Pidato Tentang Disiplin yang Menginspirasi

Sumber : kompas.com

Mungkin ada diantara kalian yang pernah menjadi pembicara di depan banyak orang yang biasanya kegiatan ini dilakukan pada saat berpidato. Tentu sudah tidak asing dengan kata pidato, pengertian dari pidato adalah sebuah aktivitas berbicara atau berorasi di depan umum dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat atau pemikiran pembicara. Umumnya pidato dilakukan untuk mengungkapkan suatu peristiwa atau hal yang layak untuk diperbincangkan di depan umum, contohnya seperti  pidato tentang disiplin yang akan diulas berikut ini. 

Pidato sendiri termasuk dalam salah satu materi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia. Menariknya lagi, selain pidato juga kerap digunakan sebagai ujian praktek di sekolah, tak heran pidato juga dijadikan ajang perlombaan bahkan sampai tingkat internasional. Maka dari itu dalam berpidato harus memiliki teknik yang benar dalam penyampaiannya. 

Berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik yaitu :

1. Tujuan pidatonya jelas dan tidak abu-abu

Dalam menyampaikan pidato, hal yang pertama yang dilakukan adalah menentukan tujuan yang jelas dan bersifat mengajak atau menginformasikan sesuatu hal.

2. Isi pidato harus mengandung fakta

Dalam berpidato juga harus dilandaskan sumber data yang terpercaya dan sudah terbukti kebenarannya agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Baca juga:  Mengapa Kita Tidak Bisa Mendengar Bunyi di Ruang Hampa?

3. Pidato dikemas dengan jelas dan menarik

Dalam berpidato usahakan menyampaikannya dengan jelas dan berurutan sehingga tidak terdengar terbalik-balik, serta sampaikan secara unik agar menarik.

4. Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam berpidato harus memperhatikan setiap huruf konsonan maupun vokal yang diucapkan agar terdengar jelas, serta perhatikan nada yang digunakan agar tidak terlalu pelan dan tidak terlalu kencang. 

5. Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Dalam berpidato teknik penyampaian disesuaikan dengan latar belakang pendengar, apakah masih anak-anak, remaja, dewasa, atau lansia.

Berikut adalah contoh pidato tentang kedisiplinan yang bisa kalian jadikan referensi ketika mendapat tugas untuk berpidato.

Sumber : detik.com

MARI DISIPLIN DALAM SEMUA HAL

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat sehatnya kepada kita semua sehingga kita dapat kembali berkumpul di dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi kita yaitu Nabi Muhammad SAW. Dimana telah membawa umatnya dari zaman jahiliyah hingga zaman islamiyah, dan semoga kita bisa mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Baca juga:  Inilah Jenis Organisasi Mahasiswa di Kampus, Maba Wajib Tahu!

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato tentang kedisiplinan, agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih disiplin lagi dalam kehidupan sehari – hari, semoga pidato ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Hadirin yang berbahagia

Disiplin adalah suatu dorongan yang menuntut seseorang untuk melakukan sesuatu hal dengan sebagaimana mestinya. Bahkan tanpa kita sadari bahwa kebiasaan seseorang berawal dari suatu kedisiplinan. Kita ambil contoh bahwa seseorang melakukan sholat 5 waktu setiap hari karena mereka disiplin menjalankan ibadah, menjalankan syariat agama. Hal itu membuat ia terus melakukan hal yang sama setiap hari karena sudah terbiasa bersikap disiplin. Tetapi mengapa ada orang yang tidak sholat 5 waktu? Itu karena mereka tidak terbiasa melakukan hal tersebut yang artinya orang itu tidak disiplin. Dan satu-satunya cara agar disiplin yaitu membiasakan diri untuk melakukan apapun itu. 

Sikap disiplin adalah kunci keberhasilan di semua sektor kehidupan, tidak ada satu hal pun yang berhasil kita lakukan tanpa kedisiplinan. Karena dengan disiplin maka kita akan menjadi pribadi yang kuat, teratur, dan mandiri. 

Baca juga:  Bagaimana Cara Bernyanyi yang Benar? Begini Penjelasannya

Hadirin yang berbahagia

Disiplin tidak harus dilakukan bagi mereka yang berpendidikan saja, karena bersikap disiplin adalah berawal dari kesadaran hati nurani setiap orang. Menumbuhkan sikap disiplin hanya membutuhkan tekad yang kuat serta komitmen terhadap diri sendiri untuk melakukan sesuatu secara konsisten agar terbiasa. Salah satu sikap disiplin yang paling dasar adalah membiasakan bangun pagi dan merapikan tempat tidur, dengan begitu kita sudah menumbuhkan satu sikap disiplin dalam diri kita dan harus kita tularkan ke setiap hal yang kita lakukan. 

Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menyadarkan pada diri kita pribadi akan nilai kedisiplinan-kedisiplinan tersebut. Semoga dengan sadarnya jiwa kedisiplinan pada diri kita, kita dapat menjadi orang-orang yang lebih baik kedepannya.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan dan semoga apa yang sudah saya sampaikan tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua, apabila ada kesalahan saya mohon maaf sebesar-besarnya. 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber :

https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/04/142740569/pengertian-dan-ciri-ciri-pidato