Rangkuman Tabel Partikel Penyusun Atom? Baca Disini

tabel partikel penyusun atom
sumber gambar : slideplayer.info

OMTELOLET – Kamu ingin mempelajari tentang Rangkuman Tabel Partikel Penyusun Atom? baca disini, karena melalui artikel ini kamu akan mendapatkannya. Sebenarnya, semua mahluk hidup beserta berbagai benda yang ada di Bumi ini tersusun dari satuan-satuan partikel yang sangatlah kecil.

Sekumpulan partikel berukuran kecil tersebut telah tersusun dengan sendirinya, hingga mampu berbagai eksistensi kehidupan manusia dan berbagai benda yang ada di Bumi. Bahkan, Sel dengan ukuran terkecil pun masih terbentuk atas sekumpulan Molekul. Molekul sendiri sebenarnya tersusun atas Atom, sedangkan Atom tersusun atas partikel lainnya yang jauh lebih kecil.

Tabel Partikel Penyusun Atom

Partikel merupakan bagain terkecil pada suatu materi dengan sifat yang dimilikinya, baik berupa Atom, molekul maupun Ion. Satu hal terpenting adalah, bahwa komponen utama dari penyusun benda dan mahluk hidup adalah Atom.

Baca juga:  Review Brain Academy Center vs Primagama? Begini Hasilnya

Partikel penyusun Atom sendiri merupakan Inti atom dan awan elektron yang mengelilingnya, sedangkan inti atom tersusun atas proton positif dan neutron negatif.

Atom merupakan suatu satuan dasar materi, pun juga bagian terkecil pada sebuah unsur yang masih mengandung sifat unsurnya. Namun, tetap saja pada dasarnya, Atom memiliki susunan yang lebih kecil lagi dan disebut sebagai Subatom.  Yakni, Proton (p), Neutron (n) dan juga Elektron (e).

tabel partikel penyusun atom
sumber gambar : slideplayer.info

Rangkuman penjelasan yang lebih rinci, yakni sebagaimana uraian berikut ini ;

Proton Penyusun Atom

Proton memiliki muatan positif sebesar +1,6 x 10-19 coloumb, atau sebesar +1 dalam satuan muatan relatif. Serta, memiliki massa sebesar 1,673 ×10⁻²⁷ kg. Nilai ini biasanya dianggap sama dengan nilai 1 dalam satuan massa relatif atom.

Baca juga:  Lulusan Computer Science Jadi Apa? Berikut Info Lengkapnya

Proton termasuk memiliki ‘nomor’ Atom dalam suatu unsur, semisal contoh Hidrogen yang mengandung 1 Proton dan nomor Atom 1. Sedangkan, Helium tersusun atas 2 Proton serta nomor Atom 2, begitupun Litium yang punya 3 Proton dan juga nomor Atom 3.

Partikel Neutron Penyusun Atom

Neutron tidaklah mempunyai muatan apapun, dengan massa sebesar 1,675 ×10⁻²⁷ kg. Baik Proton maupun Elektron memiliki besaran Massa yang hampir setara sama besarnya, serta sama-sama menyusun inti atom dan lekat dengan energi pengikat inti atomnya.

Bilamana unsur energi pengikatnya rendah, maka bisa menyebabkan proton dan neutron terlepas dan memicu radiasi elektromagnetik. Maka, unsur-unsur tersebutlah yang kemudian dikenal sebagai unsur radioaktif seperti uranium dan plutonium.

Baca juga:  8 Pertanyaan Wawancara Beasiswa yang Sering Keluar Beserta Jawaban

Elektron

Elektron memiliki muatan yang bersifat negatif, sebesar -1,6 x 10-19 coloumb, atau sebesar -1 dalam satuan muatan relatif. Sedangkan massanya sebesar 9,1 ×10⁻31 kg, jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan dua partikel lainnya. Bahkan dalam skala perbandingannya, mencapai 2000 kali lebih besar ketimbang massa dari Elektron.

Sebab massa Elektron yang terbilang sangatlah kecil, massa sebuah Atom hanya tersusun atas massa proton dan massa neutron saja. Secara posisi, Elektron terletak pada lapisan kulit Atom, tepatnya berada pada bagian terluar atom disekitar inti atom.

 

sumber referensi : https://serupa.id/partikel-penyusun-atom-benda-dan-makhluk-hidup/