Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik

Membaca buku adalah hal yang seharusnya menjadi kebutuhan setiap orang. Bukan hanya dijadikan sebuah hobi semata. Sebab, dengan membaca buku, kita dapat membuka jendela wawasan. Kita dapat mempelajari apa saja melalui buku yang beragam jenisnya.

Salah satu buku yang dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih berkualitas adalah genre self improvement. Sebab dari buku genre ini, kamu dapat memberi makan jiwamu agar tetap sehat dan tidak mudah goyah. Kamu dapat memilih buku yang sesuai kebutuhanmu, mulai dari buku yang membahas kesehatan mental, cara berkomunikasi yang baik, hingga ilmu bisnis.

Nah, berikut adalah rekomendasi buku self improvement yang wajib kamu baca!

I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki – Baek Se Hee

rekomendasi buku self improvement
www.suarasikap.com

Buku yang menjadi populer karena sempat dibaca oleh RM BTS ini adalah buku best seller di Korea Selata. Buku ini berkisah tentang perjalanan penulis dalam menghadapi depresi berkepanjangan yang dialaminya selama 10 tahun.

Baca juga:  Inilah Spoiler Film Petualangan Sherina 2: Sherina dan Sadam Berjumpa Kembali

Depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang dapat dialami oleh siapa saja. Sehingga kesehata mental layak mendapat perhatian, sebab mental yang sakit juga akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Oleh karena itu, tidaklah salah untuk datang ke ahli psikis untuk berkonsultasi jika mengalami gangguan mental.

Seperti yang dilakukan penulis buku ini, ia menceritakan pengalaman dalam perjalanan pengobatan penyakitnya. Cerita dikemas dengan dialog antara dirinya dengan psikiater. Lalu, apa saja gangguan psikis yang dialami penulis dan bagaimana caranya ia menemukan jalan menuju sembuh?

The Power of Language – Shin Do Hyun & Yoon Na Ru

rekomendasi buku self improvement

Buku yang sempat populer karena dibaca oleh Kim Taehyung BTS ini juga wajib kamu baca. Apalagi buat kamu yang merasa kesulitan dalam menyusun dan menemukan makna di balik kata-kata. Dalam buku yang berasal dari Korea Selatan ini, kamu akan diajak memikirkan kembali cara berbahasa yang baik. Bagaimana menggunakan kata-kata, sehingga dapat menyampaikan maksud dengan jelas dan terhindar dari bahaya yang akan timbul.

Teori linguistik yang digunakan penulis dibungkus dengan penjelasan yang sangat sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, penulis juga menggunakan kutipan-kutipan dari para filsuf dan pemikir Barat maupun Timur dengan ilmu humaniora sebagai salah satu cara untuk menjelaskan bagaimana cara berbahas yang baik.

Baca juga:  Tayang Hari Ini! Intip Sinopsis Film Morbius, Aksi Jared Leto Jadi Vampir Anti-Hero Marvel

Berani Tidak Disukai – Ichiro Kisimi & Fumitake Koga

rekomendasi buku self improvement
carrousell.com

Buku ini merupakan jawaban dari fenomena yang ada di Jepang tentang mengisolasi diri di kamar atau anti sosial hingga bertahun-tahun. Penulis menggunakan ajaran dari ahli filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler, tentang bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidupnya lewat percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda.

Buku ini terdiri dari lima bab yang setiap babnya dapat membuatmu belajar memahami bagaimana cara mencintai diri sendiri. Hingga kamu mampu menentukan jalan hidup sendiri yang bebas dari belenggu trauma dan beban ekspetasi orang lain.

Lewat buku ini, kamu akan diajak memaafkan diri sendiri, mencinta diri, dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting untuk dipikirkan. Sebab, tujuan buku ini adalah untuk membunuh rasa rendah diri yang dapat dimiliki setiap orang.

Start With Why – Simon Sinek

rekomendasi buku self improvement
sergiocaredda.eu

Buat kamu yang ingin menambah asupan ilmu bisnis dalam dirimu, wajib baca buku ini. Buku yang menjadi populer karena pembicaraan sang penulis di TED Talk ini akan menyadarkanmu betapa pentingnya kata “mengapa” dalam membangun sebuah bisnis atau organsasi. Menurut buku ini, yang terpenting bukan hanya uang dan keuntungan, akan tetapi juga hasilnya.

Baca juga:  5 Film Indonesia Terbaik Bertema Pendidikan, Obat Kalau Bosan Belajar

Salah satu contoh yang diambil dalam buku ini adalah perusahaan Apple Inc. Betapa pentingnya mengidentifikasi tujuan suatu bisnis untuk membuat keputusan-keputusan sesuai visi.

Dalam buku ini juga akan diajarkan bagaimana para pemimpin seharusnya berpikir, bertindah, dan berkomunikasi. Kisah dari Steve Jobs, Wright Brothers, hingga Martin Luther King Jr., dikatakan punya cara yang sama untuk membangun organisasi jadi lebih baik dan berbeda.

Automic Habits – James Clear

rekomendasi buku self improvement
jamesclear.com

Buku ini ditulis oleh pakar kebiasaan terkenal kelas dunia. Ia menemukan fakta bahwa kebiasaan kecil yang biasa kita lakukan memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan dan juga dapat menentukan keberhasilanmu kedepannya. Menurutnya, perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil yang kamu ambil. Seperti rutin melakukan push-up sehari 2 kali hingga bangun lebih pagi, ini semua disebut dengan atomic habits.

Dengan membaca buku ini, kamu akan mendapat tips dan panduan yang dapat kamu ikuti. Buku ini juga dilengkapi dengan kisah inspiratif dari para peraih medali emas Olimpiade, para CEO terkemuka, dan ilmuwan-ilmuwan istimewa yang telah menggunakan sains tentang kebiasaan-kebiasaan kecil untuk tetap produktif, tetap termotivasi, dan bahagia.

Itu dia 5 buku self improvement yang wajib banget kamu baca. Semoga informasi tersebut dapat membantu ya.

 

Sumber:

“10 Buku Self Improvement Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021”. https://www.gramedia.com/blog/10-buku-self-improvement-best-seller-februari-2019/#gref