Perhatikan Ini, Tips Presentasi Agar Menarik dan Efektif

tips presentasi agar menarik dan efektif
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Keterampilan melakukan presentasi saat di sekolah, di kampus maupun di kantor tidak bisa datang begitu saja. Sebaiknya kamu harus perhatikan ini, tips presentasi agar menarik dan efektif.

Presentasi yang baik adalah presentasi yang menarik dan efektif, baik dalam hal pemaparan secara lisan maupun juga penyajian materi beserta datanya. Baik itu saat presentasi di sekolah, di kampus maupun di kantor haruslah dilakukan dengan menarik agar pemaparan materinya bisa dipahami oleh audiens.

Namun, ternyata, tidak semua orang bisa memiliki keterampilan melakukan presentasi dengan cara yang menarik dan efektif. Sebab, untuk memiliki keterampilan seperti itu haruslah dimulai dengan berlatih mempraktikkannya secara terus-menerus.

Tips Presentasi Agar Menarik dan Efektif

Pada umumnya, setiap orang yang baru pertama kali melakukan presentasi akan merasakan grogi dan tidak percaya diri saat berdiri dihadapan audiens. Hal itu merupkan situasi yang lumrah, namun tidak bisa dibiarkan terus-menerus terjadi begitu saja.

Sebabnya, perasaan grogi dan tidak percaya diri tersebut dapat mempengaruhi penampilan orang yang sedang melakukan presentasi. Akibatnya, penampilannya saat presentasi menjadi tidak fokus, kurang bisa menguasai keadaan hingga pemaparan materinya menjadi tidak menarik.

Baca juga:  Rekomendasi Terbaik, Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Berikut ini adalah beberapa Tips Presentasi Agar Menarik dan Efektif

tips presentasi agar menarik  dan efektif
sumber gambar : unsplash.com

Mempelajari Materi Presentasi agar Menarik dan Efektif

Hal paling pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari terlebih dahulu materi-materi yang akan disajikan dalam presentasi. Tips ini merupakan persiapan yang paling mendasar untuk dilakukan agar presentasimu mampu berjalan menarik dan efektif. Yakni, dengan mempelajar apa saja materi-materi penting yang harus dipaparkan dan bagaimana cara pemaparan materi yang menarik.

Memberikan Salam Pembukaan Presentasi yang Menarik

Memberikan kesan yang menarik dan positif perlu dilakukan agar Audiens mendapatkan impresi yang positif. Sehingga, Audiens akan menumbuhkan atensi yang besar untuk menunggu pemaparan presentasi yang akan segera dilaksanakan.

Baca juga:  Contoh Hiasan Dinding Kelas SMA, Super Kreatif dan Estetik!

Komunikasi NonVerbal dengan Audiens Saat Presentasi

Presentasi yang baik adalah ketika seorang penyaji materi mampu tampil secara luwes dan ekspresif saat berdiri dihadapan audiens. Artinya, seseorang yang melakukan presentasi dapat melakukan kontak mata dengan Audiens dan gerakan-gerakan tubuh yang membuat Audiens tetap antusias dalam menyimak presentasi.

Slide dan Desain Materi yang Simple

Bagaimana Audiens mampu menyimak presentasi dengan baik dan fokus juga bergantung dari bagaimana slide dan desain materi yang dibuat penyaji. Desain materi yang simple akan membuat Audiens nyaman saat menyimak presentasi. Sebaliknya dengan desain materi yang setiap slide penuh ornamen hiasan justru akan membuat Audiens menjadi jenuh.