Proses Terjadinya Angin Laut

Sumber: kompascom

Pernahkah kamu berlibur ke pantai? Jika pernah, kamu pasti merasakan sejuknya angin pantai, bukan? Nah, sebenarnya, kenapa ketika di laut kita bisa merasakan kesejukan yang luar biasa meskipun dalam keadaan panas sekalipun? Hal itu karena adanya proses terjadinya angin laut.

Nah, lantas seperti apa, sih proses adanya angin laut tersebut dan apa bedanya dengan angin yang ada di daratan pada umumnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka pada uraian kali ini akan dijelaskan bagaimana proses terjadinya angin laut tersebut.

Apa Itu Angin Laut?

Angin laut merupakan sirkulasi angin yang terbentuk di daerah pantai ketika adanya perbedaan besar antara suhu udara di darat dan suhu udara di atas air. Hal tersebut terjadi karena tanah memiliki sifat untuk memanas secara lebih cepat ketimbang air.

Baca juga:  Sukses UTBK dengan Fitur ruangbelajar di Ruangguru, Cek Harga Paket Sekarang!

Sehingga, pada umumnya, terdapat perbedaan besar antara suhu kedua unsur tersebut. Lantas bagaimana proses terbentuknya angin laut tersebut

Proses Terbentuknya Angin Laut

Adapun proses angin laut tersebut terjadi ketika udara menghangat dan tidak stabil, seperti halnya kenaikan suhu udara di daratan. Naiknya udara tersebut mampu menciptakan area kecil dengan tekanan udara yang lebih rendah di permukaan tanah.

Oleh sebab itulah, muncul suatu tindakan penyeimbangan alam melalui udara yang lebih dingin di atas permukaan laut. Kemudian udara tersebut tertiup menuju daratan. Dengan kata lain, angin dari laut tertiup ke daratan.

Tujuannya adalah untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh udara yang naik, kemudian menciptakan sirkulasi udara di siang hari.

Baca juga:  Mengapa Manusia Disebut Makhluk Sosial?

Selanjutnya, ketika udara dingin yang tersisa di atas air mulai tumpah ke daratan, kelembapan udara akan naik sedikit. Meski suhu udara cenderung turun sebanyak 12,2 derajat hingga minus 9,4 derjat Celcius untuk melewatinya.

Namun, meskipun berasal dari laut, kita tidak harus berada di pantai untuk merasakannya. Sebab, angin lait tersebut mampu berhembus sejauh 80,4 KM ke daratan di beberapa lokasi.

Kapan Berlangsungnya Proses Terjadinya Angin Laut?

Angin laut sendiri terjadi pada saat pagi hingga matahari mulai terbena,. Saat matahari terbenam, efek yang berlaku akan sebaliknya. Jadi, angin laut adalah penyeimbang atmosfer yang hebat karena dapat mengangkut panas, kelembapan, dan demu hingga jarak terjaduh ke seluruh dunia.

Baca juga:  Foto Organ Pencernaan dan Mengenal Fungsi-Fungsinya

Nah, demikian uraian menganai proses terjadinya angin laut yang bisa kamu ketahui. Semoga dengan uraian ini kamu bisa terbantu untuk mengetahui proses tersebut.