Simak! Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri Tahun 2022.

Sumber : seputarkarir.com

Apakah benar jika jalur masuk perguruan tinggi akan mempengaruhi biaya ketika sudah masuk kuliah? Apa perbedaannya ya? Simak terus perbedaan biaya kuliah SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri tahun 2022!

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada tiga jenis jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Jalur SNMPTN diperuntukkan bagi siswa dan siswi jenjang SMA/MA/SMK sederajat yang mana seleksinya didasarkan pada penelusuran prestasi akademik. Sedangkan SBMPTN hasil seleksinya bergantung pada nilai UTBK, apakah nilai siswa/siswi peserta SBMPTN melebihi standart atau tidak.

Nah, jika jalur mandiri adalah seleksi yang diperuntukkan bagi siswa siswi jenjang SMA/SMK/MA yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN yang mana seleksi ini dilakukan melalui tes atau bahka ada juga jalur mandiri yang tidak menggunakan tes apapun.

Jadi, bagi kalian yang telah beruntung telah diterima di PTN melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka tahapan selanjutnya ialah dengan melakukan registrasi ulang. Dalam melakukan registrasi ulang, akan ada banyak berkas yang wajib dipenuhi oleh Mahasiswa Baru, seperti ijazah, rapor, pas foto, bukti prestasi, dan persyaratan lainnya sesuai dengan jalur seleksi masuk PTN masing-masing.

Baca juga:  Bagaimana Cara Tumbuhan Bakau Beradaptasi dengan Lingkungan?

Sumber : anakuntad.com

Hal yang tidak kalah pentingnya selain mengumpulkan berkas-berkas tersebut ialah dengan menyiapkan dan membayar biaya kuliah yang akan berlaku hingga lulus nanti. Biaya kuliah tiap semester kerap kali disebut dengan UKT.

Hah UKT? Apa itu UKT?

UKT atau Uang Kuliah Tunggal adalah sebagian dari Biaya Kuliah Tunggal (BKT) yang harus dibayarkan oleh tiap mahasiswa per semester. Biasanya UKT tiap mahasiswa ditentukan oleh besarnya penghasilan orang tua/wali yang bertanggung jawab membiayai perkuliahan mahasiswa tersebut. UKT sendiri memiliki level yang cukup variatif, mulai dari level 1 hingga 8. Hal tersebut dipengaruhi oleh di PTN mana siswa siswi tersebut diterima dan fakultas serta program studi apa.

Baca juga:  Inilah 7 Universitas Terbaik di Bali Versi BAN PT, Pilih Mana?

Di bawah ini kita akan menguranikan sedikit lebih rinci mengenai biaya kuliah PTN tiap jalur seleksi.

A. Biaya Kuliah PTN Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa biaya kuliah di PTN telah menggunakan sistem UKT, baik itu bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun Mandiri. Dengan adanya sistem UKT ini, tidak ada lagi pemungutan uang pangkat, biaya gedung, biaya almamater, biaya wisuda, biaya ujian semester, biaya ujian skripsi, dan beberapa biaya lainnya. Semua biaya tersebut telah tergabung dalam UKT.

Besarnya level UKT ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua/wali. Pihak kampus akan menentukan level UKT bagi tiap mahasiswa berdasarkan berkas yang dikumpulkan saat registrasi ulang. Setelah penentuan maka mahasiswa harus membayar biaya UKT sesuai yang telah ditetapkan oleh pihak kampus. Biaya UKT yang harus dibayarkan sama bernilai sama pada tiap semester, dari semester awal hingga dinyatakan lulus.

Baca juga:  Buruan Catat! Tanggal Pendaftaran SNMPTN 2022

Nah, jangan khawatir bagi mahasiswa yang mengalami keberatan dengan level UKT yang diterima dan ditentukan oleh kampus, maka dapat mengajukan penurunan UKT dengan mengikuti prosedur yang ada.

B. Biaya Kuliah PTN Jalur Mandiri

Bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri maka biaya kuliah akan mengikuti ketentuan UKT jalur mandiri. Secara umum, UKT jalur mandiri PTN lebih mahal dibandingkan UKT jalur SNMPT atau SBMPTN. Namun, ada beberapa kampus yang menerapkan persamaan UKT pada setiap jalur seleksinya.

Selain UKT yang terbilang cukup mahal atau tinggi, mahasiswa yang diterima di PTN melalui jalur mandiri juga akan dikenakan biaya tambahan seperti biaya pengembangan institusi atau biaya lain sesuai dengan kententuan masing-masing PTN. Terdapat tiga jenis jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Dan ketiga jalur seleksi tersebut akan mempengaruhi perbedaan biaya kuliah mahasiswa baru.

Sumber rujukan
: https://www.biayakuliah.web.id/2020/05/biaya-kuliah-jalur-snmptn-sbmptn-mandiri.html\