Referensi Jurusan SNMPTN Sepi Peminat, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Ada banyak sekali jurusan di Universitas yang bisa dipilih. Kamu bisa memilih program studi yang sesuai dengan bidang yang kamu minati, atau memilih jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja besar. Jika kamu ingin kuliah di jurusan favorit, kamu harus siap bersaing dengan banyak mahasiswa lainnya dari berbagai kampus untuk jurusan yang sama.

Sebagai alternatif, kamu bisa melihat referensi jurusan SNMPTN sepi peminat. Meskipun sepi peminat, bukan berarti jurusan tersebut tak memiliki masa depan. Justru, ada berbagai jurusan yang tak banyak peminat, tetapi peluang kerjanya sangat tinggi. Berikut ini adalah referensi jurusan kuliah yang sepi peminat:

1.Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sederhananya, jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang biasa disebut K3 merupakan program studi yang mempelajari tentang bagaimana cara mencegah bahaya dan mengelola risiko di lingkungan kerja. Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca juga:  Cek Informasi Universitas Terbuka: Jadwal, Cara Pendaftaran, dan Biaya Kuliah

Orang yang bekerja di bagian K3 bertugas untuk mengenali, mengevaluasi, dan mengendalikan bahaya di tempat kerja. Orang yang berprofesi ini juga merancang dan mengelola program keselamatan, menyelidiki kecelakaan kerja, dan memberikan pelatihan keselamatan kepada karyawan.

2.Kehutanan

Kehutanan merupakan ilmu yang mempelajari tentang penggunaan dan fungsi ekosistem hutan. Apa yang dipelajari dalam jurusan ini sangat luas dan beragam. Ini termasuk ekologi hutan, pengolahan hasil hutan, meningkatkan produktivitas hutan, keanekaragaman hayati, meningkatkan produktivitas hutan, dan masih banyak lagi lainnya.

Ada banyak peluang pekerjaan untuk lulusan Kehutanan. Salah satunya bisa bekerja di sektor swasta. Misalnya di Lembaga Penelitian, Hutan Tanaman Industri, hingga Biro Konsultan Kehutanan. Ini juga cocok bagi orang yang memiliki Jiwa Wirausaha. Misalnya, bisa membuka usaha kayu maupun rotan.

Baca juga:  Apa saja Organ Pencernaan pada Manusia dan Fungsinya?

3.Manajemen Transportasi

Manajemen Transportasi adalah program studi yang mempelajari tentang perencanaan, perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem transportasi di berbagai jenis transportasi. Ini termasuk transportasi darat, laut dan udara. Kamu juga akan belajar tentang cara menghitung biaya operasional kendaraan, menganalisa kebijakan tarif, hingga menganalisa rute transportasi yang paling efektif dan efisien.

4.Ilmu Arkeologi

Jika kamu tertarik belajar tentang budaya yang berbeda, baik dulu maupun sekarang, Ilmu Arkeologi mungkin menjadi salah satu opsi yang bisa kamu pilih. Ilmu Arkeologi juga dikenal dengan sebutan ilmu kepurbakalaan. Ilmu ini mempelajari kebudayaan umat (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan.

Lulusan jurusan ini memiliki peluang besar untuk menjadi Arkeolog. Melalui penggalian dan kerja lapangan, para arkeolog mengungkap sisa-sisa material peradaban masa lalu dan mengumpulkan petunjuk untuk membuat gambaran tentang bagaimana orang-orang ini pernah hidup.

Baca juga:  Jurusan di Fisip UI Apa Saja? Cek Daftarnya Disini

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak jurusan SNMPTN sepi peminat lainnya yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mencari referensi lainnya sebagai bahan pertimbangn atau tambahan pengetahuan baru bagi kamu.

Sumber:
https://www.zenius.net/blog/jurusan-snmptn-yang-jarang-diminati
https://mamikos.com/konten/jurusan-snmptn-sepi-peminat-peluang-kerja-besar