Rangkuman Lapisan Bumi yang Singkat dan Jelas

Foto oleh Pixabay

Bumi adalah tempat manusia, hewan dan tumbuhan hidup. Pada bumi terdapat komponen-komponen seperti air, udara dan tanah yang sehingga makhluk hidup bisa bertahan di dalamnya. Artikel ini akan menampilkan rangkuman lapisan bumi yang menjadi salah satu materi mata pelajaran IPA di sekolah. 

Lapisan Pembentuk Bumi

Bumi terdiri dari 3 lapisan pembentuk, yaitu lapisan terluar atau atmosfer, lapisan padatan atau litosfer, dan lapisan air atau hidrosfer. Berikut penjelasannya 

A. Atmosfer

Atmosfer adalah lapisan bumi terluar yang menyelimuti berupa lapisan uap (udara). Atmosfer tersusun dari 78% gas hidrogen, 21% oksigen, dan 1% karbondioksida, argon,  xenom serta gas lainnya. 

Baca juga:  Apa Penyebab Runtuhnya Kerajaan Samudra Pasai? Yuk, Cari Tahu Disini

Atmosfer ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian bawah (mendekati bumi) dan bagian atas (yang paling jauh). Bagian bawah terdiri dari troposfer dan stratosfer. Bagian atas terdiri dari mesosfer, termosfer dan eksosfer. 

  • Troposfer yaitu lapisan atmosfer paling bawah, di mana ketinggiannya 0-10 km di atas permukaan laut. Lapisan ini terdiri uap air dan gas-gas atmosfer. Pada lapisan inilah terbentuk hujan, angin, awan dan, salju.  
  • Stratosfer yaitu lapisan diatas troposfer dimana ketinggiannya di antara 10-50 km di atas permukaan laut. Di lapisan inilah yang menjadi lintasan pesawat sebab memiliki sedikit awan namun tidak ada aktivitas cuaca. 
  • Mesosfer yaitu lapisan yang berada di atas stratosfer, ketinggiannya sekitar 50-85 km di atas permukaan laut. Di lapisan menjadi lapisan pelindung bagi bumi dari benda-benda asing luar angkasa.  
  • Termosfer yaitu lapisan yang memiliki suhu sangat panas dan menjadi pelindung bumi dari radiasi ultraviolet. Ketinggian lapisan ini yaitu 85-500 km di atas permukaan laut. 
  • Eksosfer yaitu lapisan atmosfer terluar yang ketinggiannya lebih dari 500 km di atas permukaan laut. Pada lapisan inilah terdapat satelit buatan yang mengitari bumi. 
Baca juga:  Mengenal Apa itu Peta Konsep? Pengertian, Jenis dan Contohnya

B. Litosfer

Litosfer adalah lapisan bumi yang berupa padatan (tanah). Struktur litosfer meliputi kerak bumi, mantel dan inti bumi. 

  • Kerak bumi berada di lapisan terluar padatan di bumi. Ketebalannya berbeda-beda, misalnya di daratan ketebalannya 25-40 km dan di pegunungan 70 km. 
  • Mantel bumi berada bawah kerak bumi dan kedalamannya 40-3.000 km di bawah permukaan bumi. 
  • Inti bumi terdiri dari inti luar dan inti dalam.  

C.Hidrosfer 

Hidrosfer adalah lapisan bumi berupa air yang meliputi danau, laut, sungai, samudra dan uap air di udara. 

Nah, itulah rangkuman lapisan bumi yang singkat dan jelas. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mendapat poin penting atau memahami seputar materi tersebut. 

Baca juga:  Baca Disini, Cara Buat KIP Kuliah