Menilik Tentang Bagaimana Proses Fotosintesis

Foto oleh 김 대정 dari Pexels

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang dapat memproduksi makanannya sendiri. Tumbuhan akan menghasilkan cadangan makanan yang nantinya digunakan oleh makhluk lain untuk bertahan hidup. Proses menghasilkan cadangan makanan dalam sains disebut sebagai fotosintesis.

Fotosintesis dapat terjadi jika terdapat sejumlah karbondioksida dan cahaya matahari disekitar tanaman. Lalu, bagaimana proses fotosintesis tersebut terjadi? Perhatikan penjelasan berikut ini.

Apa itu Fotosintesis?

Fotosintesis berasal dari 2 kata, yaitu foto yang artinya cahaya dan sintesis yang artinya pembentukan.

Fotosintesis didefinisikan sebagai suatu proses pemanfaatan energi cahaya matahari ataupun cahaya buatan oleh tumbuhan yang memiliki hijau daun (klorofil) dan beberapa spesies bakteri, alga dan protista. Fotosintesis adalah proses untuk membuat makanan dengan bantuan karbon dioksida, air, dan sinar matahari.

Baca juga:  Proses Pencernaan Usus Halus

Beberapa faktor yang mempengaruhi fotosintesis yaitu cahaya (intensitas cahaya dan panjang gelombang cahaya), suhu, umur tanaman, Konsentrasi Karbon Dioksida (CO2) dan Oksigen (O2), air dan kandungan hara dalam tanah.

Bagaimana Proses Fotosintesis?

Tempat berlangsungnya fotosintesis yaitu di daun, tepatnya pada bagian yang bernama kloroplas.

Terjadinya fotosintesis diawali dengan penyerapan air dan unsur hara dari tanah dengan bantuan akar. Air dan unsur hara tersebut selanjutnya akar disalurkan ke seluruh organ tubuh tumbuhan, seperti batang dan daun, dengan sistem transportasi yaitu melalui jaringan xilem dan floem.

Di lain sisi, karbondioksida akan masuk ke dalam tumbuhan melalui lubang kecil di bagian bawah daun yang disebut stomata. Tumbuhan akan membuat makanannya berupa glukosa menggunakan air dan karbondioksida.

Baca juga:  Brain Academy Vs Primagama, Cek Review Lengkap Disini!

Selanjutnya, klorofil yang dimiliki oleh tumbuhan membantu menangkap energi dari sinar matahari yang kemudian digunakan untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi glukosa dan oksigen.

Glukosa atau gula yang dihasilkan ini dapat langsung digunakan oleh tumbuhan atau disimpan, misalnya dalam bentuk buah dan umbi yang kita konsumsi setiap harinya. Sedangkan oksigen yang dihasilkan akan keluar melalui stomata dan digunakan oleh makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan untuk bernafas.

Apa Manfaat Fotosintesis?

Selain menghasilkan makanan bagi dirinya sendiri, fotosintesis juga sangat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya. Dengan adanya fotosintesis, manusia dan hewan bisa memperoleh udara bersih yaitu oksigen untuk bernafas dan juga udara akan menjadi lebih lembab dan segar. Selain itu, akan ada bahan makanan yang diproduksi seperti buah, umbi-umbian dan sayuran segar dari proses ini.

Baca juga:  Mengetahui Apa itu Anarkisme? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Nah, itulah penjelasan singkat tentang bagaimana proses fotosintesis. Jaga dan rawatlah tumbuhan sebab kehadirannya sangat penting bagi kehidupan kita.