Mudah Banget! Cara Membuat Visi Misi Ketua OSIS

Cara membuat visi misi ketua OSIS bisa dibilang tidaklah mudah, tapi juga tidak sepenuhnya bisa dibilang sangat sulit. Artinya, memang ada tata cara yang mesti diperhatikan sebelum membuat visi misi ketua OSIS. Maka, untuk itulah kamu membaca artikel ini agar mengetahui cara membuat visi misi ketua OSIS secara mudah dan tentunya bertanggung jawab.

Sebagai pelajar di sekolah, tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan OSIS sebagai organisasi intra yang bertugas mewadahi minat bakat serta potensi siswa siswi didalamnya. Maka, untuk menjadi ketua OSIS, tentu dibutuhkan beberapa persiapan yang bersifat fundamental, salah satunya yakni membuat visi dan juga misi.

Visi dan misi perlu dibuat agar seorang calon ketua OSIS memiliki perencanaan yang jelas mengenai arah kepemimpinannya. Selain itu, pentingnya memiliki visi dan misi sangatlah wajib diperlukan sebagai landasan dasar dalam menyusun berbagai program kerja yang dicanangkan.

Baca juga:  Heboh! Imbas Pembangunan Jalan Tol KLBM, 390 Makam Dibongkar Banyak Jenazah Masih Utuh

Dilain sisi, visi dan misi juga sangatlah penting untuk dimiliki oleh seorang calon ketua OSIS agar seluruh pelajar di sekolah bisa mengenalinya. Tak hanya mengenali dari sisi personalnya, tapi juga memberikan gambaran mengenai orientasinya bila menjadi ketua OSIS.

Maka, visi dan misi yang dimiliki ketua OSIS akan membuat para pelajar di sekolahnya bisa memberikan penilaian tentang seberapa bagusnya seorang calon ketua OSIS dalam memimpin organisasi. Bila seorang calon ketua OSIS tidak memiliki visi dan misi, maka para pelajar di sekolahnya tidak akan mengenali gagasannya, serta hampir pasti para pelajar tidak akan tertarik untuk memilihnya.

Visi adalah serangkaian kalimat yang bermakna impian yang ingin dicapai berdasarkan gagasan fikiran seseorang. Visi mengandung tujuan yang hendak ingin dicapai seorang ketua Oganisasi di masa depan.

sumber gambar : dreamstime.com

Sedangkan Misi adalah bagian dari proses ataupun pelaksanaan yang dilakukan untuk mewujudkan visi yang dicanangkan seorang ketua Organisasi. Misi merupakan manfestasi dari pelaksanan segala visi yang ada dalam bentuk program kerja yang dilaksanakan untuk merealisasikan visi yang telah dicanangkan.

Baca juga:  Penuh Misterius! Tissa Biani Akui Pernah Ketemu Karakter Asli Mahasiswa KKN di Desa Penari, Dul Jaelani Kepo

Cara merancang Visi ketua OSIS adalah :

  • Mengidentifikasi kondisi dan persoalan pada bidang minat dan bakat siswa yang ada di sekolah saat ini, lalu merumuskan visi sesuai tujuan yang diharapkan.
  • Merumuskan berbagai persoalan dan kondisi terkini pada bidang minat dan bakat siswa di sekolah, lalu merumuskan strategi pemecahannya.
  • Mengolah seluruh persoalan mengenai kondisi yang ada pada bidang minat dan bakat siswa menjadi sebuah gagasan target perubahan yang hendak dicapai dalam kurun waktu selama seorang ketua OSIS menjalani periode masa jabatannya.

Cara merangcang Visi ketua OSIS adalah :

  • Misi yang dirancang haruslah jelas dan mudah difahami, kalimatnya singkat dan padat serta tidak menggunakan kalimat yang berlebihan. Kalimat redaksi pada Misi harus menarik dan jelas agar para pelajar tertarik untuk mengingatnya.
  • Gagasan misi yang dirancang haruslah sesuai dengan kondisi terkini terkait persoalan mengenai minat bakat serta potensi siswa di sekolah. Tujuannya agar Misi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan para pelajar diseklolah.
  • Misi yang dikemas dalam bentuk program kerja haruslah memiliki fokus dan target capaian dalam rentang waktu tertentu. Artinya, program kerja yang dicanangkan seorang calon ketua OSIS harus jelas arah pelaksanaan dan target pencapaiannya.
Baca juga:  Viral! Wujud Fosil Gajah Purba Raksasa Berusia 2 Juta Tahun di Sumedang

Begitulah cara membuat visi misi ketua OSIS, dari pengantar, definisi visi dan misi serta bagaimana cara menyusun visi dan misi. Setelah membaca artikel ini, seharusnya, tidaklah sulit untuk membuat visi dan misi saat kalian hendak mencalonkan diri menjadi ketua di suatu Organisasi.

Sumber referens : https://wirahadie.com/cara-membuat-visi-misi-osis/

https://www.sebuahutas.com/2019/05/panduan-lengkap-cara-membuat-visi-misi.html