Proses Terjadinya Global Warming yang Perlu Kamu Tahu

Sumber: merdeka.com

OMTELOLET – Pemanasan global merupakan fenomena perubahan iklim yang ekstrem. Fenomena ini saat ini tengah disoroti oleh berbagai pihak, terutama lembaga peduli lingkungan. Pasalnya, kenaikan suhu bumi ini dinilai sangatlah ekstrem. Lantas, bagaimana proses terjadinya global warming atau pemanasan global ini?

Proses pemanasan global terjadi ketika terdapat kenaikan suhu bumi yang disebabkan oleh berbagai faktor. Hal ini sangatlah memengaruhi keberlangsungan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Namun, sebagian besar faktor global warming adalah aktivitas manusia sendiri. Langsung saja simak uraian berikut untuk mengetahui terjadinya global warming.

Begini Proses Terjadinya Global Warming

Jadi, fenomena pemanasan global ini bisa dipicu oleh beragam aktivtas manusia, terutama yang berkaitan dengan pengunaan bahan fosil dan alih guna lahan.Kegiatan ini menghasilkan gas-gas yang semakin lama semakin banyak jumlahnya di atmosfer, terutama gas karbon dioksida (CO2).

Baca juga:  Inilah Daftar Fakultas dan Jurusan Program Sarjana-Vokasi di UI, Mana Pilihan Kamu?

Gas karbon dioksida yang menumpuk kemudian akan tertahan di atmosfer bumi. Penumpukan karbon dioksida yang ada pada atmosfer tersebut akan menaham panas dari permukaan bumi untuk keluar. Hal itulah yang kemudian disebut sebagai efek rumah kaca.

Proses terjadinya pemanasan global ini secara umum dikarenakan adanya kenaikan suhu bumi yang disebabkan oleh hal-hal tersebut. Jadi, peningkatan suhu dalam rumah kaca itu terjadi karena adanya pantulan sinar matahari yang terhalang oleh dinding kaca.

Maka, udara udara panas yang ada di dalam tidak dapat keluar. Hal itulah yang terjadi pada fenomena pemanasan global. Artinya, tumpukan karbon disioksida yang ada di atmosfer tersebut menahan panas keluar. Itulah yang menyebabkan suhu di bumi semakin panas.

Baca juga:  Bagaimana Komposisi Keanggotaan PPKI? Begini Sejarahnya

Penyebab Pemanasan Global

Fenomena pemanasan global akibat perubahan iklim yang ekstrem ini telah menyebabkan gletser abadi yang berada di kutub utara mencair drastic. Bahkan, menurut laporan NASA, kini kenaikan suhu bumi telah mencapai 7 derajat celcius.

Adapun aktivitas manusia yang dapat memperbanyak produksi gas karbon dioksida adalah pembakaran bahan fosil, seperti batu bara, minyak, dan gas bumi. Ditambah lagi dengan adanya aktivitas penggundulan hutan yang serampangan.

Hal itu membuat kadar CO2 di atmosfer semakin tidak terkendali. Sebab, tanaman yang membutuhkan CO2 sebagai proses fotosintesis sudah sangat berkurang.

Nah, itulah penjelasan mengenai proses terjadinya global warming yang bisa kamu ketahui. Semoga uraian ini bisa membantu Anda menjawab pertanyaan terkait pemanasan global atau global warming tersebut.

Baca juga:  Macam-Macam Gaya Belajar yang Harus diKetahui