Menilik Seputar Kampus Merdeka adalah

Sumber gambar dari myskill.id

Pernahkah kamu mendengar tentang Kampus Merdeka? Perlu diketahui, Kampus Merdeka adalah salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem. Berdirinya kampus ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa agar mampu menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Dilansir dari laman resmi kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Ada berbagai bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi. Ini termasuk melakukan magang/praktek kerja di Industri atau tempat kerja lainnya, melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran mahasiswa, melakukan penelitian, melakukan kegiatan kewirausahaan, membuat studi/proyek independen, dan mengikuti program kemanusisaan.

Apa Saja Program Kampus Merdeka?

Ada berbagai pilihan program dari Kampus Merdeka yang bisa kamu pilih, salah satunya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Mengapa Benua Eropa Disebut Benua Biru?

1.Bangkit

Bangkit adalah program kesiapan karier yang diselenggarakan oleh Google. Program ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa Indonesia paparan langsung dengan praktisi industri, serta mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan untuk karir sukses di perusahaan teknologi terkemuka.

2.Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) adalah skema beasiswa dari Pemerintah Republik Indonesia. IISMA mendanai siswa Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri. IISMA mencakup dua jalur untuk mahasiswa sarjana dan kejuruan.

3.Program Magang Bersertifikat

Salah satu bagian dari program Kampus Merdeka adalah Magang Bersertifikat. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa agar bisa belajar sekaligus mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan. Di Program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata selama 1-2 semester.

Baca juga:  Apa saja Organ Reproduksi Wanita dan Pria? Berikut Penjelasannya

4.Wirausaha Merdeka

Wirausaha Merdeka merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bagi mahasiswa yang memiliki Ketertarikan pada Wirausaha. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti Program Wirausaha Unggulan dari Perguruan Tinggi Lainnya.

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak program-program dari Kampus Merdeka lainnya. Untuk informasi selengkapnya, kamu dapat mengunjungi laman resmi Kampus Merdeka. Di laman tersebut, ada informasi yang lebih detail terkait program yang diadakan oleh Kampus Merdeka.