Mengungkap Hukum Percobaan Archimedes, Begini Hasilnya

Hukum Percobaan Archimedes
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Dapatkah kamu mengungkap bagaimana Hukum Percobaan Archimedes? seperti apa hasilnya? jika tidak bisa, kamu bisa membaca ulasan artikel ini. Ya, artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana hukum percobaan archimedes bekerja dan bagaimana manfaatnya terhadap kehidupan masa kini.

Hukum Archimedes sendiri pada dasarnya membawa dampak yang begitu besar pada dunia Sains, khususnya pada bidang Fisika. Sebelum kamu mempelajari tentang bagaimana hukum percobaan archimedes bekerja, kamu perlu untuk mengetahui bagaimana bunyi hukum archimedes.

“Suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam fluida, akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut.”

Berdasarkan bunyinya, hukum archimedes pun memiliki rumus sebagaimana uraian berikut ini.

Jika berat beban di udara (weight atau w) dikurangi dengan berat beban yang terukur saat berada dalam zat cair (w1), maka diperoleh berat yang hilang. Berat yang hilang ini disebut gaya ke atas (Fa). Jadi, gaya ke atas dapat dituliskan dengan rumus : Fa = w – w1

Hukum Percobaan Archimedes

Berdasarkan bunyi hukum archimedes beserta rumusnya, kini kamu bisa melakukan suatu percobaan untuk bisa membuktikan kebenaran hukum Archimedes. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu siapkan beserta langkah-langkahnya.

Baca juga:  Rumus Kalor Lengkap Beserta Contoh Soalnya
Hukum Percobaan Archimedes
sumber gambar : unsplash.com

Bahan Hukum Percobaan Archimedes

  • Siapkan sebuah botol yang mampu volume air sebesar¬† liter, kemudian potong bagian atas botol hingga bentuk botol menyerupai toples.
  • Telur Ayam Mentah, gunakan telur ayam atau telur bebek sebagai bahan percobaan. Usahakan menggunakan telur yang masih segar.
  • Air Secukupnya, siapkan air tawar minimal 1 liter.
  • Garam, gunakan garam dapur yang bertekstur halus agar lebih mudah larut. Sehingga, hasil percobaan hukum Archimedesmu berjalan lancar.

Langah Hukum Percobaan Archimedes

  • Pastikan semua bahan yang diperlukan dalam hukum percobaan archimedes sudah tersedia semuanya.
  • Tuangkan air pada toples yang sudah dipotong bagian atasnya, tuangkan air hingga 1/4 bagian botol tidak terisi air.
  • Masukkan telur kedalam air dan amati apa yang terjadi. Telur akan tenggelam bila tidak memasukkan garam yang dilarutkan dengan air.
  • Berikutnya, cobalah untuk memasukkan garam sedikit demi sedikit kedalam air. Proses ini akan membuat telur menjadi melayang ditengah-tengah botol.
  • Proses berikutnya, cobalah untuk lebih menamahkan banyak garam, karena proses tersebut akan membuat telur menjadi mengapung diatas permukaan air.
Baca juga:  Daftar Harga Paket Semua Jenjang di Brain Academy Terbaru

Kesimpulan Hukum Percobaan Archimedes

  • Telur menjadi tenggelam karena massa telur jauh lebih kecil ketimbang massa air.
  • Telur menjadi melayang didalam air, disebabkan oleh massa air dan massa telur yang memiliki besaran yang setara.
  • Telur menjadi mengapung disebabkan oleh karena massa jenis air yang lebih besar daripada massa telur.

Itulah ulasan mengenai hukum Percobaan Archimedes.

 

sumber referensi : https://wirahadie.com/percobaan-sederhana-hukum-archimedes/amp/