Mengupas Tuntas Rangkaian Tes OSIS SMA, Ini Tahapannya!

Tes OSIS SMA
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bagaimana bila kita mengupas tuntas rangkaian tes OSIS SMA? pastinya itu akan sangat menyenangkan. Tentu, akan ada banyak sekali informasi yang sangat bermanfaat dan juga bisa menjadi referensi strategi agar lolos tes OSIS.

Ya, ngomongin soal OSIS, tentunya, hampir semua siswa-siswi bermimpi untuk bisa menjadi pengurus OSIS di SMA tempatnya bersekolah. Menjadi seorang pengurus OSIS merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan diri, utamanya dalam aspek kedisiplinan dan kepeminpinan.

Namun, kenyataannya tidak semua siswa-siswi bisa terpilih menjadi pengurus OSIS. Bahkan tes dan tahapannya pun terbilang tidaklah mudah untuk dilalui. Hal itu wajar, mengingat bahwa pengurus OSIS merupakan orang-orang terpilih karena kompetensi individunya yang diatas rata-rata siswa-siswi lainnya.

Tes OSIS SMA

Rangakaian Tes OSIS SMA pada umumnya dimulai beberapa hari setelah terpilihnya seorang ketua OSIS yang baru disekolah. Kemudian, Tes OSIS mulai dibuka dengan adanya selebaran yang berisi informasi tentang pendaftaran untuk siswa-siswi yang berminat menjadi pengurus OSIS. Pendaftar pada umumnya akan diminta untuk mengambil formulir dan mengisinya sesuai data diri pendaftar yang bersangkutan.

Baca juga:  Inilah Daftar Lengkap Jurusan di Universitas Negeri Malang dan Akreditasinya, Mana Pilihan Kamu?

Lalu, setelah mengisi formulir pendaftaran, apakah tahapan seleksi hanya akan berhenti sampai disitu saja? tentu tidak. Karena, akan ada beberapa tahapan lainnya yang harus dilalui oleh para siswa-siswi yang mengikuti tes OSIS SMA.

Berikut ini adalah tahapan lanjutan dari tes OSIS SMA.

Tes OSIS SMA
sumber gambar : unsplash.com

Tes Tulis OSIS SMA

Tes Tulis umumya sering diadakan bagi para siswa-siswi yang telah mengisi formulir pendaftaran untuk menjadi anggota OSIS. Meskipun terlihat lumayan menantang dari segi kerumitannaya, tapi, tes tulis ini sebenarnya kategori tes yang paling dasar sekaligus yang paling mudah.

Tes Tulis umumnya berisi soal tentang pengetahuan umum dan juga berbagai persoalan dimana peserta diminta untuk memecahkannya. Tes Tulis harus bisa dilalui dengan baik dan tenang oleh para peserta agar bisa lolos ke tahapan tes berikutnya.

Baca juga:  Kenali Fitur Baru ruangbelajar di Ruangguru yang Bikin Belajar Lebih Seru

Tes Wawancara OSIS SMA

Tes Wawancara hampir pasti akan selalu dilaksanakan dalam suatu tes OSIS SMA, setelah melalui tahapan tes tulis. Tes wawancara sudah jelas jauh lebih sulit ketimbang tes tulis untuk dilalui oleh para peserta calon anggota OSIS.

Tes wawancara berisi pertanyaan-pertanyaan seputar visi dan misi kepimimpinan, motivasi menjadi pengurus OSIS hingga wawasan keorganisasiannya. Peserta yang menjalani tes wawancara OSIS SMA harus bisa menjawab setiap pertanyaan dengan tepat, cermat dan juga tenang.

Tes Latihan Kepemimpinan Dasar

Setelah berhasil melalui tes tulis dan tes wawancara, seorang yang mengikuti tes OSIS SMA akan mengikuti kegiatan bernama Latihan Kepemimpinan Dasar. Tes akhir ini untuk menilai secara langsung bagaimana kualitas kepemimpinan dan sikap seorang calon pengurus OSIS.

Baca juga:  Kejar Persiapanmu dengan Paket Intensif UTBK SNBT dari Ruangguru

Itulah uraian mengenai rangkaian Tes OSIS SMA, semoga bermanfaat.

 

sumber referensi : https://wirahadie.com/seleksi-anggota-osis/