengetahuan Dan Wawasan”. https://mamikos.com/info/buku-yang-wajib-dibaca-mahasiswa-untuk-menambah-pengetahuan-wawasan/.

Siregar, Rina. 2021. “Beberapa Judul Buku Bagus di 2021 Untuk Menambah Wawasan”. https://tehsusu.com/rekomendasi-buku-untuk-menambah-wawasan/.