Wibu dan Otaku, Apa Sih Perbedaan dan Ciri-Cirinya?

pexels.com

Sering dianggap sama, ternyata wibu dan otaku itu berbeda lho. Meskipun keduanya ini sama-sama berasal dari Jepang, akan tetapi ada perbedaan tipis di antara keduanya. Makannya, istilah wibu dan otaku sering digunakan berbarengan seolah sama. Nah, apa sih perbedaan dari wibu dan otaku? Simak penjelasannya!

Apa Itu Wibu?

perbedaan-wibu-dan-otaku
Cosplay tokoh wanita. (sumber: pexels.com)

Wibu adalah sebutan bagi mereka yang menggilai segala hal yang berbau Jepang. Bahkan, saking cintanya terhadap budaya Jepang, biasanya para wibu ini tidak segan menjelekan budayanya sendiri. Meskipun begitu, tentu tidak semua wibu demikian ya.

Wibu sendiri berasal dari kata weeaboo yang berada dalam cuplikan Perry Bible Fellowship karya Nicholas Gurewitch. Meskipun awalnya kata tersebut tidak memiliki makna, sejak pertengahan tahun 2000-an kata wibu (weeaboo) digunakan untuk menggantikan istilah wapanese.

Apa itu wapanese? Wapanese adalah akronim dari “wanna be Japanese”. Kata wapanese awalnya digunakan untuk menjuluki orang-orang yang terlalu terobsesi dengan segala sesuatu yang berbau Jepang. Mulai dari anime, manga, makanan, fashion, hingga gaya hidup orang Jepang menjadi kiblat hidup mereka. Tak jarang dari mereka juga ingin merasakan hidup di Jepang atau bahkan membayangkan dirinya seolah-olah hidup di Jepang.

Baca juga:  Roger Danuarta Ungkap Jenis Kelamin Anak Kedua, Begini Respon Cut Meyriska

Kenali Ciri-ciri Wibu

1. Menyukai Semua Hal Tentang Jepang

Sudah dijelaskan sebelumnya, kalau wibu ialah mereka yang menggilai segala sesuatu yang berbau Jepang. Mereka menjadikan budaya Jepang sebagai kiblat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari cara berpaikan, makanan, menyukai karya-karya yang berasal dari Jepang, hingga potongan rambut pun semuanya berkiblat pada Jepaang.

2. Memiliki Kebanggaan Terhadap Jepang

Selain menyukai semua hal tentang Jepang, wibu juga tidak akan malu untuk menyatakan ketertarikannya terhadap Jepang, loh! Ia malah akan dengan terang-terangan mengatakan bahwa dirinya adalah seorang wibu. Melalui cara berpakainnya saja sudah kelihatan nih. Biasanya, para wibu gemar mengenakan hoodie dan masker kemana-mana. Selain itu, mereka juga kerap menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Jepang di kehidupan sehari-sehari. Misalnya, kata yang sering digunakan ialah ohayo, arigatou, konichiwa, eto, daijoubu, hingga gomenasai.

3. Menyukai Anime dan Manga

Seoarng wibu dikenal dengan kegemarannya dalam menonton anime dan membaca manga. Bahkan kebanyakan dari mereka menjadi wibu berawal dari seringnya menonton anime dan membaca manga.

Baca juga:  Heboh Rendang dan Nasi Uduk Babi, Wakeum MUI: Jangan Bermain-Main dengan Masalah SARA

Meskipun demikian, seseorang yang menyukai anime dan manga belum tentu seorang wibu lho. Bisa saja dia hanya sebatas otaku. Bedanya, jika orang tersebut adalah wibu, maka dia tidak akan segan-segan menghamburkan uang untuk mengoleksi merchandise yang berkaitan dengan anime dan manga.

4. Memiliki Waifu dan Husbu

Akibat dari seringnya menonton anime dan membaca manga. Para wibu ini biasanya akan memiliki karakter yang mereka sukai. Saking sukanya, mereka menganggap karakter tersebut nyata dan hidup. Kemudian mereka menjadikan karakter favoritnya tersebut sebagai pasangannya.

Istilah waifu merupakan plesetan dari bahasa Inggris ‘wife’ yang artinya ‘istri’. Istilah tersebut digunakan oleh para wibu laki-laki untuk menyebut karakter 2D favoritnya.

Sedangkan juga istilah husbu yang diambil dari bahasa Inggris ‘husband’ yang artinya ‘suami’. Kata ini digunakan oleh para wibu perempuan yang menyukai karakter 2D laki-laki.

Baca juga:  Heboh Editan Editan Stupa di Borobudur, Roy Suryo Dipolisikan

Apa Itu Otaku?

perbedaan-wibu-dan-otaku
Membaca komik. (sumber: pexels.com)

Secara definitif, otaku adalah istilah dari Jepang yang digunakan untuk menyebut mereka yang memiliki obsesi berlebih terhdap hobi yang ia miliki. Apa saja ciri-ciri seorang otaku? Berikut penjelasannya:

Kenali Ciri-Ciri Otaku

1. Memiliki Obsesi Terhadap Hobinya

Sudah dijelaskan bahwa seorang otaku adalah ia yang memiliki obsesi berlebih terhadap hobinya. Misalnya, seseorang memiliki hobi menonton anime. Jika ia adalah seorang otaku, maka hobinya tidak akan berhenti pada menonton anime saja. Dia akan mencari tahu segala hal berkaitan dengan anime yang ia tonton.

2. Memiliki Pemahaman Akan Suatu Hal

Karena obsesinya terhadap hobi yang dimiliki, biasanya para otaku memiliki pemahaman yang baik tentang hal yang berkaitan dengan hobinya tersebut. Misalnya, pemahaman tentang anime, manga, game, dan lainnya.

3. Memiliki Dunianya Sendiri

Karena asik menekuni hobinya, para otaku ini akan sibuk dengan dunianya sendiri. Misalnya, mereka yang hobi menonton anime, akan asik seharian di kamar untuk marathon menonton anime kesukaannya. Ia akan menciptakan dunianya sendiri yang membuat ia nyaman menjalani hobinya.

4. Konsumtif dan Susah Menabung

Untuk orang yang sangat terobsesi dengan hobinya, otaku tak akan segan-segan nih menghamburkan uangnya untuk mengoleksi segala hal yang berkaitan dengan hobinya tersebut.  Misalnya, membeli merchandise, pakaian, dll.

Itulah perbedaan dan ciri-ciri antara wibu dan otaku. Sekarang, kamu tidak bingung lagi ya harus menggunakan istilah yang mana.

Sumber:

“Perbedaan Wibu dan Otaku Beserta Gejalanya”. https://otakuliah.com/perbedaan-wibu-dan-otaku/