Rangkuman Materi IPA Tentang Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Gambar dari Pexels

Pernahkah kamu memperhatikan wujud dari benda yang ada disekitarmu? Kamu mungkin akan mendapati benda dengan bentuk padat, cair dan gas. Benda-benda tersebut dapat mengalami perubahan wujud misalnya dari padat ke cair, cair ke gas, dan sebagainya. Perubahan tersebut dipelajari dalam ilmu sains.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas rangkuman materi IPA tentang klasifikasi materi dan perubahannya secara ringkas dan jelas.

Klasifikasi Materi

Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan dapat menempati ruang tertentu. Mengklasifikasi materi dilakukan dengan mengelompokkan materi tersebut sesuai dengan karakteristik dan kesamaan sifat yang dimiliki. Materi berdasarkan wujudnya dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu zat padat, cair dan gas.

Baca juga:  Bagaimana Proses Terbentuknya Lembaga Sosial? Ini Jawabannya!

Zat padat adalah beberapa jenis logam, misalnya besi, seng dan emas. Zat cair adalah zat yang dapat berubah bentuk sesuai dengan wadah yang ditempati, misalnya air, minyak dan bensin. Zat gas adalah benda yang juga mengikuti wadahnya namun tidak dapat disentuh tapi bisa dirasakan, misalnya asap, udara, dan uap air.

Perubahan Wujud Materi

Wujud materi yang berupa zat cair, padat dan gas dapat berubah wujud menjadi zat berbeda. Dalam perubahan ini, terdapat beberapa perubahan wujud yang mungkin pernah kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Ini termasuk:

1.Mencair

Mencair adalah perubahan wujud materi dari benda padat menjadi cair. Contohnya yaitu es batu yang diletakkan di bawah sinar matahari langsung pasti akan meleleh.

Baca juga:  Membahas Bagaimana Cara Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara

2.Membeku

Membeku adalah perubahan dari zat cair ke padat. Faktor yang biasa menjadi penyebabnya adalah benda diletakkan pada suhu yang terlalu dingin. Misalnya menyimpan air minum ke dalam freezer/kulkas akan menyebabkan air tersebut menjadi padat.

3.Menguap

Menguap adalah perubahan wujud dari zat cair ke gas. Sama seperti mencair, menguap disebabkan karena suhu terlalu tinggi atau panas. Contohnya saat merebus air hingga mendidih, lama kelamaan air akan menguap bahkan sampai air di panci habis.

4.Menyublim

Menyublim yaitu perubahan dari padat menjadi gas. Misalnya saat menggunakan kapur barus yang lama kelamaan makin habis. Hal ini terjadi karena komponen yang ada didalamnya menyublim ke udara.

Baca juga:  Apa Itu Teks Tanggapan? Ini Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

5.Mengembun

Mengembun adalah perubahan dari gas ke cair. Salah satu contoh peristiwa mengembun ini bisa kita temui pada daun di pagi hari. Daun yang basah pada pagi hari disebabkan oleh udara yang dingin mengubah gas menjadi cair.

6.Mengkristal

Mengkristal adalah perubahan wujud dari gas ke padat. Contoh perubahan wujud ini yaitu terjadinya salju.

Itulah rangkuman materi IPA tentang klasifikasi materi dan perubahannya. Perubahan mana yang pernah kamu lihat secara langsung?