Mudah! Cara Membuat Absen di Google Form

Mudah sekali ternyata, cara membuat absen di google form, bahkan hanya dengan membaca artikel ini, siapapun akan bisa membuatnya. Sebagaimana yang sudah diketahui, semenjak setahun belakangan ini, penggunaan absensi via google form makin banyak dan sering dilakukan pada berbagai jenjang pendidikan formal.

Masa pandemi virus corona yang sudah berlangsung sejak tahun 2020 silam memang membawa banyak dampak perubahan, terutama di bidang pendidikan. Tak hanya pelaksanaan pembalajaran saja yang bisa dilaksanakan secara online, bahkan kegiatan absensi pun juga bisa dikemas secara online. Kendati demikian, fungsinya tetap saja, yakni untuk mencatat tingkat kehadiran para siswa siswi yang mengikuti pembelajaran secara online setiap harinya.

Tak hanya berlaku pada bidang pendidikan, penggunaan absensi berbasis google form bahkan juga bisa dengan mudah diterapkan kepada para pekerja di berbagai perusahaan, perkantoran dan juga instansi kerja lainnya. Hal semacam itu sangat mungkin terjadi dan harus dilakukan bilamana sewaktu-waktu harus kembali dihadapkan pada situasi “work from home” seperti pada awal terjadinya masa pandemi.

Baca juga:  Heboh! Punya Harta Rp4,1 Miliar, Bupati Bogor Ade Yasin Kena OTT KPK

Oke, lalu bagaimana cara membuat absen di google form? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Membuka Google Drive

Pertama, bukalah google drive, lalu klik pada“new” yang letaknya berada pada posisi sebelah kiri tampilan layar google drive. Setelah meng-klik “new”, maka akan muncul beberapa opsi, lalu pilih “Google Forms”.

Cara yang lebih mudah dan praktis, yakni dengan membuka google drive menggunakan HP, masuklah ke Internet Browser, lalu ketik forms.google.com pada laman situs browser dan klik agar bisa masuk ke halaman utama google form.

sumber gambar : ngetrik.com

Setelah membuka halaman google form, langkah berikutnya adalah tahapan dalam membuat google form yang akan dirinci sesuai tahapan-tahapannya berikut ini ;

  1. Setelah membuka google form, langsung saja klik pada menu formulir kosong.
  2. Setelahnya, tambahkan formulir kosong tersebut dengan judul dan keterangan deskriptif pada formulir. Caranya mengisinya dengan meng-klik pada setiap kolom.
  3. Buatlah kolom nama dengan meng-klik pada bagian kolom deskripsi, kolom tersebut wajib diisi sesuai dengan kebutuhan kalian dalam membuat absensi via google form.
  4. Editnya opsi jawaban menjadi “jawaban singkat” dan jangan lupa mengaktifkan fitur “wajib diisi”.
  5. Menambahkan kolom jadwal dengan meng-klik “+” sesuai kebutuhan.
  6. Tambahkan juga kolom keterangan dengan meng-klik “+”.
  7. Buatlah Link dengan cara meng-klik “kirim” yang terletak pada bagian sebelah sudut kanan atas formulir.
  8. Klik “ikon link” lalu pilih keterangan “perpendek link” lalu klik “salin link” agar link menjadi aktif dan link absensi siap dibagikan.
Baca juga:  Cek Profil Syeikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab yang Meninggal di Usia 74 Tahun

Setelah selesai membuat absensi berbasis google form, langkah selanjutnya yakni membagikan link kepada siswa siswi ataupun karyawan yang berhak mengisi absen via google form tersebut. Caranya yakni ;

  1. Melalui Email

Klik tombol kirim di sudut kanan atas hingga diarahkan ke laman “Send Form”, klik ikon surat untuk mulai mengirimkan formulir dalam fomat tautan dengan menggunakan Email dan ikon rantai.

  1. Melalui Embed Website

Klik “kirim” di sudut kanan atas sampai dialihkan ke laman “Send Form” lalu klik ikon “><”, atur ukuran form dan salin link. Masuk ke laman dashboard wordpress website, klik “appearance”. Klik “widget” lalu dan isi judul dan klik “paste” untuk link yang sudah disalin pada kolom HTML. Klik save, dan selesai. Maka, dengan demikian anda sudah mengerti cara membuat absen di google form.

Baca juga:  Heboh Ramalan Andhika Pratama Jadi Sugar Daddy Chandrika Chika, Netizen Berharap Bukan

 

Sumber referensi : https://katadata.co.id/safrezi/berita/617247f4ce1d9/cara-membuat-absen-di-google-form-dengan-mudah