Menilik Beberapa Jurusan Sepi Peminat di Kampus

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Memilih jurusan untuk kuliah bukanlah perkara mudah. Perlu adanya banyak pertimbangan agar pilihan yang dipilih tidak salah sebab hal tersebut menjadi salah satu indikator penting untuk meniti karir ke depan. Selain minat dan bakat, memilih jurusan juga perlu memperhatikan peluang masuk ke jurusan yang diinginkan.

Salah satu hal yang mempengaruhi peluang masuk tersebut adalah daya tampung serta peminat jurusan itu. Semakin besar daya tampung sebuah jurusan, semakin besar pula peluang masuknya. Dan juga semakin sedikit peminat, semakin besar peluang masuknya.

Menilik Beberapa Jurusan Sepi Peminat 

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa jurusan sepi peminat namun tetap potensial untuk kamu masuki. Ada berbagai jurusan sepi peminat di kampus, salah satunya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Sejarah Sepak Bola yang Perlu Kamu Tahu

1.Teknik Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Jurusan sepi peminat yang pertama adalah teknik Keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Jurusan ini mempelajari ilmu tentang bagaimana cara meminimalisir resiko penyakit dan kecelakaan di tempat kerja. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di berbagai perusahaan sebab berhubungan langsung dengan nyawa manusia. 

2.Teknik Desain Manufaktur 

Jurusan desain manufaktur mempelajari berbagai hal tentang desain baja dan non baja, proses dan kontrol usaha manufaktur, dan perencanaan dan koordinasi kebutuhan bahan dan material. Jurusan ini salah satu jurusan yang masih sepi peminat padahal jurusan ini sangat dibutuhkan di berbagai industri. 

Lulusan jurusan ini memiliki banyak peluang untuk berkarir di berbagai bidang, misalnya pada bidang desain produk, misalnya melakukan pengembangan produk, dan konsultasi desain, bidang proses desain seperti quality control dan production. 

Baca juga:  Daftar Lokasi Brain Academy Center di Jawa Timur? Lihat Disini

3.Oseanografi

Secara garis besar, jurusan oseanografi mempelajari tentang ilmu kelautan, meliputi fenomena, dan cara menjaga dan melestarikan laut. Indonesia yang merupakan negara maritim akan selalu membutuhkan tenaga ahli oseanografi agar laut tetap lestari. Peluang karir setelah menjadi lulusan ini juga terbilang besar, kamu bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Departemen Kelautan dan Perikanan, dan Riset kelautan dan perikanan.  

4.Ilmu Antropologi

Jurusan sepi peminat selanjutnya adalah jurusan antropologi. Jurusan ini terkhusus membahas tentang kehidupan sosial manusia, seperti budaya, agama, perkembangan teknologi, politik pemerintah, dll. Lulusan antropologi utamanya dibutuhkan pada lembaga penelitian baik pemerintah maupun swasta. 

Itulah beberapa jurusan sepi peminat tetapi masih recommended untuk kamu pilih sebagai bagian dari jalan menempuh karir. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak jurusan sepi peminat lainnya.