Pentingkah Self Reward? Berikut Pengertian dan Contoh Self Reward Sederhana

Sumber : gramedia.com

Sebagai manusia memang kita memerlukan sebuah penghargaan untuk membangkitkan motivasi, penghargaan tidak melulu berupa piala dan piagam namun penghargaan berupa membahagiakan diri sendiri saat ini sedang populer yang biasa disebut self reward. Kita mungkin sering mendengar istilah self reward. Sebutan ini biasanya diutarakan ketika seseorang baru saja memberikan hadiah untuk diri sendiri. Self reward adalah istilah berasal dari kata self artinya diri sendiri dan kata reward berarti apresiasi atau penghargaan. Jadi, self reward adalah bentuk aktivitas untuk menghargai dan mengapresiasi diri sendiri atas perjuangan dan pencapaian yang telah diraih. Self reward tidak harus didapati ketika kita berhasil dalam suatu hal, namun pada saat berproses maupun saat gagal pun kita berhak melakukan self-reward sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras yang telah dilakukan. Bentuk dari self reward sangat beragam dan tidak selalu dalam bentuk barang dan memerlukan biaya, karena self reward tergantung pada kesenangan pribadi masing-masing untuk melakukan hal yang membuatnya bahagia. Jika hanya menonton naruto dapat membuat bahagia, maka itu bisa dikatakan self reward. 

Baca juga:  Berapa Gaji Terapis Anak Berkebutuhan Khusus? Berikut Info Lengkapnya
Sumber : bobo.grid.id

Setiap orang yang berusaha berhak mendapatkan self reward apapun hasilnya, karena memang pantas untuk mendapatkannya. 

Poin utama dari self reward adalah bagaimana cara kita untuk menghargai diri sendiri, sebab jika tidak bisa menghargai diri sendiri bagaimana mungkin bisa menghargai orang lain. Tiap usaha yang kita lakukan tidak selalu lancar dan berhasil, selama kita masih berusaha keras maka itulah yang kita hargai. 

Self reward memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya yaitu dengan memberikan self reward, otak kita akan memunculkan emosi positif. Emosi tersebut akan memberitahu kesadaranmu bahwa upaya yang telah dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang baik. Dengan melakukan ini terus menerus, otak akan mulai menghubungkan antara kesenangan dan aktivitas yang kamu selesaikan di masa depan. Sehingga hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan diri, dan juga membuatmu terlatih untuk menghargai proses dalam kehidupan. Berikut adalah beberapa contoh self reward yang bisa kalian tiru. 

Baca juga:  Baca Disini, Contoh Teks Ceramah Berbakti kepada Orang Tua

1. Melakukan Quality Time 

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah melakukan quality time baik sendirian maupun dengan anggota keluarga. Bagi wanita mungkin bisa pergi ke salon untuk smoothing, many pady, atau bahkan spa untuk merelaksasi urat-urat yang kaku akibat aktivitas sehari-hari, bagi pria mungkin tidur, pergi ke rental ps ataupun mabar adalah quality time terbaik. Selain itu quality time dengan keluarga bisa juga dilakukan dengan sekadar makan malam bersama sambil bercerita.

Namun bila jauh dari rumah, maka pulanglah sebentar ke rumah orang tua atau sanak saudara di kampung halaman. Dengan begitu, itu sudah menjadi salah satu bentuk self reward yang mampu membuat kalian bahagia tanpa harus berfoya-foya menghabiskan uang kalian.

Baca juga:  KiriminAja: Solusi Logistik Agregator Indonesia untuk Meningkatkan Bisnis Online 2024

2. Liburan

Liburan dapat meningkatkan kesehatan mental karena mengurangi depresi dan kecemasan. Liburan juga dapat meningkatkan suasana hati karena menghilangkan orang dari aktivitas dan lingkungan yang mereka kaitkan dengan stres dan kecemasan. Tidak perlu berlibur ke luar negeri, wisata alam seperti pantai dan pegunungan cocok sebagai penghilang penat. 

Demikian penjelasan pengertian dan contoh self reward, ternyata sangat mudah untuk melakukan self reward dan bisa dilakukan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya, dompet aman hati pun senang.  Lakukannya self reward secara rutin dan tentukan jadwal kapan harus bersantai dan kapan harus serius agar semuanya berjalan dengan seimbang. Sekian semoga informasi ini bermanfaat yaa. 

Sumber : 

  1. https://www.gramedia.com/best-seller/self-reward/