Rangkuman Materi Tirani Matahari Terbit Singkat dan Jelas

Sumber gambar: asaldansejarah45.com

Salah satu materi sejarah di kelas 11 yaitu tirani matahari terbit. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas rangkuman materi tirani matahari agar kamu bisa mengetahui poin penting yang perlu kamu pahami pada materi tersebut. 

Apa itu Tirani Matahari Terbit?

Tirani dalam KBBI diartikan sebagai kekuasaan yang digunakan sewenang-wenang. Tirani dalam hal ini digunakan sebagai kata yang menggambarkan tindakan otoriter dan kekejaman Jepang di Indonesia. Matahari Terbit adalah penamaan untuk negara Jepang. Penamaan ini didasarkan letak Jepang jika dilihat dari Indonesia berada di arah timur, seperti saat matahari terbit. Maka pada materi tirani matahari terbit ini akan dibahas terkait penjajahan Jepang di Indonesia. 

Baca juga:  Review Brain Academy Center Vs Ganesha Operation

Bagaimana Kedatangan Saudara Tua ke Indonesia?

Saudara tua atau Jepang, adalah salah satu penjajah Indonesia. Sejak negara ini berkembang menjadi negara industri, ia membutuhkan daerah untuk dimanfaatkan sumber daya alamnya, salah satunya Indonesia yang memang kaya akan hasil alam. 

Awal kedatangan Jepang disambut hangat oleh bangsa Indonesia. Kala itu, Jepang dianggap saudara tua yang dapat membebaskan Indonesia dari penjajahan Belanda. Hal ini diperkuat pula oleh ramalan Jayabaya tentang pulau Jawa yang akan dikuasai oleh orang berkulit putih. 

Jepang masuk ke Indonesia pada tahun 1942. Awalnya, Jepang mendarat di Ambon dan seluruh Maluku kemudian perlahan-lahan menguasai sebagian besar wilayah Indonesia. Pada tanggal 8 maret 1942, Belanda menandatangani penyerahan tidak bersyarat Indonesia kepada Jepang. 

Baca juga:  Jurusan Ekonomi Manajemen Belajar Apa Saja? Yuk, Temukan Disini

Pembentukan Pemerintahan Militer

Pemerintah Jepang membentuk pemerintahan militer di Indonesia dengan melibatkan penduduk lokal. Di seluruh kepulauan Indonesia, dibentuk tiga wilayah pemerintahan militer, yaitu: 

  1. Pemerintahan militer Angkatan Darat yang pusatnya di Bukit tinggi. Pemerintahan militer ini adalah Tentara Kedua Puluh Lima (Tomi Shudan) untuk Sumatera. 
  2. Pemerintahan militer Angkatan Darat yang pusatnya di Jakarta yang kemudian kekuatannya ditambah dengan Angkatan Laut (Dai Ni Nankenkantai). Pemerintahan militer ini adalah  Tentara Keenam Belas (Asamu Shudan) untuk Jawa dan Madura. Kekuatannya kemudian ditambah
  3. Pemerintahan militer Angkatan Laut, yaitu Armada Selatan Kedua yang pusatnya di Makassar untuk daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang 

Jepang membentuk berbagai jenis organisasi pada saat pendudukannya, diantaranya yaitu: 

Baca juga:  Review Bimbel Brain Academy Center: Harga, Fasilitas & Keunggulannya

1.Organisasi yang Sifatnya Sosial Kemasyarakatan 

Terdapat berbagai organisasi yang sifatnya sosial kemasyarakatan, diantaranya gerakan  tiga A, gerakan tenaga rakyat (Putera), Jawa hokokai, Majelis Islam A’la Indonesia (MIAI) dan Majelis Syura Muslimin (Masyumi).

2.Organisasi Semi Militer

Beberapa Organisasi bentukan Jepang yang sifatnya semi militer, diantaranya seinendan, keibodan, Pengerahan Tenaga Pemuda, Hizbullah, barisan pelopor. 

Itulah rangkuman materi tirani matahari terbit. Semoga bermanfaat dan membuat kamu lebih paham terkait materi tersebut.