Menilik Sejarah Kerajaan Sriwijaya Secara Singkat

Sumber: regional.kompas.com

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan Budha yang mengontrol perdagangan di Selat Malaka. Kerajaan ini bercorak maritim dan memiliki hubungan erat dengan Jawa, karena raja-rajanya berasal dari pulau ini. Sriwijaya bahkan menjadi simbol kebesaran Sumatra pada masa lampau dan diperkirakan telah mengimbangi Kerajaan Majapahit di Timur.

Berdirinya Kerajaan Sriwijaya

Sebenarnya kalau berbicara tentang sejarah berdirinya kerajaan Sriwijaya ini termasuk sulit dipecahkan oleh para peneliti. Pasalnya, tidak ada bukti berupa struktur genealogis yang tersusun rapi antar raja-raja yang memimpin Sriwijaya. Namun, pendiri pertama Sriwijaya ini tertulis di salah satu prasasti yang ditemukan di Kota Kapur, Mendo Barat, Bangka. Pendiri pertamanya bernama Dapunta Hyang Sri Jayanasa.

Baca juga:  Mengapa Setiap Daerah Memiliki Corak Ragam Hias Yang Berbeda

Berdasarkan prasasti Kota 686 Masehi, Sriwijaya diperkirakan berhasil menguasai Bangka dan Belitung, Sumatera bagian selatan, bahkan hingga Lampung. Dalam prasasti ini ini juga ditemukan bukti bahwa Sri Jayanasa pernah melancarkan aksi militer untuk menyerang pulau Jawa yang pada masa itu mau berbakti pada maharaja Kerajaan Sriwijaya.

Letak Kerajaan Sriwijaya

Meskipun letak sebenarnya dari kerajaan ini sering diperdebatkan, pendapat dari G. Ceodes pada tahun 1918 menyatakan bahwa Sriwijaya terletak di daerah Palembang. Bahkan hingga saat ini, Pelambang masih dianggap sebagain pusat Kerajaan Sriwijaya.

Adapun pendapat para ahli mengatakan bahwa Sriwijaya kerap berpindah tempat kekuasaan karena memiliki corak maritim. Ada beberapa anggapan jika Sriwijaya terletak di Muara Takus, Kedah, bahkan menyebut Kota Jambi sebagai lokasi kerajaan ini.

Baca juga:  Bagaimana Cara Melakukan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli?

Siapa Pemimpin Kerajaan Sriwijaya?

Dikarenakan tidak adanya bukti kuat antara keterkaitan raja di Sriwijaya, akhirnya beberapa nama dibawah inilah yang disepakati oleh para ahli setelah masa kekuasaan Dapunta Hyang selesai:

  • Sri Indrawarman
  • Raja Samaratungga
  • Rakai Pikatan
  • Sri Indrawarman
  • Balaputradewa
  • Sri Udayadityawarman
  • Sri Marawijayatunggawarman
  • Sri Sanggaramawijayatunggawarman
  • Sri Cudamani Warmadewa

Masa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Masa kejayaan Sriwijaya berhasil diraih pada masa kekuasaan Raja Balaputradewa sekitar abad ke 8-9 Masehi. Diperkirakan masa-masa kejayaan pun berhasil diperoleh sampai Sri Samarawijaya berkuasa. Pada masa ini (kekuasaan Balaputradewa- Sri Samarawijaya) berhasil menguasai Selat Malaka yang merupakan jalur utama perdagangan antara India dan China.

Demi menjaga keamanan dan kejayaannya, Sriwijaya Pada masa itu membangun armada laut yang kuat. Kejadian armada inilah yang akhirnya membuat kapal pedagang asing merasa aman menjalankan aktivitasnya.

Baca juga:  Seminar Hasil Adalah Tahapan Kelulusan yang Wajib Kamu Ketahui

Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya

Kemunduran Kerajaan Sriwijaya diperkirakan mulai terjadi pada abad ke-11. Hal ini berawal dari adanya serangan besar-besaran yang dilakukan oleh Raja Rajendra Coladewa yang berasal dari Kerajaan Cola dan pada saat itu berhasil menawan salah satu raja Sriwijaya. Mulai dari sinilah banyak kerajaan lain yang memanfaatkan untuk menjatuhkan Sriwijaya. Lalu pada akhirnya Kerajaan Majapahit berhasil menaklukkan Sriwijaya pada akhir abad ke 14.

Demikian informasi tentang sejarah Kerajaan Sriwijaya secara singkat. Hal ini bisa menambah wawasan kamu tentang sejarah-sejarah kerajaan di Indonesia.

Sumber:
https://historia.id/kuno/articles/bentuk-kerajaan-sriwijaya-berdasarkan-catatan-i-tsing-DWe0R
https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-kerajaan-sriwijaya/