Proses Pembuatan Ikan Asin, Metode Penggaraman

Sumber: kompas.com

OMTELOLET – Ikan asin menjadi salah satu makanan khas yang populer di Indonesia. Tak dapat dimungkiri bahwa kehadiran ikan asin menjadi salah satu kekayaan cita rasa makanan Indonesia. Nah, sebenarnya bagaimana proses pembuatan ikan asin tersebut dan apakah prosesnya aman?

Membuat ikan asin dengan rasa yang enak belum tentu dapat dilakukan oleh semua orang. Nah, proses pembuatan ikan asin itulah yang memengaruhi rasa yang dihasilkan. Seperti halnya komposisi antara garam dan besar kecilnya ikan pun memengaruhi. Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Bahan Baku Pembuatan Ikan Asin

Tak banyak bahan baku yang dibutuhkan dalam proses ikan asin ini. Adapun bahan dasar yang dibutuhkan dalam pembuatannya adalah ikan dan garam. Untuk dapat menghasilkan rasa yang nikmat, Anda tidak bisa serampangan dalam memilih ikan serta garam tersebut.

  1. Ikan

Untuk bisa melakukan pembuatan ikan asin dengan rasa yang maksimal, sebaiknya Anda memilih ikan yang masih segar. Pasalnya, kesegaran ikan sangat menentukan mutu ikan asin yang akan dibuat. Adapun ikan yang menjadi bahan baku pembuatan ikan asin dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian.

  • Ikan besar, misalnya tenggiri, tongkol, kakap, menyung, dan sebagainya
  • Ikan sedang, seperti ikan kembung, layang atau pindang, tiga wajah, dan sebagainya
  • Ikan kecil, misalnya ikan petek dan teri
Baca juga:  Menjawab Pertanyaan, Apa Itu Bipolar? Semuanya Terjawab Disini

Sebagai informasi, ikan yang berukuran besar perlu disiangi, yakni dibersihkan sisik, insang, dan isi perutnya. Setelah itu, dibelah sepanjang garis punggungnya kea rah pert (tetapi tidak sampai terbelah dua). Bagian yang dirasa masih tebal kemudian disayat miring pada bagian sampingnya.

Namun, jika mengunakan ikan sedang atau kecil bisa dilakukan pembelahan atau tanpa dibelah. Cukup dengan dicuci menggunakan air bersih.

  1. Garam

Garam digunakan dalam proses ini karena dapat menghambat atau membunuh bakteri penyebab pembusukan pada ikan. Oleh karena itu, kemurnian garam pun akan menentukan pembuatan ikan asin tersebut. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah garam yang masih murni belum ada campuran.

Baca juga:  Rumus Diskriminan dan Cara Menghitungnya

Metode Penggaraman

Adapun proses pengaraman yang dapat dilakukan dalam membuat ikan asin dapat menggunakan beberapa cara berikut.

  • Penggaraman kering (dry salting), menggunakan garam kristal, setiap lapisan ikan diselingi lapisan garam
  • Penggaraman basah (wet salting)
  • Penggaraman kench saltin, sama dengan metode penggaraman kering, bedanya, car aini menggunakan kedap air

Nah, itulah proses pembuatan ikan asin yang dapat Anda ketahui. Semoga uraian ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat ikan asin.