Pria Wajib Tahu, Ini Kewajiban Suami Terhadap Istri

kewajiban suami terhadap istri
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Sebagai kepala keluarga yang bertanggungjawab, sudah selayaknya bagi anda untuk wajib memahami kewajiban suami terhadap Istri. Agar, perjalanan dalam membina kehidupan berumah tangga bisa berjalan dengan harmonis.

Keluarga yang bahagia tak akan lepas dari peranan suami dan istri yang saling melengkapi dalam berbagai hal yang dilalui. Termasuk para suami, yang wajib memahami kewajiban suami terhadap istri dalam membina kehidupan berumah tangga.

Ada beberapa kewajiban suami yang wajib anda pahami, baik sebagai tugas maupun tanggung jawab. Memenuhi segala kewajiban terhadap istri tak hanya menjadikan anda suami yang baik. Hal itu juga akan turut berkontribusi besar dalam membina hubungan suami istri yang harmonis.

Baca juga:  Inilah Momen Lisa BLACKPINK, V BTS, dan Park Bo Gum Berada dalam Satu Jet Pribadi ke Paris

Berikut ini adalah beberapa kewajiban suami terhadap istri yang penting untuk dipahami.

Kewajiban Suami Terhadap Istri

Bertutur Kata dengan Lembut

hal itu sangatlah penting sebagai modal dasar dalam membina hubungan rumah tangga yang harmonis. Menjalani dan melalui berbagai hal dan masalah yang ada haruslah dibicarakan dengan baik. Hal itu, berarti bahwa suami wajib bertutur kata dengan lembut agar tidak melukai hati istri.

Memaafkan Kesalahan Istri

Menjalin hubungan dalam lingkup rumah tangga akan selalu menemui berbagai dinamika persoalan yang ada. Termasuk, ketika ada saatnya istri melakukan kesalahan, maka suami wajib untuk memaafkan kesalahan istri. Kewajiban suami tehadap istri memanglah memaafkan berbagai kesalahannya, sehingga, suami bisa menasihati istri sebagai suatu pembelajaran.

Baca juga:  Heboh! 2 Asisten Pribadi Hotman Paris Ungkap Keuntungan Kerja yang Tak Hanya Diberi Gaji

Tidak Mendebat Istri

Suami yang baik tidak akan pernah mendebat istrinya saat berada dalam situasi yang bermasalah. Mendebat istri justru tidak akan menyelesaikan masalah, hanya akan memperpanjang masalah. Agar menjadi kepala keluarga yang bijak, kewajiban suami terhadap istri adalah dengan tidak mendebat istri dalam setiap permasalahan. Suami wajib membicarakannya dengan baik dan menasihatinya.

kewajiban suami terhadap istri
sumber gambar ; unsplash.com

Menafkahi Secara Halal

Sebagai kepala keluarga, seorang suami wajib untuk menafkahi istri dan keluarga dengan cara yang halal. Artinya bahwa, suami harus bisa memperoleh pekerjaan secara halal, agar kehidupan rumah tangganya menjadi berkah dan penuh barokah.

Menyediakan Rumah yang Layak

Sebagai kepala rumah tanggga, suami wajib untuk menyediakan rumah yang layak huni kepada istri. Hal itu sebagai bentuk kewajiban suami terhadap istri dalam membina hubungan berumah tangga.

Baca juga:  Heboh! Kini Jadi Crazy Rich Aceh, Intip Profil Shella Saukia yang Ternyata Pernah Huni Rumah Bantuan Tsunami

Menjaga Aib Istri

Persoalan rumah tangga merupakan hal yang bersifat privasi, sehingga orang lain tidak perlu sampai mengetahuinya. Artinya, salah satu kewajiban suami terhadap istri adalah dengan menjaga aibnya, agar kehidupan rumah tangga tetap harmonis.

sumber referensi ; https://www.orami.co.id/magazine/kewajiban-suami-terhadap-istri-dalam-islam