[POPULER TREN] Indonesia Resmi Membeli Jet Tempur Rafale untuk Pasukan TNI, Cek Spesifikasi Buatan Perancis Ini

Kabar gembira datang untuk pasukan TNI Indonesia yang membeli jet tempur Rafale buatan Perancis. Topik ini menjadi berita populer yang wajib banget diketahui oleh warganet.

Indonesia memang berencana membeli jet tempur Rafale dari Dassault Perancis untuk semakin memperkuat pertahanan udara RI.

Yuk cek spesifikasi dan harga jet tempur Rafale berikut ini.

Indonesia berencana membeli beberapa unit jet tempur Dassault Rafale bikinan Perancis. Rencana tersebut sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu.

Dilansir dari Kompas.com, progres rencana pembelian jet tersebut sudah pada tahap pengaktifan kontrak pembelian.

“Rafale sudah agak maju, saya kira tinggal mengaktifkan kontrak saja,” ujar Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dikutip dari Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Baca juga:  Peringati Hari Perawat Nasional, Jokowi Ucapkan Terima Kasih Untuk Terdepan Perangi Pandemi

Bentuk Peningkatan Pertahanan TNI

Upaya modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimotori Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto perlahan kian menemukan langkah maju.

Progres itu didapatkan terutama untuk matra udara dengan kesuksesan Prabowo mengakuisisi enam jet generasi 4,5, Dassault Rafale produksi Dassault Aviation asal Perancis.

Akuisisi ini terjadi setelah adanya penandatanganan antara Kemenhan dan pihak Dassault Aviation di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Menhan Prancis Florence Parly yang hadir dalam kesempatan itu turut menyaksikan penandatanganan dokumen tersebut bersama Prabowo.

Dalam upaya modernisasi pesawat tempur TNI AU, ternyata Prabowo mengincar 42 jet Rafale.

Jumlah itu melebihi dari wacana semula, yakni sebanyak 36 unit Rafale. Kendati demikian, baru enam unit yang direalisasikan.

Baca juga:  Sedang Trending di YouTube, Fabio Asher 'Rumah Singgah', Ini Lirik Lagunya

“Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk enam pesawat,” kata Prabowo dalam rekaman suara yang diterima awak media, Kamis (10/2/2022).

Selepas keberhasilan Indonesia mengakuisisi enam jet Rafale pada tahap awal, Prabowo memastikan 36 unit sisanya akan segera menyusul dalam waktu dekat.

“Akan disusul dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi,” kata Prabowo.

Dengan jumlah 42 unit, otomatis jumlah jet Rafale yang akan diboyong Indonesia melebihi dari target semula, yakni 36 Rafale.

Selain akuisisi jet Rafale, penandatangan kontrak enam unit tersebut juga sepaket dengan adanya dukungan latihan persenjataan dari Perancis.

“Akan disusul dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi dengan dukungan latihan persenjataan dan simulator-simulator yang dibutuhkan,” terang dia.

Baca juga:  Heboh! Usai Rayyanza Lepas ASI, Nagita Slavina Ingin Program Hamil Anak Perempuan

Sumber:

https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/11/053000465/-populer-tren-spesifikasi-jet-tempur-rafale-buaya-berkalung-ban-disorot?page=all

https://nasional.kompas.com/read/2022/02/11/08325871/langkah-maju-modernisasi-alutsista-tni-bakal-borong-42-jet-rafale-hingga-2?page=all