Pentingnya Mengenalkan Matematika Kepada Anak, Nggak Cuma Soal Hitungan

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Salah satu hal paling menyenangkan yang dapat dialami orang tua adalah melihat anak-anak mereka mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal baru dengan penuh semangat. Banyak yang mungkin tidak menyadari fakta sederhana ini, tetapi orang tua adalah guru pertama bagi anak mereka.

Orang tua dapat membimbing anak-anak untuk mempelajari dasar-dasar membaca, menulis, dan matematika sejak usia dini. Belajar matematika sejak dini dapat memberikan banyak manfaat untuk anak, baik secara akademis maupun mental. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mengenalkan matematika kepada anak sangat penting.

Pentingnya Mengenalkan Matematika Kepada Anak, Nggak Cuma Soal Hitungan

Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Keterampilan matematika awal digunakan oleh anak-anak di seluruh aktivitas, pengalaman, dan rutinitas sehari-hari mereka, baik di sekolah maupun di rumah. Singkatnya, matematika menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak. Di rumah, tugas-tugas sederhana seperti menghitung buah, membagi sayuran saat makan siang, memisahkan mainan, dan rutinitas lainnya akan selalu melibatkan matematika.

Memperkenalkan kegiatan berorientasi matematika kepada anak-anak sebelum taman kanak-kanak, membantu menyiapkan mereka untuk kesuksesan akademis di sekolah dasar dan seterusnya. Sebuah studi tahun 2007 berjudul School Readiness and Later Achievement menemukan bahwa keterampilan matematika awal adalah salah satu prediktor terbaik untuk kesuksesan di kemudian hari.

Baca juga:  Yuk Disimak, Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Indonesia

Penelitian ini diselenggarakan oleh profesor ekonomi dan pendidikan, Greg Duncan, yang merupakan pakar nasional tentang pentingnya keterampilan matematika awal yang kuat. Menurut Duncan, matematika sangatlah penting bagi anak terutama untuk kesuksesannya di masa depan.

“Matematika masuk ke sekolah penting karena anak-anak yang pandai matematika sejak dini cenderung berprestasi sangat baik di sekolah. Dan matematika penting di kemudian hari karena anak-anak yang pandai matematika di sekolah menengah akhirnya berhasil juga di pasar tenaga kerja.” ujar Greg Duncan, Profesor Ekonomi dan Pendidikan

Selain mendukung kesuksesan akademis anak di kemudian hari, matematika juga merupakan dasar untuk keterampilan penting lainnya seperti berpikir kritis dan logika. Perlu diketahui, memiliki kemampuan berpikir dan logika yang baik sangat penting untuk anak.

Baca juga:  Penuh Pembelajaran, Ternyata Ini Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak

“Matematika adalah bahasa logika. Matematika membangun penalaran, yang mengarah pada pemahaman. Mengembangkan cara berpikir yang terorganisir secara mental sangat penting.” ujar Jie-Q Chen, Profesor Perkembangan Anak di Institut Erikson.

Keterampilan Matematika Dasar yang Penting untuk Dikenalkan Pada Anak

Foto oleh Artem Podrez dari Pexels

Sebagai orang tua, Anda harus mengenalkan konsep matematika sederhana. Ada beberapa keterampilan matematika dasar untuk dikenalkan pada anak, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Memahami Pengertian Bilangan

Number sense, atau dasar-dasar belajar tentang angka, adalah keterampilan matematika penting pertama yang harus dikembangkan seorang anak sebelum memasuki jenjang taman kanak-kanak. Dalam hal ini, Anak-anak harus belajar berhitung maju mundur sejak dini untuk mempelajari hubungan antar angka di masa depan.

2.Belajar Angka Melalui Representasi atau Gambar

Anak-anak dapat membangun hubungan antara angka dan item. Menggunakan representasi atau gambar untuk memperjelas suatu hubungan membuat penggunaan matematika menjadi nyata dalam pikiran anak. Dalam hal ini, Anda harus fokus pada merepresentasikan angka dengan barang, gambar atau bahkan anggota keluarga.

Baca juga:  Catat dan Ingat, Jangan Selalu Membantu Tugas Anak, Simak Aturannya

Misalnya, mempelajari dasar-dasar berhitung dapat menggunakan gambar apel atau buah-buahan favorit anak. Cara ini dapat membantu anak mengenali bahwa angka mewakili benda yang digambarkan. Pengajaran melalui representasi atau gambar memungkinkan anak untuk membuat hubungan antara dunia nyata dan keterampilan matematika yang penting untuk keberhasilan akademis.

3.Menambah dan Mengurangi

Untuk mengenalkan matematika kepada anak, Anda juga dapat memulai dengan dasar-dasar penjumlahan dan pengurangan sebelum anak masuk ke sekolah dasar. Keterampilan dasar digunakan dalam interaksi masa kanak-kanak yang normal. Sebagai contoh, misalnya, seperti berbagi kue dengan mengurangkan dari angka asli untuk memastikan anak-anak memiliki jumlah makanan yang sama.

Itulah pentingnya mengenalkan matematika kepada anak, nggak cuma soal hitungan. Matematika bisa dibilang menjadi salah satu ilmu penting untuk diajarkan kepada anak sejak usia dini.