Menjanjikan! Inilah Prospek Kerja yang Cocok untuk Lulusan Jurusan TKJ

group of young business people it engineer in network server room solving problems and give help and support

OMTELOLET – Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) menjadi pilihan yang paling diminati. Mengapa demikian?

Perkembangan Teknologi Informasi (IT) begitu pesat, hampir semua bidang pekerjaan tak bisa lepas dari Teknologi Informasi (IT) mulai dari sektor Pertanian, Industri, Jasa maupun Perdagangan sebagian besar memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dalam pengelolaan maupun pengembangan usahanya.

Oleh karena itu, Perusahaan yang membutuhkan IT, maka Peluang kerja lulusan TKJ semakin terbuka lebar.

Apa itu Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)?

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ merupakan ilmu yang mempelajari perangkat keras (hardware) komputer maupun laptop sebagai dasar/ media dalam pembangunan dan pengembangan jaringan komputer.

Di jurusan TKJ ini tidak berkutat belajar teori perangkat keras komputer, tetapi juga mempelajari bagaimana cara mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan komputer maupun laptop.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menjaga Tubuh Pada Masa Pubertas?

Selain belajar praktik perbaikan komputer/ laptop, jurusan TKJ berfokus pada perancangan dan implementasinya untuk jaringan LAN, WAN maupun Internet dengan media dan perangkat terbaru.

Di jurusan TKJ juga belajar membangun dan mengkonfigurasi Server dengan berbagai Sistem Operasi (OS) seperti Linux, Windows, dll sehingga ketika lulus siap menjadi Administrator Jaringan Muda yang dapat mengelola sistem jaringan skala kecil maupun menengah.

Prospek Kerja Jurusan TKJ

Diketahui bahwa hampir semua bidang usaha dari skala rumahan sampai skala besar (Perusahaan) membutuhkan Operator Komputer, Teknisi Komputer maupun Teknisi Jaringan yang semuanya dipelajari di SMK Jurusan TKJ sehingga Lulusan TKJ dapat masuk di segala lini.

Berikut ini adalah prospek kerja jurusan TKJ.

  • Operator komputer,
  • Teknisi Komputer/ Laptop,
  • Teknisi Jaringan,
  • Sistem Administrator/ Administrator Jaringan,
  • Dan masih banyak lainya.
Baca juga:  Bagaimana Proses Pembuatan Baju? Ini 6 Langkahnya

Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) juga bisa berwirausaha dengan membuka service dan penjualan komputer/ laptop, Jasa pemasangan jaringan komputer dan internet, RT/RW-net, Internet Service Provider, dll.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Semoga bermanfaat ya.

 

 

Sumber:

smkn1sukadana.sch.id