Proses Mendengar Pada Manusia, Begini Alurnya

Sumber: kompas.com

OMTELOLET – Suara yang bisa terdengar di telinga kita tidak terjadi begitu saja. Ia ternyata memiliki proses yang panjang untuk sampai pada telinga dan dicerna sebagai sumber suara. Untuk lebih menghargai kesehatan telinga, kamu harus tahu bagaimana proses mendengar pada manusia.

Proses mendengar terjadi ketika suara mulai ditangkap oleh telinga bagian luar, kemudian diterukan hingga ke otak untuk dicerna. Seperti yang kita ketahui, telinga memiliki tiga bagian utama, yakni telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Jadi, pada proses mendengar ini, semua bagian telinga saling berkesinambungan.

Memahami Proses Mendengar Pada Manusia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, proses mendengar diawali dengan adanya suara di sekitar yang ditangkap oleh telinga bagian luar. Getaran atau gelombang suara tersebut kemudian diteruskan ke bagian telinga tengah, hingga memberi tekanan atau pukulan pada gendang telinga (membrane timpani).

Baca juga:  Sejarah Pramuka Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Nah, ketika gendang telinga ini bergetar, maka getaran tersebut akan diteruskan ke tulang pendengaran. Tulang pendengaran kemudian akan memperkuat getaran dan mengirimkannya ke telinga bagian dalam. Setelah mencapai telinga bagian dalam, getaran akan diubah menjadi impuls listrik yang dikirkan ke saraf pendengaran pada otak.

Otak kemudian akan menerjemahkan impuls ini sebagai suara. Selain itu, perlu diketahui bahwa telinga tidak hanya berfungsi sebagai organ pendengaran. Namun, juga memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Fungsi-fungsi tersebut secara khusus didukung oleh kerja sama dengan orang lain. Adapun beberapa organ yang saling terkait dalam menjaga keseimbangan tubuh adalah sebagai berikut.

  • Telinga bagian dalam
  • Berbagai resesptor tubuh, seperti kulit, persendian, dan otot
  • Mata
Baca juga:  Bagaimana Sejarah Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu Budha di Indonesia?

Kenali Bagian-Bagian Telinga yang Mendukung Proses Mendengar

Agar kamu lebih memahami proses mendengar pada manusia, baiknya kamu juga mengenali bagian-bagian telinga. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Telinga Luar – Bagian ini berfungsi sebagai corong yang menangkap dan mengumpulkan gelombang suara serta kemudian menyalurkannya hingga ke gendang telinga. Telinga luar sendiri terdiri dari dua bagian, yakni daun telinga dan saluran telinga.
  • Telinga Tengah – Bagian ini berfungsi untuk memindahkan getaran suara dari gendang telinga menuju telinga bagian dalam. Terdapat tiga tulang pendengaran yang Menyusun telinga tengah dan berfungsi mengantarkan suara, yakni maleus, incus, dan stapes
  • Teliga Dalam – Bagian ini berfungsi untuk menyalurkan suara ke sistem saraf pusat atau otak serta membantu menjaga keseimbangan tubuh. Telinga dalam terdiri dari koklea dan organa korti.
Baca juga:  Keunggulan Paket Multi Year Brain Academy

Nah, demikian uraian mengenai proses mendengar pada manusia yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat.