Pembahasan Seputar Kabel Listrik Kawat

Foto oleh Ann H dari Pexels

Setiap hari kita mungkin selalu melihat dan menggunakan kabel listrik kawat, baik itu di rumah, tempat kerja maupun di tempat umum. Kabel digunakan untuk membantu menghantarkan energi listrik ke dalam benda-benda elektronik seperti ponsel, televisi, dispenser dan lampu agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. 

Kabel memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, apalagi di era digital ini. Oleh karena itu, karena pentingnya kabel tersebut, maka sepatutnyalah kita mengetahui sejarah penciptaan kabel tersebut hingga akhirnya dapat digunakan hingga saat ini. 

Sejarah Kabel Listrik Kawat

Kabel sebagai media penghantar listrik pertama kali ditemukan pada pertengahan abad ke 19. Penemuan kabel kawat listrik diawali dengan penemuan kawat sebagai bahan konstruksi bangunan yang selanjutnya disadari oleh para ahli bahwa kawat tersebut bisa menghantarkan listrik. 

Baca juga:  Intip Serba-serbi Jurusan Hukum yang Jarang Diketahui, Ternyata Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar

Setelah menyadari hal tersebut, para ahli kemudian membuat kawat yang dibungkus dengan material isolasi dari karet atau plastik yang berfungsi untuk meredam arus listrik pada kawat tersebut. 

Seiring perkembangan zaman, pada abad ke-20, para ahli kemudian menemukan tembaga sebagai bahan dasar pengganti kawat yang juga dapat menghantarkan arus listrik. Kawat lalu diganti tembaga sebagai penghantar listrik. 

Alasan utama mengapa kawat atau alumunium digantikan oleh tembaga adalah karena ketika kawat dan alumunium itu dipanaskan, ukurannya dapat memuai lalu menyusut sehingga mengganggu perannya sebagai penghantar listrik yang baik. Pada kondisi lebih lanjut, hal tersebut dapat menyebabkan kesalahan sambungan yang memberikan peluang terjadinya kebakaran. 

Baca juga:  Rumus Percepatan Apa Saja? Cari Tahu Jenisnya dan Contoh Soal Disini

Hingga saat ini, sudah banyak jenis kawat listrik yang dikembangkan, misalnya kabel tembaga, kabel koaksial dan kabel serat optik. 

Fungsi Kabel Listrik Kawat

Sebagaimana kita ketahui, saat ini, listrik menjadi hal yang sangat penting untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia. Karena listrik adalah hal yang penting, maka kehadiran kabel listrik juga menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya peralatan elektronik di rumah, tentulah memerlukan kabel untuk beroperasi sebagaimana mestinya. 

Fungsi utama kabel listrik kawat ini adalah menghantarkan listrik. Kabel dijadikan sebagai media transmisi untuk mempercepat penyampaian pesan. Selain sebagai penghantar listrik, kabel juga biasa digunakan sebagai penghantar radio frekuensi sebelum akhirnya dipancarkan melalui antena. Dengan adanya fungsi ini, kamu bisa menonton siaran televisi atau parabola yang bisa kamu nikmati di rumah.

Baca juga:  Rekomendasi Jurusan Komputer Kuliah yang Cocok Buat Kamu!

Itulah penjelasan singkat tentang kabel listrik kawat mulai dari sejarah hingga fungsinya. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu ya!