Proses Pencernaan Usus Halus

Sumber: siswapedia.com

OMTELOLET – Usus halus merupakan salah satu organ yang dilalui dalam proses sistem pencernaan. Tak kalah penting dengan lambung, usus halus ini memiliki peran yang juga cukup signifikan terhadap proses pencernaan. Lantas, bagaimana sebenarnya proses pencernaan usus halus tersebut?

Seperti yang diketahui bahwa aktivitas makan pada manusia berfungsi untuk menyuplai nutrisi dan energi bagi tubuh. Nah, pada usus halus inilah makanan kemudian diserap nutrisinya untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Untuk mengetahui proses pencernaan pada usus halus tersebut simak uraian berikut.

Fungsi Umum Usus Halus

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di antara fungsi usus halus adalah memecah dan menyerap nutrisi makanan. Proses pencernaa yang terjadi di usus halus sendiri merupakan proses kimiawi. Untuk mengerti dan memahami proses pencernaan kimiawi, sebaiknya simak bagian-bagian dan peran usus berikut ini.

Baca juga:  Daftar Lengkap Jurusan dan Biaya Kuliah di Untirta 2022, Cek Disini Sekarang!

Bagian-Bagian dan Proses Pencernaan Usus Halus

Sebelum mengulas secara detail mengenai fungsi usus halus, baiknya kamu mengenal terlebih dahulu bagian-bagian dari usus halus. Adapun bagian-bagian dari usus halus sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Usus Dua Belas Jari

Bagian dari usus halus yang pertama adalah usus dua belas jari atau dalam bahasa ilmiahnya adalah duodenum. Usus dua belas jari ini merupakan bagian paling pendek dalam usus halus, yakni kisaran 20 hingga 25 cm saja.

Di lihat dari bentuknya, usus dua belas jari ini berbentuk lengkungan seperti huruf C yang mengelilingi pancreas. Letaknya berada di dekat kelenjar pencernaan, sehingga usus ini mudah menerima enzim pencernaan dari pancreas dan empedu dari hati.

  1. Usus Kosong

Usus kosong atau yang biasa disebut jejunum merupakan bagian kedua setelah duodenum. Bagian ini memiliki ukuran yang lebih panjang dibanding duodenum, yakni sekitar 2,5 meter. Di dalamnya, terdapat lapisan yang tersusun berupa lipatan yang disebut jonjot usus atau vill.

Lipatan tersebut berfungsi untuk meperluas permukaan usus halus, sehingga dapat menyerap nutrisi dengan lebih sempurna.

  1. Usus Penyerapan

Bagian terakhir ini merupaan bagian terpenting pada usus halus, yakni usus penyerapan atau ileum. Bagian ini memiliki panjang 3 meter dan berbetasan langsung dengan sekum yang merupakan bagian awal dari usus besar.

Baca juga:  Apa saja Peninggalan dari Kerajaan Majapahit? Cek Jawabannya Disini

Pada bagian ini akan terjadi penyerapan vitamin B12 dan garam empedu yang kamudian akan didaur ulang menjadi cairan empedu.

Dari beberapa bagian usus halus di atas, maka dapat disimpulkan terdapat beberapa fungsi usus halus, yakni sebagai berikut.

  • Menyerap nutrisi
  • Membantu penyerapan vitamin dan mineral
  • Penetral makanan
  • Menyeimbankan cairan dan elektrolit
  • Melawan bakteri

Nah, itulah uraian mengenai proses pencernaan usus halus yang bisa kamu ketahui. Semoga uraian ini bisa membantu kamu dalam menjawab pertanyaan tersebut.