Pengertian dan Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran

Ada banyak sekali contoh dan jenis produk kerajinan tangan yang mampu diproduksi oleh masyarakat Indonesia, utamanya di kawasan wisata. Kerajinan berbasis media campuran merupakan salah satu jenis kerajinan yang dapat dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia.

Kerajinan berbasis media campuran adalah suatu jenis kerajinan yang dibuat dengan cara menggabungkan kedua bahan dasar yang berbeda menjadi suatu bentuk benda yang unik dan menarik. Selain menghasilkan produk kerajinan yang unik dan menarik, namun produk dari kerajinan berbasis media campuran ini masih tetap mempertahankan fungsi dasar dari pembuatannya.

Kerajinan berbasis media campuran yang dibuat dengan menggunakan dua bahan dasar juga bertujuan agar lebih menghemat pengeluaran untuk biaya produksi dari bahan dasar utama. Umumnya, kerajinan tangan berbasis meda campuran menggunakan beberapa bahan dasar seperti logam, kayu, batu, bahkan juga plastik.

Baca juga:  Mengenal Metaverse: Rencana Arab Saudi yang Bakal Hadirkan Ibadah Haji Virtual

Proses pengerjaan kerajinan bebasis media campuran harus benar-benar mempehatikan sifat dasar dari masing-masing bahan dasar. Dikarenakan, tujuannya untuk menciptakan suatu benda kerajinan yang unik, maka diperlukan komposisi rancangan yang tepat agar produk yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Lalu, apa saja contoh dari produk kerajinan berbasis media campuran? Ada banyak sekali contoh produknya, berikut ini akan dijelaskan beserta ulasannya.

  • Aksesoris kecil

Beberapa aksesoris kecil seperti bros, maniik-manik hingga jepitan rambut merupakan contoh dari produk kerajinan berbasis media campuran. Produk kerajinan ini dibuat dengan menggabungkan kedua bahan dasar, yakni beragam jenis logam dengan campuran bahan dasar plastik, hingga menghasilkan produk aksesoris yang unik dan menarik.

  • Perhiasan kecil

Beberapa produk perhiasan seperti cincin, gelang dan kalung juga dapat digolongkan sebagai produk kerajinan berbasis media campuran. Hal itu bisa berlaku bila produk seperti cincin, gelang dan kalung tersebut dibuat dari bahan dasar batu yang dipadukan dengan logam, sehingga menghasilkan suatu produk kerajinan yang sangat unik dan menarik.

Baca juga:  Heboh Demo Mahasiswa 21 April: Jokowi dan Ma'ruf Amin Gagal Mensejahterakan Rakyat!
sumber gambar : diysideas.com
  • Tas

Tas merupakan produk kerajinan berbasis media campuran yang paling mudah dikenali melalui ciri bahannya. Pembuatan tas bisa mengkombinasikan beberapa bahan dasar seperti kain, logam, bahkan juga pita hingga menghasilkan produk tas yang indah dan menarik.

  • Sandal

Sandal yang menjadi alas kaki pun bahkan juga tergolong sebagai produk kerajinan berbasis media campuran yang sangat lumrah sekali dijumpai. Bahan dasar pembuatan sandal sebagai kerajinan berbasis media campuran yakni dengan menggunakan karet yang dipadukan dengan bahan seperti plastik dan juga kulit. Maka, jadilah sandal sebagai salah satu produk kerajinan berbasis media campuran yang sangat menarik untuk dibawa pulang sebagai souvenir oleh-oleh.

  • Keris
Baca juga:  Cek 5 Drama Korea Terbaik dengan Biaya Produksi Termahal, Ada Favorit Kamu?

Keris tidak hanya sekedar bisa dipahami senjata tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia. Keris juga dapat digolongkan sebagai contoh kerajinan yang dibuat dengan berbagai bahan campuran. Hal itu dikarenakan, dalam proses pembuatannya, keris menggabungkan beberapa bahan dasar seperti logam dan juga kayu, bahkan juga kulit sebagai sarung penutup kerisnya.

  • Wayang

Wayang sebagai salah satu contoh kesenian bangsa Indonesia juga dapat dibaca sebagai contoh produk kerajinan berbahan dasar campuran. Jelas saja, karena wayang dibuat dengan memadukan berbagai bahan seperti kulit, logam dan juga plastik.

Itulah beberapa contoh produk kerajinan berbasis media campuran beserta ulasannya. Beberapa diantara produk tersebut umumnya mudah ditemui saat sedang berada di tempat wisata yang menyediakan dan menjual berbagai souvenir dan oleh-oleh.

Sumber referensi : https://www.celebrities.id/read/7-contoh-kerajinan-berbasis-media-campuran-3t0F8s?page=2