Perbedaan Agroteknologi dan Agribisnis? Seperti Ini Perbedannya

perbedaan agroteknologi dan agribisnis
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Pernahkah kamu berfikir untuk mencari tahu perbedaan agroteknologi dan agribisnis? seperti ini perbedannya. Sepintas memang antara agroteknologi dan agribisnis memang terlihat sama, pasalnya, dua-duanya sama-sama jurusan kuliah di fakultas pertanian.

Kenyataannya, kedua jurusan itu memiliki arah dan konsep yang cukup berbeda, hal itulah yang wajib untuk kamu ketahui. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa bisa jadi seseorang salah saat memilih jurusan kuliah akibat kurang memahami perbedaan diantara keduanya.

Terkhusus bagi kamu yang memiliki basic pertanian dalam sekolahnya, pun juga kamu yang memang memiliki hobi dan minat pada bidang pertanian. Kamu wajib untuk memahami perbedaan agroteknologi dan agribisnis, meskipun kedua jurusan tersebut sama-sama berasal dari rumpun Ilmu yang sama.

Perbedaan Agroteknologi dan Agribisnis

Sekali lagi, baik antara Agroteknologi dan Agribisnis memiliki perbedaan yang nyata, meskipun sama-sama berasal dari rumpun ilmu Pertanian.Beberapa perbedaannya tersebut dapat ditinjau dari beberapa poin-poin pentingnya berikut ini ;

Baca juga:  Bagaimana Rumus Tinggi Balok? Yuk Simak Secara Seksama!
perbedaan agroteknologi dan agribisnis
sumber gambar : unsplash.com

Perbadaan dari Pengertiannya

Berdasarkan pengertiannya, kedua jurusan tersebut sudah terpisahkan oleh pengertiannya yang sudah jauh berbeda. Agroteknologi merupakan jurusan yang berfokus pada pelajaran tentang berbagai teknologi dalam dunia pertanian.

Khususnya tentang cara budidaya tanaman perkebunan, tanaman pangan dan juga teknik menanam hidroponik. Lain halnya dengan Agribisnis yang merupakan jurusan perkuliahan dengan menitikberatkan fokus pembelajaran pada bidang ekonomi dan bisnis pertanian.

Prospek Kerjanya

Bila berdasarkan orientasinya saja sudah berbeda, begitupun dengan prospek kerja antara kedua jurusan tersebut yang juga berbeda. Seorang sarjana Agroteknologi dapat merintis karir dan pekerjaannya dengan menjadi seorang konsultan pada bidang pertanian.

Nah, sedangkan seorang sarjana dari jurusan Agribisnis memiliki prospek kerja yang jauh berbeda dengan lulusan Agroteknologi. Sarjana Agribisnis bisa bekerja dalam bidang pemasaran hasil pertanian, baik pada industri swasta maupun instansi pemerintahan.

Baca juga:  Mengapa Budaya Satu Suku Bangsa Dapat Berbeda Dari Suku Bangsa Lain?

Orientasi Ilmu Tambahannya

Perbedaan kecil lainnya yang menegaskan perbedaan antara Agroteknologi dan Agribisnis adalah orientasi materi pembelajarannya. Satu hal yang menarik disini adalah, jurusan Agribisnis juga mempelajari ilmu Ekonomi seperti manajemen dan akuntansi dalam konteks bisnis pertanian. Sedangkan, jurusan Agroteknologi tidak mempelajari tentang ilmu Ekonomi  dan menitikberatkan fokus pembelajarannya pada bidang teknologi pertanian.

Itulah ulasan mengenai perbedaan Agroteknologi dan Agribisnis yang bisa kamu pahami. Berdasarkan uraian diatas pastikan agar kamu tidak lagi keliru memahaminya. Sehingga, tidak ada lagi orang yang kurang bisa menjelaskan perbedaan diantara keduanya.

 

sumber referensi : https://sevima.com/perbedaan-jurusan-agribisnis-dan-agroteknologi/